minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Perempuan

Muslim Kasim : Perempuan Awal Pembentuk Karakter Penerus Bangsa

Jumat, 28 September 2012 - 00:36:47 WIB - 1129
Muslim Kasim : Perempuan Awal Pembentuk Karakter Penerus Bangsa

Padang, MinangkaabuNews -- Pembangunan secara merata dan menyeluruh adalah tujuan dan amanah dari UUD 45. Baik dari segi pembangunan infrastruktur hingga manusianya. Namun dalam pelaksanaan dan implementasinya terkadang kita pemerintah sebagai subjek dan objeknya melupakan pembangunan manusianya. Kita lebih terfokus kepada pembangunan infastruktur, sarana dan prasarana publik dan lebih bersifat general saja. Hal tersebut memang penting, namun apabila infrastruktur tidak didukung dengan keberadaan sumber daya manusianya dengan baik, maka tujuan kita dalam membangun bangsa akan tidak komplit dan akan pincang.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur, Muslim Kasim dalam Pembukaan acara Sosialisasi data Gender dan Kesejahteraan Perlindungan Anak Tahun 2012 di pangeran Beach Hotel, Rabu pagi (26/9). Hadir pada kesempatan tersebut Asisten III setda Prov.Sumbar, Sudirman Gani, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Ratna Wilis.

Wakil Gubernur Muslim Kasim menyampaikan bahwa seharusnya kita bisa lebih baik dalam mengambil setiap kebijakan dalam pembangunan, setiap infrastruktur harus didukung dengan SDM yang baik pula. Tidak terkecuali wanita/perempuan. Hak perempuan dalam setiap pembangunan adalah sama dengan hak laki-laki. Tidak ada bedanya. Tapi tentu wanitanya juga harus mempunyai kualitas yang mumpuni, sama seperti laki-laki, jangan hanya biasa-biasa saja.

Muslim Kasim juga menekankan bahwa para kaum perempuan sebenarnya punya peranan yang sangat vital dalam proses pembangunan di setiap bangsa. Ini disebabkan karena wanita adalah orang pertama yang akan membentuk karakter seorang anak yang akan menjadi penerus bangsa di lingkungan awal anak tersebut. Jika sudah tertanam watak dan karakter yang baik, jalan kedepan setiap anak menuju masa depannya akan mulus dan lancar. Mulai dari pendidikan hingga pekerjaannya akan berkulitas prima sesuai dengan harapan bangsa. Untuk itu memang sangat diharapkan bagi para kaum perempuan dapat meningkatkan kualitas SDM nya. Selain akan punya peranan di dalam pembangunan secara langsung, secara tidak langsung perempuan yang punya SDM yang baik akan meminimalisir kekerasan terhadap anak di dalam keluarga, dan ini akan berentet kepada masa depan yang cerah dari para penerus bangsa yang mereka lahirkan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah merespon hal tersebut dengan mengadakan acara seperti ini, dampak intervensi pembangunan terhadap perempuan yang bertujuan peningkatan kualitas hidup perempuan dan kesejahteraan keluarga. Apabila hal tersebut telah terpenuhi , maka data statistik gender dan anak akan lengkap dan akan bermuara kepada kebijakan dan program responsif gender dan peduli anak. Mudah-mudahan kedepannya dengan terdatanya hal-hal tersebut, kesenjangan gender dalam pembangunan dapat di minimalisir dan kesejahteraan perlindungan anak dapat ditingkatkan lagi, kata Wagub. (ril)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: perempuan

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Beri Orasi Ilmiah di Acara Wisuda ke-61 UMSB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Beri Orasi Ilmiah di Acara Wisuda ke-61 UMSB

PADANG - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar wisuda ke-61 bagi 308 lulusan di Hotel Inna Muara Padang,...

Dikritik Fahri Hamzah Soal Pernikahan Puterinya, Ini Jawaban Jokowi

Dikritik Fahri Hamzah Soal Pernikahan Puterinya, Ini Jawaban Jokowi

NASIONAL - Pesta pernikahan puteri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dikritik Wakil Ketua DPR Fahri...

Jadwal Lengkap Tour de Singkarak (TdS) 2017

Jadwal Lengkap Tour de Singkarak (TdS) 2017

PADANG - Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), keluarkan secara resmi jadwal lomba balap sepeda internasional Tour...

Lagi Pasar Aur Kuning Bukittinggi Terbakar Hebat, Ini yang Akan Dilakukan Wagub Nasrul Abit

Lagi Pasar Aur Kuning Bukittinggi Terbakar Hebat, Ini yang Akan Dilakukan Wagub Nasrul Abit

BUKITTINGGI - Kebakaran hebat kembali terjadi di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Belum sampai...

Padang Pariaman Layak Jadi Pusat Pengembangan Industri Coklat di Sumatera

Padang Pariaman Layak Jadi Pusat Pengembangan Industri Coklat di Sumatera

PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukni dan Kabid industri Agro bahas pengembangan industri coklat padang pariaman di ruang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu