minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Otomotif

Prasjal Tarkim Sumbar Gelar Workshop RT/RW

Selasa, 22 November 2011 - 16:42:38 WIB - 1325
Prasjal Tarkim Sumbar Gelar Workshop RT/RW

Padang, MinangkabauNews -- Program RT/RW ini adalah program yang masih berusia muda, sudah 2 Tahun sejak 2009. Saat ini belum disahkan menjadi Perda, tetapi dalam keputusan Menetri Kehutanan 304/Menhut-II-2011 sudah disahkan, namun salah satu kendalanya adalah status fungsi hutan menjadi bukan hutan.


Hal ini disampaikan PPK Pembinaan Penata Ruang, Mhd Ridha ketika workshop dengan tema singkronisasi program pemanfaatan ruang pada kawasan strategis perbatasan provinsi Sumbar, di Bunda Hotel Jl. Bundo Kanduang No. 19 Padang, Senin (21/11)


Dalam pembahasannya berupa Ekspose program pembangunan kawasan strategis berbatasan beberapa Kabupaten/Kota, diantaranya Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Kab. Lima Puluh Kota dan Sijunjung, Kab. Damasraya dan Solok Selatan, serta Kab. Pesisir Selatan.


Dihadiri oleh utusan peserta dari (7 Kabupaten tersebut di atas) Bappeda Kab/tim BKPRD. Bertindak menjadi narasumber adalah Ahyuni, ST, MSi yang sekaligus bertindak sebagai tim swakelola Prov. Sumbar. Dan Dodhy Akbar, ST sebagai Konsultan.


Sebagai konsultan yang menyusun RT/RW, Dodhy menjelaskan, "RT/RW ini adalah program yang masih berusia muda, sudah 2 Tahun sejak 2009. Saat ini belum disahkan menjadi Perda, tetapi dalam keputusan Mentri kehutanan 304/Menhut-II-2011. Salah satu kendalanya adalah status fungsi hutan menjadi bukan hutan," terang nya.


Utusan peserta Kabupaten membawa bahan ekspose, yaitu program-program pembangunan SKPD kabupaten pada kawasan Strategisperbatasan Provinsi dalam bentuk pawer poin, program SKPD Kabupaten untuk disingkronkan dan dimasukkan kedalam indikasi program RT/RW Provinsi Sumbar. Peserta yang iutus juga berfungsi sebagai pengambiul keputusan, dengan demikian para peserta yang hadir adalah orang-orang yang menguasai bidang program SKPD Kabupaten.


Swakelola Provinsi Sumbar menyampaikan tujuan tahapan pertemuan demi pertemuan antara Provinsi dan Kabupaten ini adalah, "Untuk melihat program pembangunan secara vertical dalam artian RT/RW Provinsi menjadi pedoman bagi RT/RW Kota/Kab, dengan harapan terjadinya kesingkronan kesatuan langkah dalam pembangunan setiap SKPD. Sehingga akan mudah mewujutkan rencana struktur dan pola ruang yang telah ada pada dokumen RT/RW Provinsi berlaku sampai 2029 kekepan," ucap Ahyuni.


Sementara itu Mhd. Ridha menyampaikan Output dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Prasarana jalan Tata Ruang dan Pemukiman Prov. Sumbar ini, "melalui singkronisasi program ini, hasil yang kita haraokan adalah diperdakannya RT/RW ini," ucap PPK Pembinaan Penata Ruang. (Pepi Roshanti)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: daerah,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PKPU Pariaman Launching Tahapan dan Maskot Pilkada 2018

PKPU Pariaman Launching Tahapan dan Maskot Pilkada 2018

PARIAMAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan me-launching Tahapan Pemilihan (Pilkada) Kota Pariaman...

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

PADANG - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hermina Padang di kawasan...

Erwin Yunaz: Menagement Ukuran Keberhasilan Setiap Organisasi

Erwin Yunaz: Menagement Ukuran Keberhasilan Setiap Organisasi

PAYAKUMBUH - Setelah lulus dari pelatihan dasar, salah satu komponen masyarakat yang diandalkan sebagai mitra kerja...

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

LIFESTYLE - Dengan perkembangan teknologi saat ini, kesempatan kerja semakin luas tercipta. Tak perlu menunggu lowongan...

Atraksi dan Pameran Alutsita pada HUT ke-72 TNI Pukau Masyarakat Padang

Atraksi dan Pameran Alutsita pada HUT ke-72 TNI Pukau Masyarakat Padang

PADANG - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI tahun 2017, masyarakat Kota Padang disuguhkan dengan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu