minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

Rabu, 06 Desember 2017 - 18:46:56 WIB - 198
Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%(Dari kanan ke kiri) Kepala Imigrasi Kelas I Padang, Ka. Kesbangpol dan Perwakilan Kemenkumham wilayah Sumbar.

PADANG PARIAMAN - Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) yang terdiri oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Imigrasi Kelas I Padang dan Kanwil Hukum dan HAM Sumbar gelar rapat di salah satu Hotel di Pariaman, Rabu (6/12).

Dalam rapat ini Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman diwakili oleh Sekda Jon Priadi sedangkan dari Imigrasi Kelas I Padang hadir kepala Elvi sahlan kemudian mewakili Kantor wilayah Hukum dan HAM Sumbar hadir Kabid Lalu lintas dan izin tinggal keimigrasian Antrius Permi.

Sekda mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda dari Imigrasi Kelas I Padang dalam rangka menindak lanjuti dan memonitor kegiatan pengawasan orang asing di Kab. Padang Pariaman dan Sumbar.

"Ini salah satu terkaitnya Kab. Padang Pariaman yang merupakan salah satu tempat sebagai lalu lintas dan tujuan masuknya orang asing ketika berkunjung ke Sumbar," sebutnya.

Ia mengatakan, bahwa sebagian orang asing yang masuk merupakan wisatawan yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sebagai pusat masuk ke setiap daerah di Sumbar.

"Tidak hanya melalui BIM namun juga melalui provinsi tetangga seperti Pekanbaru dan lainnya. Ini semua tentu perlu pengawasan supaya tujuan masuknya orang asing tersebut sesuai dengan rencananya semula," tutur Jonpriadi.

Potensi selanjutnya sambung Sekda para perantau yang ada di luar negeri. "Secara rata-rata pada umumnya untuk wilayah Sumbar yang terbanyak perantau Padang Pariaman lah yang berada di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura," sebutnya.

Jonpriadi menyebutkan hingga saat ini pengawasan dan kontrol terhadap orang asing terus di tingkatkan melalui kerjasama dengan Keimigrasian, Kemenkumham dan Kesbangpol.

Sedangkan Elvi Sahlan Kepala Keimigrasian Kelas I Padang mengatakan hingga saat ini arus orang asing yang masuk sejak diterapkannya MEA mencapai 25% setiap tahun.

"Untuk pelanggaran belum ada, akan tetapi baru sebatas kesalahan ijin dan visa tinggal yang pada umumnya dilakukan oleh para peselancar asing yang ada di kepulauan mentawai," ungkap Elvi.

Ia juga mengatakan, adapun paspor yang dimiliki namun dipegang oleh agennya, dan persoalan ijin tinggal tidak seberapa yang mana pekerja asing tidak begitu banyak di Sumbar.

"Sedangkan pelanggaran pidana membawa barang terlarang dan minuman keras tidak ada. Karena kita juga sudah kerjasam dengan Kemen.kumham bersama Polda Sumbar dalam hal pemberantasan dan pencehahan masuk barang terlarang," ulas Elvi.

"Semenjak berlakunya kerjasama antar negara se-Asean, arus orang asing masuk ke Sumbar meningkat 25% setiap tahunnya," pungkas Elvi. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

NasDem Usul Pendidikan Formal tidak Jadi Syarat untuk Jadi Pejabat Publik

NasDem Usul Pendidikan Formal tidak Jadi Syarat untuk Jadi Pejabat Publik

Willy Aditya, Ketua Departemen MNASIONAL - Pendidikan formal diusulkan tidak menjadi syarat bagi calon pejabat publik....

Citra Scholastika Tutup Payakumbuh Botuang Festival 2017 dengan Suguhan Spektakuler

Citra Scholastika Tutup Payakumbuh Botuang Festival 2017 dengan Suguhan Spektakuler

PAYAKUMBUH - Artis Jazz Indonesia Citra Scholastika tutup malam puncak Payakumbuh Botuang Festival, Sabtu (2/12/2017)...

Limapuluh Kota Raih Paramakarya dan Dana Rakca dari Presiden Joko Widodo

Limapuluh Kota Raih Paramakarya dan Dana Rakca dari Presiden Joko Widodo

LIMA PULUH KOTA - Kabupaten Limapuluh Kota kembali mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo....

BPN Tidak Hadir Ukur Obyek Perkara, Eksekusi Lahan PT. KAI di Basko Mall Ditunda

BPN Tidak Hadir Ukur Obyek Perkara, Eksekusi Lahan PT. KAI di Basko Mall Ditunda

PADANG - Pengadilan Negeri Padang menangguhkan eksekusi lahan milik PT KAI Divre II Sumbar di kawasan Basko Hotel Air...

Inilah Klarifikasi Resmi Ustadz Abdul Somad Usai Dihadang Ormas Bali

Inilah Klarifikasi Resmi Ustadz Abdul Somad Usai Dihadang Ormas Bali

VIDEO - Dai kondang, Ustadz Abdul Somad kini sedang dirundung sebuah masalah. Dosen Universitas Islam Negeri Sultan...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media