berita padang - berita sumbar
headline
home berita Metro

Wakil Walikota Padang Buka Bintek Pendapatan Daerah Kota Padang

Rabu, 31 Oktober 2012 - 16:52:30 WIB - 743
Wakil Walikota Padang Buka Bintek Pendapatan Daerah Kota Padang

Padang, MinangkabauNews -- Sesuai dengan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009, tentang Pajak daerah dan Retribusi, maka penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah akan mengalami peribahan baik tariff maupun objek, untuk mengantisipasi perubahan tersebut terlebih lagi pajak dan retribusi yang selama ini dikelola oleh pemerintah pusat akan beralih pengelolaanya ke Pemerintah daerah Kab/Kota.

Disampaikan Walikota Padang, H. Mahyeldi, SP. pada acara Bimbingan Teknis Pendapatan Daerah Kota Padang, Senin (29/10) di Hotel Daima Jalan Jendral Sudirman Padang. Dihadiri Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Mahyeldi katakana untuik menyikapi peralihan dimaksud Pemko Padang telah menetapkan peraturan daerah nomor 01 tahun 2011, tentang Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2011, tentang Pajak Air Tanah, Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2011, tentang Restoran, Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2011 tentang Pajak Hiburan.

Sedangkan Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2011, tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2), Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2011, tentang Pajak Daerah.

Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Umum, Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Usaha, Peraturan Daerah Nomoir 13 Tahun 2011, tentang Retribusi Perizinan tertentu, ujar Wakil Walikota.

Untuk tindak lanjut ditetapkan peraturan daerah tersebut perlu dilakukan berbagai persiapan, pelaksanaannya, baik penyediaan sarana dan prasarana maupun persiapan aparatur pelaksana. Menurut hemat saya sangatlah tepat sekali kegiatan bimbingan tenknis pendapatan ini sanat diperlukan agar terdapat kesamaan pemahaman dan persepsi dalam pelaksanaannya di lapangan, ujar Mahyeldi.

Oleh karena itu, saya berharap agar semua peserta agar dapat mengikuti bimbingan ini secara serius dan sungguh-sungguh karena kesempatan tiada untuk kedua kalinya, agar disampaikan narasumber dapat diserap dengan baik dan sebagai modal dalam implementasinya di lapangan.

Selanjutnya ketaua pelaksana kegiatan bimbingan teknis pendapatan daerah, PLH Kepala DPKA Kota Padang Drs. Bambang Sutrisno, M.Pd. melaporkan bahwa kegiatan ini diadakan selam 5 hari dari tanggal 29 Oktober sampai 2 Nopember 2011, di Hotel Daima Prasanthi Padang. Di ikuti oleh petugas pengelola pajak daerah dan retribusi di masing-masing SKPD.

Bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis maupun administrasi tentang pajak daerah dan retribusi daerah kepada petugas atau aparatur pengelola pajak daerah dan retribusi daerah. Mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) petugas/aparatur pengelola pajak dan retribusi daerah. Peningkatan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah.

Sedangakan narasumber yang akam memberikan materi berasal dari Pusat Study Keuangan pembangunan Univbersitas Andalas (UNAND) Padang dan dari pemerintah Daerah Kota Padang. (Rel)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Wanita Muda Dharmasraya ini Simpan Puluhan Paket Shabu Siap Edar di Kamar Tidurnya

Wanita Muda Dharmasraya ini Simpan Puluhan Paket Shabu Siap Edar di Kamar Tidurnya

DHARMASRAYA - Seorang wanita muda YY (34) warga Jorong Kubang Panjang, Nagari IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung,...

Audun Kvitland, Pelantun Lagu Nasi Padang Minggu Malam Bakal Tampil di Padang

Audun Kvitland, Pelantun Lagu Nasi Padang Minggu Malam Bakal Tampil di Padang

PADANG - Pencipta sekaligus penyanyi lagu "Nasi Padang", Audun Kvitland sudah menginjakkan kakinya di...

Seorang Remaja Tewas Tenggelam di Danau Singkarak Solok

Seorang Remaja Tewas Tenggelam di Danau Singkarak Solok

SOLOK - Satu remaja yang sedang bermain di Danau Singkarak, hanyut. Tim SAR dan warga sudah menemukan korban telah...

GenPi Bukittinggi Meriahkan Hari Jadi Kota Ke-232, Gelar Festival Bukittinggi Marandang

GenPi Bukittinggi Meriahkan Hari Jadi Kota Ke-232, Gelar Festival Bukittinggi Marandang

BUKITTINGGI - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke 232 tahun, dan bertepatan dengan Hari...

Wujud Peduli SDI Khaira Ummah dan SDIT Adzkia Padang untuk Rohingya

Wujud Peduli SDI Khaira Ummah dan SDIT Adzkia Padang untuk Rohingya

PADANG - "Kami siswa SD Islam Khaira Ummah, ikut berempati merasakan penderitaan saudara kami di Rohingya, semoga...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu Polling Buni Yani