minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Pasca Kebakaran Pasar Aur Kuning, Relawan PMI Bukittinggi Goro Bersama Walikota dan ASN

Rabu, 22 November 2017 - 06:22:29 WIB - 241
Pasca Kebakaran Pasar Aur Kuning, Relawan PMI Bukittinggi Goro Bersama Walikota dan ASNWalikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat meninjau posko PMI Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Sesuai kesepakatan, ribuan ASN di lingkungan pemerintah kota Bukittinggi bersama Forkopimda dan pedagang, anggota TNI Polri, dibantu PMI, Tagana, Gapensi dan sejumlah relawan, melaksanakan goro bersama membersihkan Pasar Aur, kemaren.

Sesuai pembagian tugas, ASN menyebar ke seluruh titik, guna membersihkan puing sisa kebakaran dan langsung dibuang dengan mobil dari dinas lingkungan hidup. Goro diawali dengan apel lengkap yang dipimpin Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias yang memimpin langsung goro ini menyampaikan, seluruh ASN kecuali dibidang pelayanan diwajibkan ikut membersihkan sisa kebakaran Pasar Aur. Hal ini ditujukan agar proses perbaikan dapat segera dilaksanakan.

"Ini sudah merupakan tugas kita sebagai wujud kebersamaan. Duka warga Aur Kuning juga duka kita. Karena iktu hari ini kita ikut membantu membersihkan," kata Ramlan.

Setelah goro menurut Wako ditargetkan proses perbaikan dapat langsung dilaksanakan. Khusus lantai dua segera direhab ringan agar pedagang dapat kembali melakukan aktivitas jual beli.

Selanjutnya, Walikota meminta kepada pihak PLN untuk segera melakukan penormalan. Instalasi yang masih bisa digunakan, dapat segera diatur ulang dengan baik agar dapat diaktifkan. Namun untuk yang sudah tidak layak diharapkan untuk segera diganti.

Sementara untuk pedagang, Walikota berharap agar dapat bersabar sampai perbaikan selesai dilaksanakan. Untuk itu dihimbau agar tidak memanfaatkan terminal sebagai lokasi berdagang. Ramlan pun berharap kepada seluruh warga masyarakat jangan mudah terpancing isu negative. Keadaan sekarang sangat mudah mengapungkan isu yang sangat merugikan.

"Kami akan segera melakukan perbaikan supaya pedagang dapat berjualan kembali di tahap dua dan blok J. Untuk itu kami berharap jangan gunakan terminal sebagai lokasi berdagang, karena terminal fungsinya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang, bukan untuk berdagang," ujar Ramlan.

Usai pembersihan, Ramlan Nurmatias selaku pelindung PMI Kota Bukittinggi menyempatkan diri mampir ke posko PMI dan disambut oleh Waka Bidang PMR, Erna Yenti dan Kepala markas, Ahmad Jais.

Ramlan sangat mengapresiasi segala yang telah dilakukan para sukarelawan PMI, dimana PMI Kota Bukittinggi mempunyai relawan terbanyak di Kabupaten Kota Sumatera Barat, sigap dan siap membantu saat terjadinya bencana yang melanda Kota Bukittinggi. |

"PMI mampu memberikan pelayanan kesehatan beserta mobil ambulancenya, mudah-mudahan apa yang telah dilakukan bisa menjadi amal ibadah bagi relawan kita," katanya.

Ahmad jais juga menjelaskan, pasca kebakaran PMI membuka posko kebencanaan selama lima hari, dalam lima hari ini para relawan PMI berbagi tugas dibidangnya masing masing, seperti tim kesehatannya yang selalu siap memberikan pelayanan kesehatan, pembagian masker kepada petugas saat pemadaman api maupun saat pembersihan sisa puing kebakaran.

Disamping itu relawan PMI lainnya juga membantu pedagang memindahkan barang dari lokasi kebakaran ke rumahnya, dan ikut serta bersama pemerintah dalam membersihkan puing puing sisa kebakaran. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Remaja Alami Luka Lebam Diduga Ditendang Oknum Polisi di Padang, Ini Keterangan Saksi

Remaja Alami Luka Lebam Diduga Ditendang Oknum Polisi di Padang, Ini Keterangan Saksi

PADANG - Polisi menggelar razia kendaraan tepatnya di depan kantor Dirlantas Polda Sumbar jalan Nipah, Kota Padang,...

Tolak Pembangunan Toilet Representatif Ditanggapi Wali Kota Payakumbuh

Tolak Pembangunan Toilet Representatif Ditanggapi Wali Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Kurangnya infrastruktur penunjang di kawasan pasar kota Payakumbuh cukup dirasakan oleh sebagian...

PIOMFest 2017, Cikal Bakal Perkembangan Industri Musik di Padang

PIOMFest 2017, Cikal Bakal Perkembangan Industri Musik di Padang

PADANG - Padang kembali menggelar event berskala internasional. Sejak 8-10 Desember kemarin, musisi dari empat negara...

Dikecam Tokoh Dunia, Trump Resmi Umumkan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Dikecam Tokoh Dunia, Trump Resmi Umumkan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

INTERNASIONAL - Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari ini secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota...

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

PADANG PARIAMAN - Kementerian Perhubungan menyatakan Kereta Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) siap...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media