minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Teknologi

Peretasan Akun BBM Meresahkan Masyarakat, Ini Penjelasan Pakar IT untuk Menghindarinya

Jumat, 22 April 2016 - 19:22:00 WIB - 2719
Peretasan Akun BBM Meresahkan Masyarakat, Ini Penjelasan Pakar IT untuk Menghindarinya

PADANG - Para pengguna smartphone harus lebih berhati-hari, maraknya pembajakan berbagai aplikasi pribadi anda seperti Blackberry masenger, Facebook, Email dan data pribadi anda lainnya akhir-akhir ini oleh para penjahat IT sangat meresahkan masyarakat.


Ketika akun pribadi anda di jebol oleh penjahat ini, lalu mereka gunakan untuk menipu teman atau kontak yang ada dalam aplikasi tersebut, seperti bujukan meminjam uang ataupun untuk hal hal lain.


Baru baru ini di Padang, Sumatera Barat seorang ibu rumah tangga bernama Dewi Anggraeni (40 th) pagi-pagi ketika baru bangun tidur tersentak, pasalnya beberapa temannya menelpon mempertanyakan tentang pesan bbm yang ia kirim melalui akun bbmnya.


Karena teman kontak bbmnya terkejut dengan isi bbm yang ia kirim. Di sana dinyatakan bahwa Dewi ingin meminjam uang kepada hampir semua teman kontak bbmya, dengan kisaran 3 sampai 5 juta untuk membayar arisan.


Kejadian meminjam uang ini dilakukan oleh pembajak akun BBM Dewi tersebut saat kisaran pukul 23.00 sampai pagi dinihari.


Namun teman2 ibu Dewi ini heran karena no rekening untuk mentransfer pinjaman tersebut atas nama orang lain.


Begini sekilas percakapan antara pembajak dengan teman ibu Dewi


Pembajak : "Iko nomor rekeningnya say.. 1050011991829 a/n viona Bank Mandiri", "Kalau alah tolong kirim bukti trf Nyo yo say"


Rika : "Viona ko sia say"


Pembajak :"itu rekening kawan arisan wi tu mah say"


Yang sebelum terjalin percapakan di atas telah terjadi chat tentang keinginan pembajak ini meminjam uang kepada Rika.


Merasa curiga teman Dewi yang bernama Rika ini bertanya tentang isi chat mereka kepada Dewi via telepon. Ternyata setelah di telpon oleh Rika Dewi mengaku bahwa dari pagi hari ia telah menerima telepon sekitar 50 orang temannya yang mempertanyakan hal yang sama.


Rika kepada minangkabaunews.com menjelaskan bahwa dia menjadi heran tentang percakapan temannya Dewi tersebut di pagi hari sekitar pukul 06.18 pagi, jumat 22 April ini, karena dia tahu selama ini Dewi yang ia kenal tidak pernah kekurangan dalam segi materi, kemudian tiba tiba meminjam uang yang menurut pengakuan Rika bagi Dewi uang sebesar 3 jutaan tersebut hal yang sepele bagi Dewi.


"Ngg mungkin Dewi minjam uang ke saya, lah wong dia mondar mandir keluar negeri kok," celoteh Rika.


"Makanya setelah menerima pesan bbm dari akun Dewi saya langsung menelponnya untuk menanyakan hal tersebut," sambung Rika.


Ketika diketahui selama ini akun FB yang bisa di jebol ternyata BBM pun yang hanya memiliki 1 no Pin pun bisa di retas/bajak oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab.


Dosen salah satu Universitas Negri di Sumbar Edri Yunizal,S.kom, MT yang menamatkan gelar S-2 nya di ITB (Institut Teknologi Bandung) ini yang juga pakar IT, mengatakan bahwa hal ini bisa saja terjadi.


"Aplikasi aplikasi pribadi anda seperti BBM, facebook, email dan akun lainnya bisa saja di retas (bajak) oleh pihak tak bertanggung jawab." Ucap Edri kepada MinangkabauNews.com.


Edri menjelaskan bahwa kemungkinan besar proses (retas) pembajakan akun pribadi seseorang dikarenakan pemakai mengunakan akses Publik seperti jaringan Wi-fi yang banyak di sediakan seperti di cafe-cafe atau pun perkantoran.


"Pengunaan wifi yang secara bebas oleh pengguna smartphone, membuka peluang data yang ada dalam smartphone pemilik bisa di bajak pihak pihak yang mengunakan untuk kepentingan kejahatan, kemungkinan bisa terjadi pertama wi-fi tersebut telah di pasang semacam software yang dapat mencuri data-data pribadi si pemilik smartphone ketika mengunakan fasilitas Wi-fi tersebut, dan yang kedua jaringan wi-fi yang di sediakan pemilik jaringan wi-fi telah di retas oleh pembajak tanpa sepengetahuan pemilik Wi-fi sehingga siapapun yang mengunakan akses wi-fi untuk fasilitas smartphonenya, data pemilik smartphone yang bersifat pribadi yang tersimpan didalamnya dibajak/di retas oleh para pembajak ini dan di dapat salah gunakan untuk mencari keuntungan pribadinya," terangnya.


Disampaikan Edri, Pengunaan wi-fi memang sangat mudah dan mempunyai kecepatan yang cukup tinggi untuk browsing ataupun bersosmed ria, namun penggunaannya mengenyampingkan keamanan pengguna smartphone atau PC.


Endri Yunizal menyampaikan kepada seluruh pengguna smartphone untuk menghindari akun pribadi kita di retas, maka sebaiknya gunakanlah jalur pribadi dengan paket data operator masing-masing dan berhati-hati menggunakan fasilitas wi-fi publik yang dipakai secara bersama-sama.


"Ada ribuan situs phising yang mengancam pengguna internet. Hal seperti ini sebenarnya bisa dicegah apabila pengguna tetap waspada akan modus kejahatan ini. Pastikan url atau alamat situs yang akan dituju itu benar dan bukan situs palsu yang dibuat menyerupai aslinya. Selain itu, jangan sembarang membuka tautan yang pada akhirnya mewajibkan pengguna untuk memasukkan email dan password, itu berbahaya," terangnya.


Pastikan kembali jika yang bersangkutan memang membutuhkan bantuan kita dengan menghubunginya melalui media komunikasi lain atau tanyakan hal yang pribadi sehingga bisa terverifikasi benar atau tidak itu adalah teman kita.


"Kejahatan phising ini tidak hanya mengincar akun Blackberry Messenger, banyak yang bisa diambil alih oleh pelaku seperti akun-akun media sosial lainnya misalnya Facebook, Twitter, bahkan akun internet banking. Salah satu cara pencegahan yang mudah adalah dengan rutin mengganti password setiap akun yang dimiliki setidaknya setiap 3 bulan sekali," tutupnya. (romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: hukum,kriminal,padang,sumatra-barat,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Liga 1: Prediksi Semen Padang FC vs Bhayangkara FC

Liga 1: Prediksi Semen Padang FC vs Bhayangkara FC

BOLA - Kabau Sirah Semen Padang FC mencoba menghentikan sang pemuncak klasemen Bhayangkara FC dalam lanjutan Kompetisi...

Ditengah Pro dan Kontra, Padang Keluarkan Surat Edaran Siswa Wajib Nonton Film G30S/PKI

Ditengah Pro dan Kontra, Padang Keluarkan Surat Edaran Siswa Wajib Nonton Film G30S/PKI

PADANG - Pemko Padang keluarkan surat edaran ajakan para siswa SD dan SMP di Padang, Sumatera Barat (Sumbar)...

Alat Deteksi Dini Gempa di Padang Rusak, Ini Kata DPRD

Alat Deteksi Dini Gempa di Padang Rusak, Ini Kata DPRD

PADANG - Sejumlah Anggota DPRD Padang meminta BPBD untuk mengechek satu persatu alat deteksi dini gempa yang rusak....

Nobar Massal Film G30SPKI, Ini Kata Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar

Nobar Massal Film G30SPKI, Ini Kata Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar

PADANG - Rencana penayangan film G30SPKI di markas TNI seluruh nusantara pada tanggal 30 September 2017 menuai beragam...

Warga Korban Banjir Bandang Solsel Keluhkan Pasokan Air PDAM Mati

Warga Korban Banjir Bandang Solsel Keluhkan Pasokan Air PDAM Mati

SOLOK SELATAN – Pasca banjir bandang yang melanda Solok selatan, masyarakat setempat mengeluhkan Terhentinya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu