minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Bisnis

INACRAFT 2016 dengan Ikon Minangkabau Resmi Ditutup, Transaksi Capai 120 Milyar

Minggu, 24 April 2016 - 22:35:20 WIB - 1048
INACRAFT 2016 dengan Ikon Minangkabau Resmi Ditutup, Transaksi Capai 120 Milyar

JAKARTA - Selama lima hari Sumatera Barat menjadi ikon INACRAFT Ke-18 2016. Pameran handicraft terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara ini terus dipadati pengunjung dimana provinsi Sumatera Barat adalah tuan rumah bagi INACRAFT yang ke-18. Acara yang langsung dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini menyajikan seminar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan forum bisnis hingga penganugerahan INACRAFT award yang lengkap dengan demo produk hingga seminar batik.

Kemeriahan terasa digerbang utama, area ikon Sumatera Barat. "Setiap stand memamerkan produk unggulan daerahnya masing-masing yang unik, kaya akan motif, dan mencerminkan kekhasan Minangkabau karena setiap daerah pasti berbeda-beda dan mereka selalu menampilkan adat dan produk yang berbeda" jelas Nevi Irwan Prayito tak ketinggalan juga, berbagai tarian khas Sumatera Barat yang kerap ditampilkan di main lobby sehingga para pengunjung dapat mengetahui budaya yang ada di Sumatera Barat lebih jauh.

Menurut Mediatama Binakreasi total pengunjung hingga hari terakhir diperkirakan 150.000 orang, sementara itu total transaksi retail sampai hari ke-4 mencapai lebih dari Rp.84,1 Milyar dan transaksi kontak dagang mencapai USD 6,2 Juta. Diperkirakan hingga hari terakhir jumlah tersebut akan mencapai Rp.120 Milyar di Jakarta Convention Center, Ahad, (24/4/2016).

INACRAFT selalu melahirkan talenta baru yang menampilkan produk yang inovatif dan unik

Kemeriahan juga tampak dalam penampilan fashion show dari karya Ade Listiani dengan Sulaman Kapalo Paniti dari Kota Pariaman, Yadirsyah Zunir dengan Sulaman benang emas dari Kabupaten Pasaman Barat, Novia Hertini dengan Tenun Halaban dengan Unggan Kabupaten Sijunjung, Mira Muraza dengan Songket Pandai Sikek, Andri Tanzil dengan Sulaman Bayang Batik Pesisir, dan Emi Avlin dengan Songket Sijunjung semakin memeriahkan acara pameran INACRAFT 2016.

Lengkap sudah kemeriahan acara INACRAFT 2016 dari hari pertama yang dihadiri langsung Jusuf Kalla hingga INACRAFT award belum lagi hadir nya 8 stan luar negeri yang menawarkan produk khas dari negaranya. Seperti Jepang yang menawarkan produk mineral jewelry, India yang menawarkan produk aksesoris yaitu kalung, gelang, cincin dan lainnya. Negara lainnya seperti Nepal, Pakistan, India, Jepang dan Iran. Di tahun depan Yogyakarta akan menjadi tuan rumah INACRAFT 2017 diharapkan lebih banyak lagi pengrajin yang ikut memeriahkan pameran terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara.

Selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno selalu bekerja sama dengan kabupaten/kota dalam upaya meningkatkan kualitas kerajinan di Sumatera Barat.Dalam membina dan membawa para peserta untuk ikut dalam pameran dan pelatihan tidak terlepas dari peran Dekranasda yang selalu berkordinasi dan membuka lahan untuk mereka dan membantu mengembangkan usahanya.

"Kami melakukan seleksi pada para peserta untuk meningkatkan kualitas produknya dan banyak lauching produk baru," jelas Sekretaris Jenderal BPP ASEPHI IR Soegiarto. Kami juga mengundang para pembeli luar negeri dan stan dari negara-negara seperti Jepang, Nepal, Singapura dll. Tahun ini aka menjadi tantangan dan juga peluang bagi pelaku usaha agar lebih siap menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016.

Sebelumnya Nevi berharap untuk kedepannya para pengrajin dapat meningkatkan kualitas produk unggulan daerahnya sehingga mampu bersaing dengan produk lainnya. Mereka juga harus menurunkan keahliannya kepada keluarga agar tetap terjaga kelestariannya. Pada hari kedua INACRAFT ini istri gubernur Sumatera Barat ini selalu mengikuti segala kesenian yang disuguhkan oleh daerah yang menjadi cirikhas mereka. Selain menarik minat pengunjung juga menjadi keistimewaan tersendiri disetiap harinya daerah pengunjung akan diberikan show kekhasan budaya yang ada di Sumatera Barat sehingga menjadi ajang promosi begitupun stand khusus kuliner seperti rendang, soto padang, dendeng dan sate dll.

Serta apresiasi atas 19 Kabupaten/kota yang ikut mendukung dan memeriahkan diacara INACRAFT tahun ini semoga lebih bagus lagi untuk kedepannya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bisnis,indonesia,nasional,padang,pemprov,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

 Besok, Ribuan Mahasiswa Muhammadiyah akan Turun Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

Besok, Ribuan Mahasiswa Muhammadiyah akan Turun Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

JAKARTA - Ribuan mahasiswa DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) akan menggelar demo dan longmarch dari Pusat Dakwah...

KPU Pariaman Lakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Tata Cara Calon dan Pencalonan Walikota 2018

KPU Pariaman Lakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Tata Cara Calon dan Pencalonan Walikota 2018

PARIAMAN - Komisioner Pemilihan Umum Kota Pariaman lakukan sosialisasi sekaligus penyuluhan bagi calon Walikota dan...

Dua Sekolah di Batusangkar Disegel, Gerbang Tertutup, Ratusan Murid Tak Dapat Masuk

Dua Sekolah di Batusangkar Disegel, Gerbang Tertutup, Ratusan Murid Tak Dapat Masuk

TANAH DATAR - Guru dan ratusan siswa SD 26 Baringin dan SMPN 2 Batusangkar, Tanah Datar, Sumbar sempat kebinggungan dan...

20 Orang PPK Kecamatan Dilantik,  Ini Pesan Ketua KPUD Pariaman

20 Orang PPK Kecamatan Dilantik, Ini Pesan Ketua KPUD Pariaman

PARIAMAN - 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Pariaman dilantik di Aula Kantor KPUD Pariaman, Sumatera Barat,...

Kafilah Kontingen Kota Bukittinggi Siap Bertarung di MTQ ke-37 Pariaman

Kafilah Kontingen Kota Bukittinggi Siap Bertarung di MTQ ke-37 Pariaman

BUKITTINGGI - Kafilah kontingen Kota Bukittinggi yang akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu