minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Peringatan Hari Bumi Tingkat Sumbar di Pagaruyung, Bumiku Indah, Bumiku Lestari

Rabu, 06 Desember 2017 - 22:11:17 WIB - 216
Peringatan Hari Bumi Tingkat Sumbar di Pagaruyung,   Bumiku Indah, Bumiku LestariKetua PKK Provinsi Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno, di Bumi Perkemahan Komplek Pagaruyung, Batusangkar.

BATUSANGKAR - Selasa (5/12/2017) Kabupaten Tanah Datar menjadi Tuan Rumah Peringatan Hari Bumi Tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan tema "Bumiku Indah, Bumiku Lestari" yang dibuka secara resmi oleh Ketua PKK Provinsi Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno, di Bumi Perkemahan Komplek Pagaruyung, Batusangkar.

Hadir pada acara tersebut Kepala SKPD Sumatera Barat,
Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat Ketua PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, ketua GOW Tanah Datar Ny. Retry Zuldafri, Ketua Organisasi Wanita tingkat Provinsi dan Kabupaten Tanah Datar, dan Ketua PKK Kecamatan/Nagari se Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang diwakili oleh Sekda Hardiman mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Tanah Datar sebagai lokasi pelaksanaan peringatan Hari Bumi tingkat Provinsi pada tahun 2017 ini.

"Tema yang diangkat pada acara ini pun sebagai seruan mengajak kita menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dan alam demi kelangsungan makluk hidup di muka bumi," ujarnya.

Selanjutnya, Hardiman mengajak untuk senantiasa menjaga kelestarian, mengelola dan melindungi alam dengan baik dengan cara menjaga siklus air, mengendalikan pecemaran udara, menjaga keindahan alam yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata alam.

"Manusia dan alam adalah satu, kita tidak bisa dipisahkan dari alam, oleh karena itu terhadap alam kita harus jujur mempersepsikan dan memperlakukannya, juga harus menjaga dari berbagai ancaman serta harus mengelola dengan prinsip perlindungan," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga Hardiman menghimbau, agar bersama-sama melakukan penanaman pohon minimal 25 pohon setiap orang, menjaga pohon yang telah ditanam sehingga dapat bermanfaat maksimal bagi kehidupan, mensosialisakan pentingnya pelestarian hutan/lingkungan kepada semua generasi bangsa dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengalakkan kegiatan-kegiatan terkait dengan kehutanan/lingkungan hidup.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan ibu PKK Propinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat yang telah memprakasai kegiatan ini, di mana kegiatan ini merupakan kegiatan mulia kaum perempuan peduli untuk menyelamatkan lingkungan demi anak cucu di masa depan," pungkasnya.

Sementara itu Ketua PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno mengatakan dalam moment peringatan Hari Bumi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 mengharapkan agar seluruh organisasi wanita tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat serta tim pengerak PKK mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Nagari/Kelurahan hingga ke tingkat Dasawisma untuk melaksanakan penanaman pohon bukan hanya tanaman penghijau akan tetapi juga tanaman yang produktif.

"Pada kegiatan ini akan diserahkan bantuan bibit dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat pohon penghijau dan buah-buahan sebanyak kurang lebih 1.000 batang dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan sebanyak 300 batang dengan jenis berbagai macam tanaman," ujarnya dalam sambutan.

Di kesempatan yang sama Ketua PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah dalam laporannya menyebutkan tujuan dari pelaksanaan Hari Bumi untuk mengugah kepedulian masyarakat pada lingkungan hidup dengan cara menanam pohon, mengubah pola pikir dan prilaku manusia yang merusak alam menjadi prilaku yang selalu peduli terhadap lingkungan sekitarnya, memelihara bumi dan menjadikannya tempat yang indah sehingga tercipta tempat yang indah sebagai pesona wisata alam serta memotivasi kepedulian masyarakat untuk selalu memelihara Bumi dengan cara menanam pohon.

"Bibit pohon yang telah diberikan akan ditanam di lokasi Bumi Perkemahan ini sebanyak 150 Batang dan didistribusikan ke 14 kecamatan sebanyak 60 Batang per Kecamatan dan lebihnya akan disebar ke Nagari se Kabupaten Tanah Datar terdiri dari tanaman Jeruk, Mangga, Sirsak, Jambu Bol, Salak, jengkol, Matoa, Pinang dan petai," ujarnya. (Romeo/hm)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: kesehatan,metro,pemprov,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Bentuk Generasi Sadar Lingkungan, DLH Bukittinggi Sosialisasi Program Adiwiyata

Bentuk Generasi Sadar Lingkungan, DLH Bukittinggi Sosialisasi Program Adiwiyata

BUKITTINGGI - Walikota Bukittinggi diwakili Asisten Asministrasi Umum Zet Buyung membuka secara resmi Sosialisasi...

Peran Guru Tak Tergantikan Dalam Tentukan Masa Depan Bangsa

Peran Guru Tak Tergantikan Dalam Tentukan Masa Depan Bangsa

NASIONAL - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Meskipun...

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

PADANG PARIAMAN - Kementerian Perhubungan menyatakan Kereta Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) siap...

Citra Scholastika Tutup Payakumbuh Botuang Festival 2017 dengan Suguhan Spektakuler

Citra Scholastika Tutup Payakumbuh Botuang Festival 2017 dengan Suguhan Spektakuler

PAYAKUMBUH - Artis Jazz Indonesia Citra Scholastika tutup malam puncak Payakumbuh Botuang Festival, Sabtu (2/12/2017)...

Panwaslu Kota Pariaman Libatkan Pemilih Pemula

Panwaslu Kota Pariaman Libatkan Pemilih Pemula

PARIAMAN - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pariaman menggandeng para pemilih pemula agar ikut serta...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media