minangkabau headline
Redaksi Info iklanDisclaimer Kontak
Nasional

Kisruh Palopo SBY Nilai Pemda Kurang Tanggap

Selasa, 02 April 2013 - 12:22:21 WIB

Kisruh Palopo SBY Nilai Pemda Kurang Tanggap

Jakarta, MinangkabauNews --Menanggapi peristiwa kerusuhan dan pembakaran fasilitas umum, Kantor Walikota Palopo dan Kantor media lokal di Palopo, Sulawesi Selatan, Palopo Pos, yang dibakar massa pendukung salah satu kandidat calon wali kota, Minggu (31/3/2013). Polisi baru menetapkan satu tersangka berinisial I dan masih membutuhkan keterangan saksi-saksi terkait kasus ini. Demikian dikemukakan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol. Boy Rafli Amar, Senin (1/4) kemarin.

Polisi baru menetapkan satu tersangka berinisial I dan masih membutuhkan keterangan saksi-saksi terkait kasus ini. Demikian dikemukakan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol. Boy Rafli Amar, Senin (1/4) kemarin.

Ia mengatakan jumlah pelaku pembakaran dan perusakan fasilitas umum ini diperkirakan mencapai ratusan orang. Diduga aksi anarkis ini terjadi karena massa dari Haidir Basir-Tamrin Jufri (Hati) kecewa terhadap KPUD yang menetapkan pasangan Judas Amis-Ahmad Sarifuddin (JA) unggul 737 suara pada pilkada putaran kedua.

Sementara itu, dalam rapat terbatas membahas perkembangan situasi dalam negeri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat menyinggung kasus ini. Presiden menyayangkan kerusuhan di Palopo. Menurut Presiden, seharusnya peristiwa tersebut dapat dicegah. Selain itu, pemerintah daerah kini juga sudah dibekali dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2013 sebagai acuan penanganan konflik sosial bagi pemda dan jajaran keamanan.

Presiden menilai Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan jajarannya tidak tanggap untuk mengantisipasi meledaknya kerusuhan tersebut.

Pascapembakaran Kantor Wali Kota Palopo, aktivitas pelayanan masih lumpuh. Ratusan pegawai pemerintah tidak bisa berkantor dan hanya bisa menatap kantornya yang hangus terbakar. Sejumlah fasilitas kantor seperti komputer, tumpukan berkas, dan sejumlah mobil dinas juga hangus terbakar. Menurut Asisten III Pemkot Palopo Andi Dahri, rencananya pelayanan kantor akan dipindahkan ke rumah dinas wali kota.

Aksi pembakaran ini terjadi setelah hasil pemilihan wali kota putaran kedua diumumkan KPUD Palopo. Dalam rapat pleno, KPUD Palopo menetapkan pasangan Judas Amis-Ahmad Sarifuddin (JA) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo periode 2013-2018. Pasangan JA unggul dengan perolehan 37.469 suara dibanding dengan pasangan Hati yang hanya memperoleh 36.731 suara.

Pendukung pasangan Hati tidak terima dengan pengumuman putaran kedua ini karena merasa dicurangi. Akibatnya ratusan massa pendukung Hati melakukan perusakan dan pembakaran Kantor DPD II Golkar, Kantor Wali Kota Palopo, Kantor Camat Wara Timur, dan kantor media lokal Palopo Pos.Pengamanan di Kota Palopo saat ini ditingkatkan. Aparat kepolisian dan TNI masih terus disiagakan dan disebar di beberapa titik, di antaranya instansi pemerintan, kantor KPU, dan rumah salah satu kandidat.

Menurut Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Mudji Waluyo, tinggat kesiagaan Kota Palopo ditingkatkan. Polda Sulawesi Selatan saat ini menurunkan 1.150 aparat kepolisian dan dua SSK atau sebanyak dua ratus anggota TNI. (bp)





Be Smart, Read More



Ingin Sehat? Kurangi Frekuensi Makan di Restoran

Padang, Minangkabaunews - Seandainya dikalkuasi seberapa sering Anda makan di restoran? dalam sehari atau seminggu?....


