minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang

TNI dan Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Bendungan Irigasi yang Rusak di Kayu Tanam

Kamis, 07 Desember 2017 - 10:25:14 WIB - 106
TNI dan Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Bendungan Irigasi yang Rusak di Kayu TanamTNI dan rakyat bahu membahu perbaiki irigasi yang jebol akibat banjir

PADANG PARIAMAN - Belasan warga Desa Tali Banda Baru Korong Pasa Surau Guguk, Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman dan TNI Kodim 0308 Pariaman gotong royong memperbaiki Bendungan tali banda yang rusak dan jebol akibat curah hujan yang tinggi melanda kawasan ini, Rabu, (06/12/2017).

Dandim 0308 Pariaman, Letkol (Arh) Hermawansyah,S.I.P mengatakan Kegiatan Karya Bakti ini untuk membantu petani Nagari Kayu Tanam berkaitan dalam rangka Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2017.

"Kita gelar di tempat ini (Bendungan Irigasi Primer Tali Banda Baru Korong Pasa Surau Guguk) karena sebelumnya tempat ini pada beberapa hari yang lalu jebol dan airnya meluap, sehingga mengakibatkan lebih kurang 600 Hektar area sawah di Nagari Kayu Tanam yang sebentar lagi akan memasuki masa bercocok tanam menjadi kekurangan air dan terancam kekeringan," sebutnya.

Lanjutnya, Kegiatan goro ini diantaranya memasang tanggul yang membatasi sungai dengan jalur irigasi yang jebol dengan menumpuk material batu yang ada di lokasi, pengambilan material batu dan kayu dari seberang sungai yang ada di sekitar lokasi, dengan cara menggunakan alat bantu ban dalam mobil.

"Kami dibantu TNI harus bergotong-royong memperbaiki bendungan ini karena kerusakannya sudah cukup parah," kata salah seorang warga Syaifullah kepada wartawan di lokasi, Rabu, (06/12/2017).

Dia bilang kalau tidak segera pilihan maka kerusakan bendungan dikhawatirkan akan semakin parah dan tidak bisa lagi memproduksi air ke persawahan.

"Tuntas bendungan merupakan satu kesatuan sumber air ke persawahan, kalau tidak segera terpilih maka persawahan kekeringan, terima kasih kepada TNI yang goro memperbaiki bendungan kami," tuturnya.

Hadir dalam kegiatan Karya Bakti ini Pasi Ter Kodim, Wali Nagari, Wali Korong Senagari Kayu tanam, Babinkamtib Polsek Sicincin, Ka UPTD Kayu tanam, dan Kelompok Tani wilayah Kayu tanam. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Alat Berat Meratakan Bangunan di Sekitar Stasiun KA Bukittinggi, Warga Histeris

Alat Berat Meratakan Bangunan di Sekitar Stasiun KA Bukittinggi, Warga Histeris

BUKITTINGGI - Sejak pagi hari Selasa, (4/12/2017) sekira pukul 09.00 WIB berlangsung penertiban rumah sekitar Stasiun...

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

LIPUTAN KHUSUS PAYAKUMBUH - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki potensi kawasan pariwisata yang baik, hal ini dapat...

Aksi Bela Palestina di Padang, Wali Kota Serukan Boikot Produk Israel

Aksi Bela Palestina di Padang, Wali Kota Serukan Boikot Produk Israel

PADANG - Ribuan masyarakat Kota Padang dan juga dari berbagai organisasi keIslaman se-Sumatera Barat (Sumbar) bersatu...

BPBD Padang Imbau Warga Selalu Siaga Longsor

BPBD Padang Imbau Warga Selalu Siaga Longsor

PADANG - Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Padang, Edi Hasymi mengatakan, beberapa kawasan di...

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Mewabahnya kembali penyakit lama yang selama beberapa tahun sudah tidak pernah terjadi lagi di Indonesia,...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media