minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Otomotif

Prasjal Tarkim Sumbar Gelar Workshop RT/RW

Selasa, 22 November 2011 - 16:42:38 WIB - 1361
Prasjal Tarkim Sumbar Gelar Workshop RT/RW

Padang, MinangkabauNews -- Program RT/RW ini adalah program yang masih berusia muda, sudah 2 Tahun sejak 2009. Saat ini belum disahkan menjadi Perda, tetapi dalam keputusan Menetri Kehutanan 304/Menhut-II-2011 sudah disahkan, namun salah satu kendalanya adalah status fungsi hutan menjadi bukan hutan.

Hal ini disampaikan PPK Pembinaan Penata Ruang, Mhd Ridha ketika workshop dengan tema singkronisasi program pemanfaatan ruang pada kawasan strategis perbatasan provinsi Sumbar, di Bunda Hotel Jl. Bundo Kanduang No. 19 Padang, Senin (21/11)

Dalam pembahasannya berupa Ekspose program pembangunan kawasan strategis berbatasan beberapa Kabupaten/Kota, diantaranya Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Kab. Lima Puluh Kota dan Sijunjung, Kab. Damasraya dan Solok Selatan, serta Kab. Pesisir Selatan.

Dihadiri oleh utusan peserta dari (7 Kabupaten tersebut di atas) Bappeda Kab/tim BKPRD. Bertindak menjadi narasumber adalah Ahyuni, ST, MSi yang sekaligus bertindak sebagai tim swakelola Prov. Sumbar. Dan Dodhy Akbar, ST sebagai Konsultan.

Sebagai konsultan yang menyusun RT/RW, Dodhy menjelaskan, "RT/RW ini adalah program yang masih berusia muda, sudah 2 Tahun sejak 2009. Saat ini belum disahkan menjadi Perda, tetapi dalam keputusan Mentri kehutanan 304/Menhut-II-2011. Salah satu kendalanya adalah status fungsi hutan menjadi bukan hutan," terang nya.

Utusan peserta Kabupaten membawa bahan ekspose, yaitu program-program pembangunan SKPD kabupaten pada kawasan Strategisperbatasan Provinsi dalam bentuk pawer poin, program SKPD Kabupaten untuk disingkronkan dan dimasukkan kedalam indikasi program RT/RW Provinsi Sumbar. Peserta yang iutus juga berfungsi sebagai pengambiul keputusan, dengan demikian para peserta yang hadir adalah orang-orang yang menguasai bidang program SKPD Kabupaten.

Swakelola Provinsi Sumbar menyampaikan tujuan tahapan pertemuan demi pertemuan antara Provinsi dan Kabupaten ini adalah, "Untuk melihat program pembangunan secara vertical dalam artian RT/RW Provinsi menjadi pedoman bagi RT/RW Kota/Kab, dengan harapan terjadinya kesingkronan kesatuan langkah dalam pembangunan setiap SKPD. Sehingga akan mudah mewujutkan rencana struktur dan pola ruang yang telah ada pada dokumen RT/RW Provinsi berlaku sampai 2029 kekepan," ucap Ahyuni.

Sementara itu Mhd. Ridha menyampaikan Output dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Prasarana jalan Tata Ruang dan Pemukiman Prov. Sumbar ini, "melalui singkronisasi program ini, hasil yang kita haraokan adalah diperdakannya RT/RW ini," ucap PPK Pembinaan Penata Ruang. (Pepi Roshanti)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: daerah,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dishub Sumbar dan Satpel Terminal Tipe A Jati Pariaman Ramp Check Angkutan Orang

Dishub Sumbar dan Satpel Terminal Tipe A Jati Pariaman Ramp Check Angkutan Orang

PARIAMAN - Dinas Perhubungan (DISHUB) Provinsi Sumbar melalui Bidang Teknik Sarana dan Penanggulangan Kecelakaan...

DPD Partai Berkarya Pasaman Serahkan Hasil Perbaikan Sipol

DPD Partai Berkarya Pasaman Serahkan Hasil Perbaikan Sipol

PASAMAN - Dewan Perwakilan Daerah Partai Berkarya Kabupaten Pasaman menyerahkan hasil perbaikan Sistem Informasi Partai...

Ada Padang Indian Ocean Music Festival 2017 Akhir Pekan ini di Jembatan Siti Nurbaya

Ada Padang Indian Ocean Music Festival 2017 Akhir Pekan ini di Jembatan Siti Nurbaya

PADANG - Ada yang berbeda di Kota Padang pada pekan ini. Bagi yang suka menikmati indahnya sunset akan ditemani dengan...

Wako Pariaman Luruskan Polemik Tidak Ditanda Tanganinya APBD 2018 oleh Dirinya

Wako Pariaman Luruskan Polemik Tidak Ditanda Tanganinya APBD 2018 oleh Dirinya

PARIAMAN - Walikota Pariaman luruskan seputar persoalan jalan-jalan ke luar negeri yang merupakan 1 dari 4 item yang...

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat tidak terdampak wabah difteri. Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Kesehatan...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media