berita padang - berita sumbar
headline
home berita Nasional

Kisruh Palopo SBY Nilai Pemda Kurang Tanggap

Selasa, 02 April 2013 - 12:22:21 WIB - 530
Kisruh Palopo SBY Nilai Pemda Kurang Tanggap

Jakarta, MinangkabauNews --Menanggapi peristiwa kerusuhan dan pembakaran fasilitas umum, Kantor Walikota Palopo dan Kantor media lokal di Palopo, Sulawesi Selatan, Palopo Pos, yang dibakar massa pendukung salah satu kandidat calon wali kota, Minggu (31/3/2013). Polisi baru menetapkan satu tersangka berinisial I dan masih membutuhkan keterangan saksi-saksi terkait kasus ini. Demikian dikemukakan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol. Boy Rafli Amar, Senin (1/4) kemarin.


Polisi baru menetapkan satu tersangka berinisial I dan masih membutuhkan keterangan saksi-saksi terkait kasus ini. Demikian dikemukakan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol. Boy Rafli Amar, Senin (1/4) kemarin.


Ia mengatakan jumlah pelaku pembakaran dan perusakan fasilitas umum ini diperkirakan mencapai ratusan orang. Diduga aksi anarkis ini terjadi karena massa dari Haidir Basir-Tamrin Jufri (Hati) kecewa terhadap KPUD yang menetapkan pasangan Judas Amis-Ahmad Sarifuddin (JA) unggul 737 suara pada pilkada putaran kedua.


Sementara itu, dalam rapat terbatas membahas perkembangan situasi dalam negeri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat menyinggung kasus ini. Presiden menyayangkan kerusuhan di Palopo. Menurut Presiden, seharusnya peristiwa tersebut dapat dicegah. Selain itu, pemerintah daerah kini juga sudah dibekali dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2013 sebagai acuan penanganan konflik sosial bagi pemda dan jajaran keamanan.


Presiden menilai Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan jajarannya tidak tanggap untuk mengantisipasi meledaknya kerusuhan tersebut.


Pascapembakaran Kantor Wali Kota Palopo, aktivitas pelayanan masih lumpuh. Ratusan pegawai pemerintah tidak bisa berkantor dan hanya bisa menatap kantornya yang hangus terbakar. Sejumlah fasilitas kantor seperti komputer, tumpukan berkas, dan sejumlah mobil dinas juga hangus terbakar. Menurut Asisten III Pemkot Palopo Andi Dahri, rencananya pelayanan kantor akan dipindahkan ke rumah dinas wali kota.


Aksi pembakaran ini terjadi setelah hasil pemilihan wali kota putaran kedua diumumkan KPUD Palopo. Dalam rapat pleno, KPUD Palopo menetapkan pasangan Judas Amis-Ahmad Sarifuddin (JA) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo periode 2013-2018. Pasangan JA unggul dengan perolehan 37.469 suara dibanding dengan pasangan Hati yang hanya memperoleh 36.731 suara.


Pendukung pasangan Hati tidak terima dengan pengumuman putaran kedua ini karena merasa dicurangi. Akibatnya ratusan massa pendukung Hati melakukan perusakan dan pembakaran Kantor DPD II Golkar, Kantor Wali Kota Palopo, Kantor Camat Wara Timur, dan kantor media lokal Palopo Pos.Pengamanan di Kota Palopo saat ini ditingkatkan. Aparat kepolisian dan TNI masih terus disiagakan dan disebar di beberapa titik, di antaranya instansi pemerintan, kantor KPU, dan rumah salah satu kandidat.


Menurut Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Mudji Waluyo, tinggat kesiagaan Kota Palopo ditingkatkan. Polda Sulawesi Selatan saat ini menurunkan 1.150 aparat kepolisian dan dua SSK atau sebanyak dua ratus anggota TNI. (bp)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: nasional

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Padang Kedatangan Tamu dari UNESCO Bahas Kota Inklusif

Padang Kedatangan Tamu dari UNESCO Bahas Kota Inklusif

PADANG - Pemerintah Kota Padang kedatangan tamu dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization...

Karyawan Bobol Brankas Milik Perusahaan dengan Martil di Pariaman, Uang Rp 63 Juta Raib

Karyawan Bobol Brankas Milik Perusahaan dengan Martil di Pariaman, Uang Rp 63 Juta Raib

PARIAMAN - Satreskrim Polres Pariaman terus melakukan pengejaran terhadap pembobol brankas milik Leasing Elektronik...

Kapolres Dan Dandim 0307 Tanah Datar "Bongkar" Potensi Wisata Air Terjun 11 Tingkat

Kapolres Dan Dandim 0307 Tanah Datar "Bongkar" Potensi Wisata Air Terjun 11 Tingkat

TANAH DATAR - Menyusuri Jalur berliku menanjak dan menurun team Gabungan Polres dan Kodim 0307/TD yang langsung di...

Innallillahi, Gubernur Sumbar Dua Periode Hasan Basri Durin Hembuskan Nafas Terakhir

Innallillahi, Gubernur Sumbar Dua Periode Hasan Basri Durin Hembuskan Nafas Terakhir

JAKARTA -- Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Gubernur Sumbar dua periode 1987- 1997 Drs H. Hasan Basri Durin Dt...

Gelandang Semen Padang FC Irsyad Maulana Diragukan Tampil saat Jamu Sriwijaya FC

Gelandang Semen Padang FC Irsyad Maulana Diragukan Tampil saat Jamu Sriwijaya FC

PADANG - Pelatih Semen Padang FC, Nil Maizar, menegaskan bahwa di skuatnya tidak mengenal pemain bintang. Oleh karena...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
REKOMENDASI