minangkabau headline
Redaksi Info iklanDisclaimer Kontak
Kosmo

Tips Mengamankan Password

Sabtu, 24 Desember 2011 - 11:31:25 WIB

Tips Mengamankan Password


Password atau kata kunci bersifat krusial yang harus dijaga dan diamankan dengan baik. Pasword atau kata kunci hanya bisa diiketahui diri sendiri atau bersifat pribadi, berikut tips-trik dalam menjaga paswor agar tidak dibobol hacker.

1. Tidak Menggunakan Default Password

Default password adalah password yang kita dapat pertama kali. Password standar ini sebaiknya memang harus cepat diganti lantaran sangat rentan. Pasalnya, default password dapat dicari dengan mudah di google search, bahkan di situ tercantum nama mesin, type dan default password terpampang dengan megah di beberapa situs vendor pembuatnya. Terkadang administrator takut lupa dengan mengubah-ubah default password yang ada, sehingga seorang penyusup dapat mengambil alih sistem dengan default password.

2. Tidak Memakai Password Hint

Terkadang kita takut lupa dengan password yang sudah kita entry ke dalam sistem/account, sehingga kita perlu membuat sebuah pengingat bila kita lupa dengan password tersebut. Nah, pengingat ini disebut password Hint, bila kita membuat pertanyaan dengan password hint ini, maka dengan cepat kita dapat mengingat kembali password yang lupa tersebut. Begitu juga dengan para hacker, mereka akan mencoba-coba dengan menebak password kita dengan berbagai pertanyaan di password hint, lama kelamaan password tersebut akan tertebak bila pertanyaan yang tertera di password hint dapat dijawab oleh si penebak password.

3. Tidak Menuliskan Password

Pemilik password sering kali takut lupa dengan password yang telah dimasukkan, sehingga pemilik password akan menuliskan berbagai user ID dan passwordnya ke dalam media lain seperti notebook, notepad, password folder, buku, handphone dan lain-lainnya. Hal ini juga cukup rentan bocor. Mengapa rentan? Karena bila berbagai peralatan tersebut hilang, maka semua informasi tentang user ID dan password tersebut cepat atau lambat akan diketahui oleh si pencuri peralatan/gadget yang hilang.

4. Menggunakan Password yang Kuat

Pemilik password seringkali menggunakan password yang pendek saja, kalau saja bisa lebih pendek dari 3 karakter, maka user tersebut akan memberikan password yang pendek. Untung saja saat ini sistem memberikan panjang password minimal 6 karakter dan maksimal 254 karakter. Semakin panjang sebuah password, maka akan semakin kuat keamanan password tersebut. Password yang kuat dapat dibuat dengan kombinasi angka dan huruf, bahkan berbagai karakter yang lain. Beberapa admin saat ini menggunakan password yang cukup panjang, ditambah dengan enkripsi seperti PGP key dan lainnya, sehingga cukup sulit untuk dapat menebak password tersebut.

5. Sering Mengubah Password

Pemilik password sebaiknya secara berkala mengubah password untuk autentikasi tersebut, semakin sering password berubah semakin baik, karena semakin sulit si penebak password menjebol account/system kita. Perubahan terhadap password tergantung si pemilik, bisa seminggu, sebulan, tiga bulan sekali dan lainnya. Asal si pemilik tidak lupa dengan password yang sudah diubah tadi.

6. Tidak Memakai Password yang Sama pada Beberapa Account

Pemilik password kadang sering lupa dan sering membuat account yang cukup banyak, sehingga mereka setiap membuat account baru menggunakan user ID yang sama dan password yang sama, ini sangat rentan dan bahaya. Karena satu account tembus password ini, maka semua account akan dapat diambil oleh hacker tersebut.

7. Menggunakan Manajemen Password

Untuk membantu mengingatkan kembali berbagai password dan berbagai account, seringkali kita sangat kesulitan, tapi tidak perlu khawatir karena sudah banyak saat ini aplikasi untuk membantu menata password kita. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dari internet maupun berbayar, sehingga berapapun account kita dan berapapun password kita dapat dengan mudah untuk diingat dan dibuka kembali, tentu saja untuk membukanya dengan metode enkripsi juga.




Be Smart, Read More


Pemkot Padang Menghimbau Masyarakat tidak Menjual Telur Penyu

Padang, Minangkabaunews - Pemkot Padang menghimbau masyarakat di kawasan Pantai Padang khususnya di depan Lapas Muaro,...


Pembukaan Padang Fair 2015 Dimeriahkan dengan Pawai Budaya

Padang, MinangkabauNews -- Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Pembukaan Padang Fair 2015 ini dimeriahkan dengan pawai...


Padang Terima Penghargaan Pengembangan Agro Kultur Berbasis Ekraf

Padang, MinangkabauNews -- Padang menerima penghargaan sebagai kota yang berhasil mengembangkan agrokultur berbasis...


TDS ke Tujuh Akan Digelar 3-11 Oktober 2015

Padang, MinangkabauNews -- Tour de Singkarak ke-7 yang sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 7 - 15 Juni 2015 diundur...


Pemkot Padang akan Cabut Izin Usaha Minimarket yang Masih Menjual Miras

Padang, Minangkabaunews - Minuman beralkohol atau minuman keras dengan kadar alkohol di bawah lima persen sulit...


Inilah Daftar 25 Warga Sumbar yang Terperangkap di Yaman

Minangkabaunews - Ada sekitar 25 mahasiswa asal Sumatera Barat masih berada di Yaman dan mereka masih belum bisa keluar...


Peringatan Hari Kartini 2015, Dwi dan Hanafi Juara Lomba "Mangukua Karambia"

Padang, MinangkabauNews -- Peringatan Hari Kartini tahun 2015 berlangsung semarak di lingkungan Perumahan Bungo Bumi...


Perkembangan Pariwisata Padang Ternoda Tukang Palak

Padang, MinangkabauNews - Program Pemko Padang untuk merevitalisasi objek wisata Kota Padang menjadi wisata keluarga...


Wakil Walikota Dumai, Riau Puji Pantai Padang

Padang, MinangkabauNews -- Wakil Walikota Dumai Provinsi Riau, H Agus Widayat , mengungkapkan, setelah Musyawarah...


Kasus Dampak Debu Semen Padang Masuki Tahapan Pelaporan ke KLH

Padang, MinangkabauNews -- Akhirnya setelah penantian panjang warga kompleks Home Owner (HO) di RW V, VI dan VII Ranah...


Gubernur Irwan Prayitno "Usaha Batu Akik Cukup Menjanjikan"

Payahkumbuh, MinangkabauNews -- Bisnis batu akik adalah bisnis yang sngat menggiurkan dan menguntungkan, paslanya...


Padang Didaulat Sebagai Kota Kreatif Bidang Agrowisata

Padang, MinangkabauNews -- Padang menerima penghargaan sebagai kota yang berhasil mengembangkan agrokultur berbasis...

TERKINI
TERPOPULER
minangkabaunews mobile
REKOMENDASI :


KANAL DAN RUBRIK BERITA
  PROFIL
  NETWORKS
metro
politik
ekonomi
nasional
internasional
olahraga
kriminal
pendidikan
pariwisata
daerah
showbiz
makan
kosmo
pos polisi
otomotif
sosial
peristiwa
seni budaya
opini
bisnis
bola
minangkabau
perempuan
tokoh
kesehatan
teknologi
bnk padang
muhammadiyah
pilkada
  REDAKSI
INFO IKLAN
DISCLAIMER
PEDOMAN MEDIA SIBER
KONTAK
 
Lukipos
Theoneredaxi
GALERI FOTO - AGENDA IVENT - MOBILE VERSION
Minangkabaunews
Copyright 2011 - 2015 Minangkabaunews All Rights Reserved Back to Top