minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Ekonomi

Sensus Ekonomi Padang Pariaman 2016, Petugas Harus Bekerja Ikhlas dan Profesional

Sabtu, 19 Maret 2016 - 15:14:25 WIB - 864
Sensus Ekonomi Padang Pariaman 2016, Petugas Harus Bekerja Ikhlas dan Profesional

PADANG PARIAMAN - Memenuhi amanat amanat Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dilakukan Sensus Ekonomi (SE) yang dimotori oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang menghasilkan data yang sangat penting bagi proses pembangunan bangsa. Data yang dihasilkan dari SE 2016 ini sangat penting dan bermanfaat bukan hanya bagi pemerintah atau pelaku usaha, tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat.


"Mulai hari ini hingga enam minggu ke depan, rangkaian kegiatan Sensus Ekonomi (SE) 2016 memasuki tahap paling penting, yaitu pencacahan lapangan," kata Bupati Ali Mukhni pada apel siaga petugas SE di Halaman Kantor Bupati di Parit Malintang, Jumat (18/3).


Sensus Ekonomi, ujarnya, menghasilkan data yang sangat penting bagi proses pembangunan bangsa dan bermanfaat bagi Pemerintah atau pelaku usaha dan seluruh lapisan masyarakat.


Satu hal yang perlu disadari, pelaksana SE 2016 memang BPS, tetapi tanggung jawab untuk menyukseskannya bukan hanya milik BPS, tetapi juga seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, meskipun petugas lapangan SE 2016 nanti akan dibantu oleh mitra statistik diminta para petugas, tetap dapat menghayati nilai-nilai inti BPS yakni bekerja secara profesional, berintegritas dan amanah sehingga mereka menjadi petugas-petugas yang tangguh, jujur, profesional dan bertanggung jawab dalam menghasilkan data berkualitas.


"Jadi bekerja dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Jangan ada manipulasi data," kata Bupati.


Ia memuji kinerja Kepala BPS Padangpariaman yang sering memberikan masukan kepada Pemerintah dan DPRD terhadap strategi memacu tingkat Pertumbuhan Ekonomi (PE) untuk kesejahteraan masyarakat. Apalagi dalam satu dasawarsa, tingkat PE Padang Pariaman meningkat pesat walaupun sudah terkena gempa dahsyat 2009 yang lalu.


"Bupati dan DPRD apresiasi Pak Mukhlis yang sangat berperan dalam memberikan masukkan dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Kita sangat berterima kasih," kata Peraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2015 itu.


Menindaklanjuti masukan Bupati, Kepala BPS Padangpariaman Mukhlis menghimbau seluruh petugas SE 2016 harus memberikan data yang sebenarnya. Dan yang paling penting adalah mampu meyakinkan bahwa data yang diberikan dijamin kerahasiaannya oleh Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997.


Apel siaga, kata Mukhlis, menjadi momentum untuk membangkitkan awareness dan membangun semangat seluruh jajaran BPS dan bangsa Indonesia bahwa mulai saat ini harus berjalan dalam satu irama, satu pikir, dan satu tujuan untuk menyukseskan SE 2016.


SE 2016 adalah kegiatan massif karena mencakup semua lapangan usaha, seluruh skala (kecuali sektor pertanian) yang diperkirakan mencapai 24 juta usaha/perusahaan dan akan melibatkan 340 ribuan petugas yang direkrut berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan.


"Selamat bekerja berbuat yang terbaik untuk daerah Padang Pariaman," kata Mukhlis.


Apel siaga SE 2016 juga dihadiri Sekda Jonpriadi, Kepala DPPKA Hanibal, Kepala BPBD Amiruddin, Kasat Pol PP Taufik dan Kabag Humas Hendra Aswara. (Humas/Warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Warman
Tag: ekonomi,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Promosikan Pariwisata Sumbar, DPD ASPPI Tabuh Minangkabau Travel Mart ke-3

Promosikan Pariwisata Sumbar, DPD ASPPI Tabuh Minangkabau Travel Mart ke-3

BUKITTINGGI - Guna mempromosikan destinasi wisata Sumatera Barat agar memiliki branding yang kuat baik dalam skala...

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

LIFESTYLE - Dengan perkembangan teknologi saat ini, kesempatan kerja semakin luas tercipta. Tak perlu menunggu lowongan...

Dua Proyek Besar di Tanah Datar  Dalam Pantauan Tim Kejaksaan Negeri

Dua Proyek Besar di Tanah Datar Dalam Pantauan Tim Kejaksaan Negeri

TANAH DATAR - Kamis (12/10/2017) Team TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) Kejaksaan...

Festival Pekan Seni Nan Tumpah 2017 Catat Rekor Penonton Terbanyak

Festival Pekan Seni Nan Tumpah 2017 Catat Rekor Penonton Terbanyak

PADANG - Ajang festival dua tahunan Pekan Seni Nan Tumpah 2017 telah resmi ditutup pada Jumat (29/9) malam, ditandai...

Komnas HAM RI Manager Nasution Gelar Kunjungan ke Kantor PWM Sumbar, Ini Kata Buya Shofwan Karim

Komnas HAM RI Manager Nasution Gelar Kunjungan ke Kantor PWM Sumbar, Ini Kata Buya Shofwan Karim

PADANG - MPK PW Muhammadiyah Sumbar menggelar silaturahim dan diskusi bersama puluhan AMM Sumbar dengan menghadirkan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu