berita padang - berita sumbar
headline
home berita Metro

Wakil Walikota Padang Buka Bintek Pendapatan Daerah Kota Padang

Rabu, 31 Oktober 2012 - 16:52:30 WIB - 795
Wakil Walikota Padang Buka Bintek Pendapatan Daerah Kota Padang

Padang, MinangkabauNews -- Sesuai dengan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009, tentang Pajak daerah dan Retribusi, maka penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah akan mengalami peribahan baik tariff maupun objek, untuk mengantisipasi perubahan tersebut terlebih lagi pajak dan retribusi yang selama ini dikelola oleh pemerintah pusat akan beralih pengelolaanya ke Pemerintah daerah Kab/Kota.

Disampaikan Walikota Padang, H. Mahyeldi, SP. pada acara Bimbingan Teknis Pendapatan Daerah Kota Padang, Senin (29/10) di Hotel Daima Jalan Jendral Sudirman Padang. Dihadiri Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Mahyeldi katakana untuik menyikapi peralihan dimaksud Pemko Padang telah menetapkan peraturan daerah nomor 01 tahun 2011, tentang Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2011, tentang Pajak Air Tanah, Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2011, tentang Restoran, Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2011 tentang Pajak Hiburan.

Sedangkan Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2011, tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2), Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2011, tentang Pajak Daerah.

Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Umum, Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Usaha, Peraturan Daerah Nomoir 13 Tahun 2011, tentang Retribusi Perizinan tertentu, ujar Wakil Walikota.

Untuk tindak lanjut ditetapkan peraturan daerah tersebut perlu dilakukan berbagai persiapan, pelaksanaannya, baik penyediaan sarana dan prasarana maupun persiapan aparatur pelaksana. Menurut hemat saya sangatlah tepat sekali kegiatan bimbingan tenknis pendapatan ini sanat diperlukan agar terdapat kesamaan pemahaman dan persepsi dalam pelaksanaannya di lapangan, ujar Mahyeldi.

Oleh karena itu, saya berharap agar semua peserta agar dapat mengikuti bimbingan ini secara serius dan sungguh-sungguh karena kesempatan tiada untuk kedua kalinya, agar disampaikan narasumber dapat diserap dengan baik dan sebagai modal dalam implementasinya di lapangan.

Selanjutnya ketaua pelaksana kegiatan bimbingan teknis pendapatan daerah, PLH Kepala DPKA Kota Padang Drs. Bambang Sutrisno, M.Pd. melaporkan bahwa kegiatan ini diadakan selam 5 hari dari tanggal 29 Oktober sampai 2 Nopember 2011, di Hotel Daima Prasanthi Padang. Di ikuti oleh petugas pengelola pajak daerah dan retribusi di masing-masing SKPD.

Bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis maupun administrasi tentang pajak daerah dan retribusi daerah kepada petugas atau aparatur pengelola pajak daerah dan retribusi daerah. Mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) petugas/aparatur pengelola pajak dan retribusi daerah. Peningkatan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah.

Sedangakan narasumber yang akam memberikan materi berasal dari Pusat Study Keuangan pembangunan Univbersitas Andalas (UNAND) Padang dan dari pemerintah Daerah Kota Padang. (Rel)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Indra Sjafri Bakal Seleksi Calon Pemain Timnas U-19 di Padang, Ini Jadwalnya

Indra Sjafri Bakal Seleksi Calon Pemain Timnas U-19 di Padang, Ini Jadwalnya

PADANG - Pelatih Timnas Indonesia, U-19, Indra Sjafri, bakal turun ke Padang untuk memantau langsung seleksi Timnas...

Harga Gambir Rp100 Ribu/kg, Nono Minta Petani Tidak Kurangi Kualitas

Harga Gambir Rp100 Ribu/kg, Nono Minta Petani Tidak Kurangi Kualitas

LIMAPULUH KOTA - Menyikapi harga Gambir yang melambung tinggi, Tokoh perantau asal Kapur IX Nono Patria Pratama angkat...

Dari Padang dengan Kereta Api, Ratusan Anggota SPSC Penuhi Pantai Gandoriah Pariaman

Dari Padang dengan Kereta Api, Ratusan Anggota SPSC Penuhi Pantai Gandoriah Pariaman

PARIAMAN - Sinar Pagi Sport Club (SPSC) yang terdiri dari para pengusaha, pejabat dan mantan pejabat yang mempunyai...

Kejari Tanah Datar Musnahkan Barang Bukti Narkotika Tindak Pidana 2016

Kejari Tanah Datar Musnahkan Barang Bukti Narkotika Tindak Pidana 2016

TANAH DATAR - Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Rabu (1/02/2017) memusnahkan barang bukti dari 29 perkara Pidana Narkotika...

Mendikbud RI Muhajir Effendy Sambangi TK Aisyiyah Ampang Padang

Mendikbud RI Muhajir Effendy Sambangi TK Aisyiyah Ampang Padang

PADANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr. Muhajir Effendy,M.AP mengadakan kunjungan kerja ke Kota Padang,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu