minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Pelayanan Publik Pemkab Tanah Datar Masuk Kategori Zona Hijau

Rabu, 06 Desember 2017 - 22:39:19 WIB - 132
Pelayanan Publik Pemkab Tanah Datar Masuk Kategori Zona HijauWabup Tanah Datar, Zuldafri Dharma menerima penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI

JAKARTA - Lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia (ORI), menganugerahi kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan predikat Kepatuhan Tinggi (zona hijau) yang diserahkan oleh Akhmad Suedi anggota Ombudsman RI dan diterima langsung Wakil Bupati Zuldafri Darma di gedung Balai Kartini Jakarta Selatan, kemaren.

Penganugerahan predikat kepatuhan ini dilihat dari upaya instansi penerima predikat dalam memenuhi komponen standar pelayanan sebagaimana tertuang dalam Pasal 15 dan Bab V UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Dalam ketentuan itu tercantum bahwa sebuah unit layanan harus menyampaikan informasi, di antaranya, mengenai kejelasan waktu, prosedur, persyaratan dan biaya layanan.

Atas dasar itu, Ombudsman RI kemudian melakukan berbagai observasi di sejumlah unit layanan pada tingkat kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota.

Hasilnya, pada tahun 2017 Kabupaten Tanah Datar mendapat penghargaan terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik tas 56 produk layanan dengan nilai 90,67.

Untuk Sumatera Barat yang menerima penghargaan antara lain Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbuh.

Ketua Ombudsman RI, diwakili anggota Adrianus Meliala Danang Girindrawa mengatakan, penyampaian predikat kepatuhan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atas usaha peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat unit layanan.

"Sudah saatnya penyelenggara negara memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan menggiatkan peningkatan kualitas pelayanan publik," terang Adrianus.

Penyampaian informasi mengenai standar layanan kepada masyarakat selaku pengguna layanan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. Oleh karenanya, lembaga negara pengawas pelayanan publik ini kemudian melakukan pendampingan pemenuhan komponen standar pelayanan ke sejumlah unit layanan publik sejak awal 2014, ungkap Adrianus.

Berdasarkan penilaian ORI tahun ini Instansi negara penerima predikat kepatuhan itu terdiri atas 5 kementerian, 2 lembaga negara, 6 pemerintah provinsi dan 13 pemerintah kabupaten dan 15 kota, pungkas Adrianus.

Sementara itu Wabup Zuldafri usai penerimaan mengatakan keberhasilan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi dan OPD atas usahanya telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh OPD yang telah memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, ini harus kita pertahankan bahkan harus ditingkatkan dari waktu ke waktu," pesannya.

Kepada ORI perwakilan Sumbar, Wabup sampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan dan pengawasan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat unit layanan, kata Wabup Zuldafri didampingi Plt. Asisten III Ir. Helfy Rahmi Harun dan Kabag Organisasi Setda Adriyanti Rustam.


Helfy Rahmi juga tambahkan penghargaan yang diterima saat ini tidak terlepas dari perbaikan fasilitas pelayanan dan pelayanan itu sendiri kepada masyarakat dengan bekerjasama dengan ORI perwakilan Sumbar sejak 2014 lalu.

"Terimakasih kepada ORI perwakilan Sumbar yang telah melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pemerintah Tanah Datar," pungkasnya. (romeo/ry)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: indonesia,metro,nasional,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ini Alasan Irsyad dan Agung Tetap Bertahan di Semen Padang FC

Ini Alasan Irsyad dan Agung Tetap Bertahan di Semen Padang FC

BOLA - Pemain sayap Kabau Sirah Semen Padang FC Irsyad Maulana menyatakan dirinya masih tetap berseragam Pasukan Bukit...

Kolaborasi Musik Etnik Siap Menghentak Payakumbuh Botuang Festival 2017

Kolaborasi Musik Etnik Siap Menghentak Payakumbuh Botuang Festival 2017

PAYAKUMBUH - Puncak Payakumbuh Botuang Festival (PBF) akan di gelar malam ini Jumat (1/12/2017). Kolaborasi musik etnik...

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Mewabahnya kembali penyakit lama yang selama beberapa tahun sudah tidak pernah terjadi lagi di Indonesia,...

Tanggul Muara Baru Sering Jebol, FRTR Minta Pejabat dan Pengusaha Terlibat Reklamasi Ditangkap

Tanggul Muara Baru Sering Jebol, FRTR Minta Pejabat dan Pengusaha Terlibat Reklamasi Ditangkap

JAKARTA - Akibat Jebolnya Tanggul Muara Baru, Jakarta belum lama ini, Front Rakyat Tolak Reklamasi (FRTR) angkat...

Tim Provinsi Sumbar Turun Awasi Kinerja Bupati Pasaman dalam Pengelolaan Dana Desa

Tim Provinsi Sumbar Turun Awasi Kinerja Bupati Pasaman dalam Pengelolaan Dana Desa

PASAMAN - Tim Provinsi Sumbar yang dipimpin pamong senior Basril Taher melakukan penilaian terhadap kinerja Bupati...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media