minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Puluhan Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Mendatangi Kantor Balaikota

Senin, 04 Desember 2017 - 23:26:26 WIB - 555
Puluhan Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Mendatangi Kantor BalaikotaPuluhan pedagang Pasar Atas lakukan pertemuan di Balaikota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Pasca kebakaran yang melanda pusat pembelanjaan ternama Kota Bukittinggi (Pasa Ateh) beberapa waktu lalu, sejumlah pedagang terlihat masih belum melakukan aktivitas perdagangannya yang sempurna. Maka dari itu, puluhan pedagang Pasar Atas Kota Bukittinggi mendatangi kantor Balaikota guna menemui Walikota, kemaren.

Dengan melakukan jalan kaki (long march) para pedagang tersebut tertib berjalan kaki mulai dari pasar atas menuju kantor Balaikota tanpa ada pengawalan yang mengkhawatirkan. Tujuan utama perwakilan pedagang mendatangi Balaikota adalah untuk mendesak agar Pemerintah Kota dengan segera untuk membangun tempat berdagang. Hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi sehingga mereka butuh tempat usaha agar perekonomian dapat berjalan kembali.

Dalam pertemuan di Balaikota, warga menyampaikan beberapa tuntutan antara lain, penampungan untuk pedagang korban kebakaran kapan bisa ditempati, dan mereka minta ijin berjualan di sepanjang Jalan Minangkabau dan Jalan A. Yani. Selanjutnya, bersama dengan ASN membersihkan sampah sisa kebakaran, dan ada sekitar 500 orang pedagang lagi yang belum bisa berjualan.

Mendengar keluhan pedagang tersebut, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, pihaknya mengizinkan pedagang berjualan di sepanjang A. Yani dan Minangkabau. Namun, pedagang tersebut tidak dibenarkan untuk memakai lapak melainkan menggunakan gerobak dorong atau mobil, artinya bisa berpindah dan tidak mengganggu fasilitas umum.

Lanjut Wako Ramlan, "pedagang bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dibantu TNI, Polri, Relawan PMI melakukan goro kembali di kawasan yang menjadi lokasi kebakaran beberapa waktu lalu. Selain itu, pedagang boleh berjualan namun tidak diseluruh untuk berjualan di lokasi, sebab jika terjadi sesuatu jangan nantinya pemko yang disoroti," tegas Ramlan.

Melalui Kabag Humas, Yulman menambahkan, tuntutan pedagang itu dituruti oleh Pemko Bukittinggi, tapi bukan berarti disuruh untuk berjualan di lokasi itu sangat tidak boleh. Sementara 500 pedagang yang belum berjualan, boleh berjualan di lokasi kebakaran setelah bersih nantinya namun harus juga hati- hati sebab sewaktu-waktu ada reruntuhan pasca kebakaran.

"Semua pedagang jangan mau dipropokasi, selain itu juga hindarkan isu- isu yang kurang bagus dari pihak ketiga yang akan mengadu domba antar pedagang maupun bersama Pemko Bukittinggi," tukas Yulman menerangkan. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Limapuluh Kota Raih Paramakarya dan Dana Rakca dari Presiden Joko Widodo

Limapuluh Kota Raih Paramakarya dan Dana Rakca dari Presiden Joko Widodo

LIMA PULUH KOTA - Kabupaten Limapuluh Kota kembali mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo....

Kolaborasi Musik Etnik Siap Menghentak Payakumbuh Botuang Festival 2017

Kolaborasi Musik Etnik Siap Menghentak Payakumbuh Botuang Festival 2017

PAYAKUMBUH - Puncak Payakumbuh Botuang Festival (PBF) akan di gelar malam ini Jumat (1/12/2017). Kolaborasi musik etnik...

Polresta Payakumbuh Ringkus Dua Pemuda Terduga Perampasan dengan Kekerasan

Polresta Payakumbuh Ringkus Dua Pemuda Terduga Perampasan dengan Kekerasan

PAYAKUMBUH - Dua pemuda yang diduga melakukan aksi kejahatan perampasan dengan kekerasan (Curas) diringkus jajaran...

NasDem Usul Pendidikan Formal tidak Jadi Syarat untuk Jadi Pejabat Publik

NasDem Usul Pendidikan Formal tidak Jadi Syarat untuk Jadi Pejabat Publik

Willy Aditya, Ketua Departemen MNASIONAL - Pendidikan formal diusulkan tidak menjadi syarat bagi calon pejabat publik....

Negara Muslim OKI Nyatakan Yerusalem Ibu Kota Palestina, Ini Reaksi Israel

Negara Muslim OKI Nyatakan Yerusalem Ibu Kota Palestina, Ini Reaksi Israel

INTERNASIOANL - Pernyataan sejumlah pemimpin Muslim yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tentang...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media