Inilah Sosok Riri Setiawan Menurut Ayahanda Tercinta

Padang, MinangkabauNews -- Kepergian Kapten Nav Riri Setiawan dalam tragedi jatuhnya Pesawat Hercules jenis C-130...


Lama tidak Hujan, Pemko Padang Akan Gelar Solat Istisqa Kamis, 9 Juli

Padang, MinangkabauNews -- Menyikapi fenomena Hujan yang tidak turun dalam beberapa minggu di wilayah Kota Padang,...


Wako Padang Imbau Sektor Swasta Ikut Gelar Pasar Murah

Padang, MinangkabuNews -- Mengingat harga sejumlah kebutuhan bahan pokok mulai merangkak naik jelang perayaan Idul...


TSR VII Pemko Padang Serahkan Bantuan Rp7,5 juta untuk Pembangunan TPQ Masjid Nurul Ikhlas

Padang, MinangkabauNews -- Tim VII Safari Ramadhan Pemko Padang mengunjungi Masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Rawang...


Pesantren Ramadhan sebagai Benteng dari Pengaruh Negatif

Padang, MinangkabauNews -- Masjid tidak hanya central ibadah umat saja tetapi juga tempat untuk berkomunikasi antara...


Apa Saja Menu Favorit Berbuka Puasa dari Penjuru Dunia?

Ramadan, Minangkabaunews - Berbuka puasa merupakan suatu momen yang paling ditunggu di kalangan umat muslim yang telah...


Inilah Tips Puasa Sehat, Bikin Tubuh Semakin Bugar

Info Sehat, Minangkabaunews - Berhati-hatilah karena makanan yang Anda makan saat sahur dan berbuka puasa dapat...


Pemko Padang Imbau Perusahaan Bayar THR Paling Telat 10 Juli

Padang, MinangkabauNews -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerjamengimbau perusahaan-perusahaan...


Kabut Asap Tipis Mulai Selimuti Kota Padang

Padang, MinangkabauNews -- Kabut asap tipis terlihat menyelimuti wilayah Kota Padang, Sumatera Barat , diduga terjadi...


DDS Ajak Muslim Indonesia Wujudkan Kemandirian

Padang, MinangkabauNews --Tanpa terasa, genap 22 tahun Dompet Dhuafa, pelopor lembaga zakat di Indonesia yang bergerak...


KPP Bersinergi dengan DDS Santuni Anak Yatim

Payakumbuh, MinangkabauNews -- Tak salah Ramadhan dikenal dengan bulan penuh berkah. Pada kesempatan yang datang selama...


Dua Kru Pesawat Hercules C-130 Asal Sumbar Dimakamkan Secara Militer

Padang, Minangkabaunews - Kapten Nav Riri Setiawan dan Pratu Sepri Doni yang menjadi korban jatuhnya pesawat Hercules...

TERKINI
TERPOPULER
MINANGKABAU VIDEO
‚Äč
TAG BERITA
REKOMENDASI :


KANAL DAN RUBRIK BERITA
  PROFIL
  MORE
  MOBILE
Metro
Politik
Ekonomi
Nasional
Internasional
Olahraga
Kriminal
Pendidikan
Pariwisata
Daerah
Showbiz
Makan
Kosmo
Pos Polisi
Otomotif
Sosial
Peristiwa
Seni Budaya
Opini
Bisnis
Bola
Minangkabau
Perempuan
Tokoh
Kesehatan
Teknologi
BNK Padang
Muhammadiyah
Pilkada
  Redaksi
Info Iklan
Disclaimer
Pedoman Media Siber
Petunjuk Penggunaan Logo
Kontak
  Info Loker
Agenda Ivent
Galeri Foto
 
minangkabaunews monile
 
Copyright 2011 - 2015 Minangkabaunews All Rights Reserved Back to Top