minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Bisnis

Sambut MEA 2015, Dinas Parekraf Sumbar Gelar Bimtek Pengembangan Kapasitas Desainer

Kamis, 11 Juni 2015 - 11:39:49 WIB - 1062
Sambut MEA 2015, Dinas Parekraf Sumbar Gelar Bimtek Pengembangan Kapasitas Desainer

Padang, Minangkabaunews -- Persoalan rasa cukup mempengaruhi dalam menghasilkan sebuah produk kuliner, namun tak kalah pentingnya adalah Packaging (pengemasan-red) yang sesuai dengan kehendak pasar.

Bulan Desember 2015 ini, Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), seluruh produk bebas masuk dan keluar dari Indonesia makanya perlu SDM yang handal dan kompetitif untuk bisa menghasilkan desain kemasan yang bisa bersaing.

Demikian disampaikan Direktur Pengembangan Bisnis Asosiasi Pengembang Kemasan Asia (APKA), Ariana Susanti ketika menghadiri Bimtek Peningkatan kapasitas usaha desain komunikasi audio visual yang diselenggarakan Dinas Parekraf Sumbar di Hotel Daima Padang, Rabu, (10/6)

Ariana mengungkapkan "Kita tidak lagi berbicara produk kuliner dalam segi rasa semata, namun yang terpenting juga bagaimana produk tersebut memberikan sebuah daya tarik kepada konsumen sehingga konsumen membeli produk tersebut secara berulang-ulang," tandasnya.

"Berbicara peningkatan kualitas produk bukan hanya berbicara tentang rasa semata tetapi lebih dari pada itu, peningkatan kapasitas adalah upaya secara keseluruhan menghasilkan produk yang berkualitas mulai dari pemilihan bahan baku hingga resep yang menyesuaikan dengan selera konsumen dan desain luar dari produk tersebut. Bagaimana mungkin seseorang bisa mencicipi jika desain produknya tidak menarik," ucapnya.

Dia mengapresiasi Dinas Parekraf yang memberikan bimbingan pelatihan bagi para desainer audio visual di Sumbar sehingga kedepan dapat dihasilkan sebuah produk yang berkualitas dan bisa bersaing dengan pasar.

Kepala Dinas Parekraf Sumbar, Drs. Burhasman,MM mengungkapkan Bimtek ini digelar selama dua hari tanggal 10-11 Juni 2015di Hotel Daima. Kegiatan diikuti 40 desainer komunikasi visual di Sumbar. Bimtek ini bertujuan untuk menggali potensi para desainer muda kemasan sehingga kemasan yang dihadirkan bisa bersaing dengan pasar.

"Dituntut disini daya inovasi dan kreativitas sehingga produk yang dihasilkan elegan dan memiliki daya tarik," ujarnya.

Diharapkannya, dengan kemasan yang baik yang dihasilkan para desainer profesional maka kemasan yang baik tersebut sudah mewakili produk yang ada di dalamnya, sehingga orang tidak lagi melihat rasa tetapi juga melihat tampilan, desain yang bagus akan mengangkat image sebuah produk dan hargapun bisa terangkat dengan sendirinya.

Narasumber terdiri dari Kepala Dinas Parekraf Sumbar, MUI Sumbar, akademisi Universitas Putra Indonesia, Badan POM, dan asosiasi pengembang kemasan Indonesia. (009)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: bisnis

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hadapi Arema FC, Semen Padang FC Bawa Skuat Terbaik ke Malang

Hadapi Arema FC, Semen Padang FC Bawa Skuat Terbaik ke Malang

BOLA - Kabau Sirah Semen Padang FC bertekat meraih poin penuh guna mengamankan posisi dari jurang degradasi dengan...

Kahmi dan HMI Tanah Datar Siap Mengawal Proses Pembangunan Daerah

Kahmi dan HMI Tanah Datar Siap Mengawal Proses Pembangunan Daerah

TANAH DATAR - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), harus melakukan upaya...

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Dipecat PSSI?

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Dipecat PSSI?

BOLA - Indra Sjafri disebut-sebut tak lagi menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19. Kabar yang mengejutkan itu...

Presdir PT Laga Pratama Rasakan Manfaat Besar TP4D Kejari Tanah Datar

Presdir PT Laga Pratama Rasakan Manfaat Besar TP4D Kejari Tanah Datar

TANAH DATAR - Pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Batusangkar, Tanah Datar, Sumbar,...

Kalah di PTUN Padang, Gubernur Akan Banding ke PTUN Medan, Ini Kata Erisman

Kalah di PTUN Padang, Gubernur Akan Banding ke PTUN Medan, Ini Kata Erisman

PADANG - Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno mengatakan, pihaknya akan mengajukan banding atas putusan Pengadilan Tata...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu