minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Padang Panjang home berita Padang Panjang

Festival Memasak Sambalado Cangkuak di Padang Panjang Pecahkan Rekor MURI

Minggu, 26 November 2017 - 18:40:32 WIB - 372
Festival Memasak Sambalado Cangkuak di Padang Panjang Pecahkan Rekor MURIFestival memasak Sambalado Cangkuak di Padang Panjang, Minggu (26/11)

PADANG PANJANG - Musium Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Padang Panjang yang telah memecahkan rekor mamasak "Sambalado Cangkuak" yaitu sebanyak 1227 tungku.

Festival memasak cangkuak tersebut digelar dalam rangkaian HUT Kota Padang Panjang yang ke-227 di jalan Sudirman, depan Kompi Secata B, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (26/11).

Perwakilan MURI, Awan Rahargo mengatakan, ini adalah kategori baru dan terbanyak di Indonesia bahkan di dunia, ini adalah mahakarya kebudayaan yang wajib kita lestarikan.

"Cangkuak sendiri adalah bentuk kearifan lokal yang sudah ada sejak dahulu kala oleh masyarakat Minangkabau, Insya Allah generasi muda akan mengenal makanan khas ini," ungkap Awan Rahargo.

Cangkuak khas Padang Panjang sendiri berbeda dengan cangkuak yang ada di daerah lain di Sumatera Barat. jika di daerah lain menggunakan kerupuk kulit, di Kota Padang Panjang hanya terdiri dari tujuh bahan utama yaitu, cabe, ikan bada (sejenis ikan teri), bawang prei, daun ruku ruku, air nasi, daun kunyit dan tomat.

Dari angka 1 pada 1227 banyaknya cangkuak yang dimasak oleh kaum ibu dari 16 kelurahan di Kota Padang Panjang itu bermakna, hari ulangtahun Kota Padang Panjang di 1 Desember, sedangkan 227 adalah HUT Kota Padang Panjang di tahun 2017 ini. Uniknya, semua cangkuak dimasak menggunakan tungku.

Walikota Padang Panjang yang diwakili Plt. Sekda Indra Gusnady mengatakan Festival tersebut merupakan salah satu upaya dalam melestarikan dan mengembangkan asset budaya lokal yang dimiliki Kota Padang Panjang.

"Saya berharap Masyarakat Kota Padang Panjang dan sekitarnya maupun masyarakat dari luar Padang Panjang dapat lebih mengapresiasi asset asset budaya yang dimiliki Kota Padang Panjang, termasuk yang kita laksanakan hari ini Festival Memasak 1227 Cangkuak ini," kata Indra Gusnady.

Menurutnya, ke depan slogan belum ke Padang Panjang kalau belum makan sate akan dapat digandengkan dengan belum ke Padang Panjang kalau belum makan Sambalado Cangkuak.

"Kepada seluruh rumah makan dan restoran di Kota Padang Panjang, kami himbau untuk menyediakan menu spesial sambalado cangkuak di rumah makan masing masing dan memasang slogan ini di masing masing rumah makannya," pungkas Indra. (hm/Harris).

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,padang-panjang,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

PADANG PARIAMAN - Kementerian Perhubungan menyatakan Kereta Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) siap...

Inilah Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017-2018

Inilah Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017-2018

BOLA - Asosiasi Sepak Bola Eropa ( UEFA) resmi mengumumkan hasil undian babak 16 besar Liga Champions musim 2017-2018...

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Mewabahnya kembali penyakit lama yang selama beberapa tahun sudah tidak pernah terjadi lagi di Indonesia,...

Alat Berat Meratakan Bangunan di Sekitar Stasiun KA Bukittinggi, Warga Histeris

Alat Berat Meratakan Bangunan di Sekitar Stasiun KA Bukittinggi, Warga Histeris

BUKITTINGGI - Sejak pagi hari Selasa, (4/12/2017) sekira pukul 09.00 WIB berlangsung penertiban rumah sekitar Stasiun...

Inilah Peserta yang Lolos ke 16 Besar Liga Champion 2017/2018

Inilah Peserta yang Lolos ke 16 Besar Liga Champion 2017/2018

BOLA - Seluruh peserta ronde 16 besar Liga Champions 2017/18 telah diketahui seturut kelarnya babak penyisihan pada...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media