minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Minangkabau

Wawako Padang : Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau, Peran Bundo Kanduang Sangat Penting

Jumat, 01 April 2016 - 07:23:32 WIB - 1107
Wawako Padang : Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau, Peran Bundo Kanduang Sangat Penting

PADANG - Bundo Kanduang adalah sebuah organisasi yang terdiri dari kaum ibu yang diakui keberadaan dan peranannya di daerah Minangkabau. Untuk itu, organisasi yang berdampingan dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) ini, harus mampu melestarikan dan mewarisi nilai-nilai adat dan budaya minangkabau khususnya di Kota Padang.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi, sewaktu membuka kegiatan pembekalan bagi Pengurus Bundo Kanduang kelurahan dan kecamatan se Kota Padang, yang bertempat di Gedung Genta Budaya Padang, Kamis (31/3).

"Bundo Kanduang ibarat ibu yang sejati dan sekaligus pemimpin. Di dalam adat dan budaya minangkabau, ia harus memiliki sifat-sifat teladan dan senantiasa memberikan contoh yang baik khususnya bagi kalangan anak-anak dan lingkungannya," sebut Wawako.|

Wawako melanjutkan, ia berharap pembekalan tersebut memberikan penguatan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Bundo Kanduang yang ada di Kota Padang. Ini mengingat, Bundo Kanduang memiliki peran yang sangat sentral terutama bagi kalangan generasi muda agar tidak mudah terbawa arus pergaulan dan perbuatan yang negatif.

"Oleh karena itu, mari kita awasi anak-anak kita bagaimana pergaulannya, tutur katanya, cara berpakaian dan semua tindak-tanduknya. Semoga dalam hal ini para Bundo Kanduang akan memiliki persepsi dan tekad yang sama demi menjadikan masyarakat kita yang beradat, berbudaya dan beragama. Sesuai prinsip kita di minangkabau, adat basandi syara, syara basandi kitabullah," tukasnya.

Sementara Ny Harneli Mahyeldi selaku Penasehat Bundo Kanduang Kota Padang mengatakan peran Bundo Kanduang sangatlah penting dalam memberikan contoh yang benar terkait pemahaman adat dan budaya di tengah-tengah masyarakat.

"Seperti bagi para pengurus Bundo Kanduang kita yang ada di kelurahan dan kecamatan, kita menginginkan agar mereka bisa mengontrol dan mengarahkan anak-anaknya, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Bagaimana agar bisa baik berpakaian, berbicara dan bersikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari," sebut Harneli.

Harneli menuturkan, semoga pembekalan kali ini, juga akan menjadikan Bundo Kanduang semakin dapat berperan aktif. Diantaranya menyelesaikan permasalahan adat dan budaya di tengah-tengah masyarakat.

"Contohnya seperti ada tetangga kita yang mengundang untuk acara baralek dengan memberikan gula-gula padahal dalam adat menganjurkan untuk itu menggunakan sirih. Jadi di sanalah peran Bundo Kanduang memberi tahunya, bahwa dalam adat tidak membenarkan hal demikian. Semoga kita senantiasa melestarikan dan menghidupkan adat dan budaya minangkabau. Kalau bukan kita yang melestarikannya siapa lagi," ujar istri Walikota Padang tersebut bersemangat.

Setelah itu Sekretaris Bundo Kanduang Kota Padang, Maiyulita menyebutkan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan penguatan bagi pengurus Bundo Kanduang yang ada di kelurahan dan kecamatan se Kota Padang. Selaku nara sumbernya didatangkan dari Perguruan Tinggi, Praktisi Adat dan Budaya, serta dari Lembaga adat atau agama.

"Jadi Bundo Kanduang saat ini bukan saja hanya terdaftar sebagai pengurus, tetapi harus mengetahui fungsi dan posisinya di tengah masyarakat. Untuk itu semoga para Bundo Kanduang bisa selalu tampil dan mengawal setiap yang berkenaan dengan masalah adat dan budaya. Kemudian juga mampu dalam mengembalikan pola kehidupan masyarakat yang sesuai dengan tatanan adat dan budaya minangkabau," jelasnya. (David /Bustam/Faisal)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Duathlon Pelajar di Pantai Kata, Atlet Pariaman Mendominasi Gelar Juara

Duathlon Pelajar di Pantai Kata, Atlet Pariaman Mendominasi Gelar Juara

PARIAMAN - Rangkaian perhelatan Pariaman Triathlon 2017, yang dilaksanakan dari Sabtu (2/12) resmi ditutup oleh...

Seorang Kakek di Pasaman Hilang di Kebun, Puluhan Warga dan BPBD Dikerahkan untuk Pencarian

Seorang Kakek di Pasaman Hilang di Kebun, Puluhan Warga dan BPBD Dikerahkan untuk Pencarian

PASAMAN - Seorang warga Sukri (60) Kampung Teluk Embun Jorong Bandar Mas, Nagari Cubadak, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten...

PMI Bukittinggi Jadi Terbaik Pertama pada Muskerprov PMI Sumbar 2017

PMI Bukittinggi Jadi Terbaik Pertama pada Muskerprov PMI Sumbar 2017

BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi meraih prestasi yang gemilang di tahun 2017 saat dinobatkan...

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

LIPUTAN KHUSUS PAYAKUMBUH - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki potensi kawasan pariwisata yang baik, hal ini dapat...

Kini, Walikota dan Ketua DPRD Payakumbuh Bergelar Pandeka

Kini, Walikota dan Ketua DPRD Payakumbuh Bergelar Pandeka

PAYAKUMBUH - Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau menganugerahkan Gala Pandeka di Festival Silek se-Luak Limopuluah...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media