minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Sosial

Gubernur Resmikan Program Operasi Katarak 1000 Mata

Jumat, 07 Agustus 2015 - 20:23:11 WIB - 863
Gubernur Resmikan Program Operasi Katarak 1000 Mata

Padang, Minangkabaunews - "Semoga para pelaksana agenda operasi katarak ini amal ibadahnya dibalas kebaikan oleh Allah SWT," sambut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dalam peresmian Program Operasi Katarak 1000 Mata yang langsung diamini para panitia dan peserta.


Program Operasi Katarak Masal 1000 Mata merupakan bakti sosial sambut bulan kemerdekaan. Diinisiasi oleh Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), Dompet Dhuafa Singgalang (DDS), Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, dan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Padang sebagai sponsor program.


Agenda peresmian berlangsung pada Sabtu (1/8) lalu, di RS. M. Djamil, Padang. Dihadiri langsung oleh Gubernur, pihak Dinkes provinsi, M. Djamil, Danrem, Kapolda, GM Pelindo, Padang, dan segenap masyarakat.


Pelaksanaan program didukung oleh Persatuan Alumni Adabiyah, IASMA SMAN 1 Landbouw dalam pelaksanaan screening pada Jumat (31/7) untuk screening perdana Padang dan Bukittinggi.


Sedangkan Untuk sosialisasi, kegiatan bakti sosial ini dibantu oleh PKPU, IKADI, KNPI, dan Pemuda Pancamarga.


Pada pelaksanaan operasi perdana ini menghimpun sebanyak 67 pasien yang lolos screening, dengan tambahan dua pasien yang mendaftar.


Pembukaan operasi ini diawali dalam acara resmi di halaman RS. M.Djamil dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Pihak pelaksana agenda, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo).


"Terimakasih kepada Dompet Dhuafa Singgalang yang menjadi mitra dalam penyebaran informasi dalam agenda tahunan menyambut bulan kemerdekaan ini. Semoga masyarakat dapat terbantu lewat operasi ini dan dapat melihat kemajuan Sumatera Barat dan terberantas dari kebutaan," tutur ketua Perdami, dr Heksan dalam sambutan pembukaan.


GM PT. PELINDO, Mulyadi, turut memaparkan bentuk konsistensinya agar senantia berkontribusi dalam agenda bakti sosial demi terciptanya masyarakat yang sejahtera.


Dalam sambutannya, Gubernur mengimbuhkan harapan agar agenda ini dapat terlaksana secara berkelanjutan dengan atau tanpa perlu menunggu agenda bakti sosial. Kesehatan merupakan bagian agenda pemerintah. Itulah fungsi diadakan BPJS dan sejenisnya. Mengingat pertumbuhan katarak yang meningkat setiap tahunnya.


"Sekitar 51% masyarakat tidak tahu penyebab kebutaan akibat katarak dapat disembuhkan. 11% takut, dan sisanya faktor biaya. Perlu adanya gerakan secara masiv dari masyarakat untuk mengantisipasi pertumbuhan katarak yang lebih besar dari upaya penyembuhan ini agar optimal," pungkas beliau.


Peresmian ditutup dengan foto bersama dan pelaksanaan operasi untuk pasien yang menghadiri peresmian.


"Alhamdulillah, DDS senantiasa dipercaya masyarakat dan mitra dalam agenda sosial yang sifatnya akbar seperti baksos kesehatan dan sosial. Semoga kami senantiasa dapat menjaga kepercayaan mitra dan masyarakat lewat peningkatan mutu dan pengabdian kami," tutup Branch Manager DDS, Musfi Yendra. (nisa)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Angkat Budaya Kuliner Nusantara, Padang Helat KulineRun 2017

Angkat Budaya Kuliner Nusantara, Padang Helat KulineRun 2017

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat memiliki agenda baru untuk menarik wisatawan. Kali ini melalui "Padang...

Daurah Tahfidzul Quran Dibubarkan Paksa di Jepara, Ini Kata Ketum PP Muhammadiyah

Daurah Tahfidzul Quran Dibubarkan Paksa di Jepara, Ini Kata Ketum PP Muhammadiyah

YOGYAKARTA – Terkait aksi pembubaran Daurah Tahfidzul Quran di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah oleh...

Liga 1: Prediksi Semen Padang FC vs Bhayangkara FC

Liga 1: Prediksi Semen Padang FC vs Bhayangkara FC

BOLA - Kabau Sirah Semen Padang FC mencoba menghentikan sang pemuncak klasemen Bhayangkara FC dalam lanjutan Kompetisi...

Kantor Operasional Go-Jek di Bukittinggi Resmi Ditutup

Kantor Operasional Go-Jek di Bukittinggi Resmi Ditutup

BUKITTINGGI - Melalui instruksi yang disampaikan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias ketika menerima ratusan supir...

Aduh, Mahasiswa Padang Panjang Ini Ditangkap Polisi Karena Edarkan Uang Palsu

Aduh, Mahasiswa Padang Panjang Ini Ditangkap Polisi Karena Edarkan Uang Palsu

PADANG PANJANG - Satreskrim Polesta Padang Panjang membekuk satu pengedar uang palsu di Bukittinggi Selasa (12/9/2017)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu