minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Perempuan

40 Caleg Perempuan dan Pengurus KPPI Padang Ikuti Pembekalan Sehari

Sabtu, 28 Desember 2013 - 17:51:16 WIB - 328
40 Caleg Perempuan dan Pengurus KPPI Padang Ikuti Pembekalan Sehari

Padang, MinangkabauNews -- Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Padang berkerja sama dengan LSM Nurani Perempuan mengadakan acara pembekalan sehari dalam meningkatkan kapasitas, dan standar kompetensi para caleg perempuan yang akan menduduki posisi di legislatif. Acara yang langsung dibuka oleh Ketua KPPI Kota Padang, Yasnida Syamsudin,SE, MM di Gedung BKOW Kota Padang, Sabtu (28/12) pukul 09.30 Wib. Dengan tema “Perempuan maju, rakyat sejahterah dan Indonesia Jaya”.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan perempuan yang tidak hanya peka terhadap issue kesetaraan gender saja tetapi juga mempunyai peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan rakayat serta meminimalisir KDRT terhadap kaum perempuan.

Ketua KPPI Kota Padang, Yasnida Syamsudin,SE,MM mengatakan, “Perempuan berpolitik tidaklah tabu malahan dianjurkan karna ada porsi 30% bagi untuk caleg perempuan untuk menduduki posisi legislatif,” kata Yasnida yang juga Caleg DPRD Sumbar Dapil Sumbar Satu. Partai PKB.

Menurutnya, saat ini baru periode pertama pembekalan, nanti akan kita gelar sampai 3 kali periode, guna mendapatkan perempuan yang betul-betuk mempunyai kompetensi, dan mewarnai legislatif dengan semangat dan kerja keras. “Perempuan yang duduk di legislatif nantianya bisa mewarnai DPRD dan menimialisir kebijakan hambar serta tidak lagi jadi penghias meja dewan saja,” ujarnya.

Terkait dengan fenomena Aleg yang datang, duduk, diam dan duit (4D), prilaku ini perlu ada perbaikan, baik itu standard kompentensi maupun integritas dari anggota legislatif, makanya KPPI menjadi wadah pembinaan dan pengawasan para Caleg perempuan agar mampu meningkatkan martabat perempauan dan ikut berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Yakinlah kalau aktivis pasti berbuat untuk kepentingan masyarakat, kalau tidak pernah jadi aktivis makanya kepekaan terhadap kepentingan masyarakat agar kurang,” kata Yasnida yang Mantan Aleg DPRD Padang periode 2004-2009.

Lebih jauh ia mengatakan para Caleg perempuan ini diharapkan bisa mandiri tidak lagi tangan dibawah tapi tangan diatas artinya tidak lagi jadi maslah tapi jadi solusi.

Ia meminta pemerintah bisa dengan bersinergi dengan KPPI dalam menciptakan perempauan yang berkualitas, yang peka terhadap issue kesetaran gender dan peka terhadap lingkungannya.

Hj, Kartini Tume yang juga Pengurus KPPI Kota Padang menyambut baik gagasan pembekalan bagi 180 caleg perempuan Kota Padang, agar menciptakan perempuan yang berilmu dan mempunyai kapasitas serta integritas.
Kegiatan ini dihadiri Pengurus KPPI, 40 Caleg perempuan dari 12 parpol di Padang, organisasi perempuan, PBHI dan Pengurus LSM Nurani Perempuan. (008)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: perempuan

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Buang Sial, Bukan Bermaksud Syirik, Padang Theatre Dilimaui

Buang Sial, Bukan Bermaksud Syirik, Padang Theatre Dilimaui

PADANG - Bukan bermaksud syirik, kemarin Pemerintah Kota Padang melimaui kawasan Padang Theatre. Ini bertujuan agar...

Satu Pejabat Struktural dan 20 Fungsional Pemko Bukittinggi Dilantik dan Diambil Sumpah

Satu Pejabat Struktural dan 20 Fungsional Pemko Bukittinggi Dilantik dan Diambil Sumpah

BUKITTINGGI - Wakil Wali Kota Bukittinggi melantik dan mengambil Sumpah 1 orang Pejabat Struktural dan 20 orang Pejabat...

Cegah Mismatch Menahun, BPJS Kesehatan Diminta Koreksi Diri

Cegah Mismatch Menahun, BPJS Kesehatan Diminta Koreksi Diri

JAKARTA - Anggota Komisi IX Irma Suryani mengibaratkan defisit yang dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)...

Kematian Tersangka Narkoba di Agam, Keluarga Nilai Ada Kejanggalan

Kematian Tersangka Narkoba di Agam, Keluarga Nilai Ada Kejanggalan

AGAM - Tewasnya seorang tersangka narkoba yang diamankan Polres Agam di Tiku, Nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung...

Tak Lagi Tangani Timnas U-19, Indra Sjafri: Saya Tetap Jadi Pelatih

Tak Lagi Tangani Timnas U-19, Indra Sjafri: Saya Tetap Jadi Pelatih

BOLA - Setelah dipastikan bahwa kontrak Indra Sjafri melatih Timnas U-19 Indonesia tak lagi diperpanjang Persatuan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu