minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Kebijakan Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel Kontraproduktif

Selasa, 05 Desember 2017 - 14:51:50 WIB - 170
Kebijakan Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel KontraproduktifPresiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar menilai rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendukung pemindahan ibu kota Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem sangat kontrproduktif dalam penyelesaian konflik Palestina. Selain bertentangan dengan resolusi internasional, disisi lain akan membuat ketegangan memuncak di timur tengah.

"Memindahkan ibukota Israel ke Yerusalem sesungguhnya akan semakin meningkatkan konflik dan ketegangan yang berkepanjangan di Timur Tengah. Hal ini disebabkan karena Yerusalem merupakan salah satu epicentrum perjuangan utama bagi bangsa Palestina, karena adanya Al Quds," disampaikan Rofi Munawar dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media, senin (4/11) di Jakarta.

Legislator asal Jawa Timur ini menambahkan, relokasi kedutaan besar AS bersamaan dengan rencana menetapkan Yerusalem sebagai ibukota Israel merupakan salah satu janji kampanye Trump saat pemilihan Presiden. Tapi ironisnya kebijakan luar negeri AS ini secara faktual sangat merugikan dan tidak mempertimbangkan kepentingan Palestina.

"Trump selama ini telah secara jelas menjadikan Yerusalem dan Palestina sebagai komoditas kampanye dalam pemilihan presiden, hal ini dilakukan sebagai cara mencari dukungan dari kalangan Yahudi," sesal Anggota DPR RI asal Fraksi PKS ini.

Rofi juga menjelaskan sejumlah alasan mengapa Yerusalem tidak bisa dijadikan ibukota oleh israel, diantaranya resolusi yang telah dikeluarkan oleh Komite Warisan Budaya Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) yang memutuskan hilangnya kedaulatan Israel atas Kota Al-Quds (Yerusalem) yang diduduki. Selain itu juga, bagi umat Islam keberadaan Yerusalem memiliki sejarah panjang dalam proses perjuangan melawan israel.

"Komunitas internasional dan PBB harus bersikap tegas terhadap rencana Donald Trump ini. Adapun OKI harus mengambil inisiatif yang lebih proaktif dalam menanggapi isu ini," pungkas Rofi.

Sebagaimana diketahui, Menteri Luar Negeri Palestina Riad al-Maliki pada Ahad (3/12) mendesak Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) segera menggelar rapat untuk membahas situasi politik terkini di Yerusalem. Seruan tersebut ia sampaikan menyusul laporan yang menyebutkan bahwa Presiden AS Donald Trump kini sedang bersiap untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.(RM)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: internasional,metro,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dikecam Tokoh Dunia, Trump Resmi Umumkan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Dikecam Tokoh Dunia, Trump Resmi Umumkan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

INTERNASIONAL - Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari ini secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota...

Pertama Kali, Pariaman Gelar Tinju Pantai

Pertama Kali, Pariaman Gelar Tinju Pantai

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman melalui Dispora bekerjasama dengan Dandim 0308 gelar pertandingan tinju pantai...

Tolak Ustadz Abdul Somad, Ormas di Bali Kepung Hotel Aston

Tolak Ustadz Abdul Somad, Ormas di Bali Kepung Hotel Aston

BALI - Sejumlah ormas mengepung Hotel Aston Denpasar. Kehadiran mereka untuk menolak kehadiran Ustadz Abdul Somad. Ya,...

BPN Tidak Hadir Ukur Obyek Perkara, Eksekusi Lahan PT. KAI di Basko Mall Ditunda

BPN Tidak Hadir Ukur Obyek Perkara, Eksekusi Lahan PT. KAI di Basko Mall Ditunda

PADANG - Pengadilan Negeri Padang menangguhkan eksekusi lahan milik PT KAI Divre II Sumbar di kawasan Basko Hotel Air...

Diserang Meme dan Terus Dibandingkan dengan Ahok, Anies-Sandi Gerah

Diserang Meme dan Terus Dibandingkan dengan Ahok, Anies-Sandi Gerah

NASIONAL - Sudah hampir dua bulan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjabat gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Di...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media