minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Sosial

Berkurbanlah, Seolah ini Kurban Terakhir Kita

Jumat, 14 Agustus 2015 - 20:04:46 WIB - 1187
Berkurbanlah, Seolah ini Kurban Terakhir Kita

Padang, Minangkabaunews - Andai ini terakhirku, akankah kurbanku memberi manfaat? Akankah kurbanku akan terlaksana di tempat yang tepat?

Akankah aku bisa berbagi di Idul Adha bersama mereka yang benar-benar ingin menikmati perayaan Idul Adha dengan sukacita?

Ibadah kurban merupakan wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Dalam Surah Al Hajj ayat 34-35, Allah SWT berfirman "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang tela direzekikan Allah kepada mereka."

Di dalam ibadah kurban sangat identik dengan tanda syukur dan keshalehan horizontal, serta tersimpan pesan untuk membatasi diri untuk tidak terlalu mencintai harta yang dimiliki. Sehingga umat Islam terus mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai pencurah rizqi. Kesadaran berkurban menjadi momentum bagi yang mampu untuk lebih peduli kepada sesama dan menjadi gerakan kesadaran sosial nan nyata. Tentu berkurban untuk berbagi menjadi kebaikan yang berlipat dalam mewujudkan nikmat peduli dan berbagi rasa di kalangan umat Islam ke seluruh penjuru negeri.

Dompet Dhuafa Singgalang ingin menghimbau masyarakat untuk mendukung gerakan Tebar Hewan Kurban (THK) ke pelosok Nagari. Dompet Dhuafa Singgalang pada Senin (10/8) telah mengadakan rapat evaluasi target daerah yang akan menjadi titik-titik penyebaran kurban.

"Untuk Idul Adha 1436 H, kami telah menargetkan sebanyak 13 kabupaten/kota untuk daerah sebaran kurban. Dalam pelaksanaannya kami menyisir untuk pelaksanaan di 44 titik-titik daerah pelosok di kabupaten/kota tersebut untuk pelaksanaannya," tutur Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra.

Mengingat Idul Adha 1432 H lalu, Dompet Dhuafa Singgalang memiliki pengalaman kurban yang mengharukan. Ketika tim menyisir salah satu daerah di Pasaman Timur. Daerah pelosok yang memerlukan jarak tempuh 5 KM menyusuri jalan setapak yang tak bisa dilalui oleh kendaraan.

"Saat itu, penduduk mengaku telah 11 tahun di daerah mereka tidak melaksanakan Kurban, Dompet Dhuafa Singgalang-lah lembaga pertama yang turun tangan untuk memutus rantai kekosongan ibadah kurban, yakni daerah Timbo Abu," tutur Ketua THK 1436 H, Fera Marleni.

Dari pengalaman-pengalaman kurban tersebut Dompet Dhuafa Singgalang ingin memarakkan agenda Tebar Hewan Kurban ke Pelosok Nagari, agar kurban tak menumpuk di kota. Agar kurban tak hanya dirasakan masyarakat yang telah biasa menikmati daging kurban, agar mereka yang belum merasakan indahnya berbagi di Idul Adha juga dapat merasakan nikmatnya.

Berkurbanlah dan berbagi untuk mereka, seolah ini kurban terakhir kita. Dengan menghadirkan kurban terbaik, kita tebar persaudaraan. (nisa)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: padang,sosial

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kisruh Bupati dan Wakilnya, Pelayanan Publik di 50 Kota Buruk, Ombudsman Turun Tangan

Kisruh Bupati dan Wakilnya, Pelayanan Publik di 50 Kota Buruk, Ombudsman Turun Tangan

LIMAPULUH KOTA - Ombudsman RI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menurunkan tim ke Kabupaten Limapuluh Kota. Hal itu...

Kembali Dikerjakan, Jalan By Pass Padang Tuntas Sebelum 2018

Kembali Dikerjakan, Jalan By Pass Padang Tuntas Sebelum 2018

PADANG - Pemerintah Kota Padang kembali mengawal pelaksanaan pembangunan jalan Padang By Pass yang terbengkalai di 11...

Diduga Tak Kuat Mendaki, Truk Bermuatan Semen Masuk Jurang di Padang Panjang

Diduga Tak Kuat Mendaki, Truk Bermuatan Semen Masuk Jurang di Padang Panjang

PADANG PANJANG - Tak sanggup naiki tanjakan, satu unit truk pengangkut semen masuk jurang, tepatnya di jalan umum...

Pebalap Inggris Juara Etape II Tour de Singkarak 2017

Pebalap Inggris Juara Etape II Tour de Singkarak 2017

SAWAHLUNTO - Daniel Whitehouse, pebalap sepeda asal Inggris berhasil menjadi yang tercepat pada etape II Tour de...

Genius Umar: Saya Memiliki Ikatan Sejarah dengan PBB

Genius Umar: Saya Memiliki Ikatan Sejarah dengan PBB

PARIAMAN - Genius Umar yang merupakan Wakil Walikota Pariaman dan rombongan menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu