berita padang - berita sumbar
headline
home berita Kesehatan

Health Care Community Padang Gelar Layanan Home Visit ke Daerah Ampalu

Minggu, 08 Mei 2016 - 01:33:00 WIB - 683
Health Care Community Padang Gelar Layanan Home Visit ke Daerah Ampalu

PADANG -- Health Care Community (HCCom) menggelar Home Visit bergerak menuju rumah warga di daerah Ampalu Pegambiran, Padang, Ahad lalu.


Health Care Community (HCCom) terdiriatas 15 mahasiswa lintas prodi yang terdiri dari mahasiswa apoteker, mahasiswa kedokteran, mahasiswa keperawatan, serta mahasiswa kesehatan masyarakat


Permasalahan kesehatan yang dihadapi sampai saat ini cukup kompleks, karena upaya kesehatan belum dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu Health Care Community (HCCom) Peduli Kesehatan Masyarakat memberikan layanan Home Visit (Kunjungan Rumah) secara GRATIS kepada masyarakat dalam rangka pengembangan pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat Kota Padang.


Home visit merupakan layanan yang diberikan Health Care Community (HCCom) kepada masyarakat. Aktivitas yang dilakukan rutin setiap minggu ini, yaitu dengan berkunjung langsung dari rumah ke rumah. Layanan Home Visit Health Care Community (HCCom) adalah Cek Tekanan Darah dan Gula Darah, Edukasi dan Informasi kesehatan seperti PHBS, Penggunaan Obat, dan Pencegahan Penyakit. ketiga Pembagian Leaflet mengenai hipertensi. Dan keempat Membagikan kuesioner kesehatan.


Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di daerah Ampalu ini disambut antusias masyarakat. Mulanya HCCom menargetkan setiap tim, yang masing-masingnya beranggotakan mahasiswa lintas profesi, dapat melakukan kunjungan ke empat rumah warga.


Di lapangan didapatkan data pemeriksaan kesehatan sejumlah 30 warga Ampalu Pengambiran. Kegiatan ini akhirnya dibagi menjadi 2 jenis, home visit dan fokus pada satu stand yg dikunjungi warga. Antusias warga terlihat pada stand, berbondong-bondong masyarakat ingin memeriksakan kesehatannya baik cek tekanan darah, gula darah atau bahkan sekedar bertanya dan konsultasi tentang penyakit dan keluhan mereka belakangan ini.


Output kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui edukasi hipertensi, edukasi pencegahan hipertensi dan penyakit kardiovaskuler lainnya.


Melalui Health care community diharapkan mahasiswa lintas profesi dapat mulai mempraktekkan kerjasama antar tenaga kesehatan dan medis melalui kerjasama interprofesional sejak di bangku perkuliahan. (Doniapa)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kesehatan,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

OTT Lagi,  KPK Tangkap Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti,  Istri dan Kontraktor

OTT Lagi, KPK Tangkap Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, Istri dan Kontraktor

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Istri Gubernur Bengkulu Lily Martiani Maddari di rumah...

Masuki Kali ke-6, Pesantren Ramadhan Napi Lapaz II A yang Digelar Aisyiyah Sumbar Makin Mencerahkan

Masuki Kali ke-6, Pesantren Ramadhan Napi Lapaz II A yang Digelar Aisyiyah Sumbar Makin Mencerahkan

PADANG - Majelis Tabligh PW Aisyiyah Sumbar berkerjasama dengan Lapaz Klas II A Padang mengadakan pesantren Ramadhan...

Tim Ramadhan 1438 H Pemko Bukittinggi Kunjungi 45 Masjid

Tim Ramadhan 1438 H Pemko Bukittinggi Kunjungi 45 Masjid

BUKITTINGGI - Dalam rangka meningkatkan dan menjalin tali silaturahmi di bulan suci Ramadhan 1438 H / 2017 M antara...

69 Anak Dikhitan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar

69 Anak Dikhitan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar

PADANG - Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar berkerjasama dengan Klinik Pratama Ahmad Dahlan mengadakan khitanan...

Kasus Rumah Dinas Wako Padang Panjang Kembali Mengapung, Maria Mangkir Penuhi Panggilan Penyidik

Kasus Rumah Dinas Wako Padang Panjang Kembali Mengapung, Maria Mangkir Penuhi Panggilan Penyidik

PADANG PANJANG - Setelah beberapa waktu sempat jalan ditempat, namun kasus dugaan korupsi rumah dinas Walikota Padang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu