minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pendidikan

Hari Pertama UN, Wagub Sumbar Nasrul Abit Tinjau Dua SMP di Padang

Senin, 09 Mei 2016 - 22:29:59 WIB - 873
Hari Pertama UN, Wagub Sumbar Nasrul Abit Tinjau Dua SMP di Padang

PADANG -- Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengunjungi dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Padang di hari pertama Ujian Nasional (UN) pada Senin (9/5).


Dalam kunjungannya tersebut Anies mengunjungi dua sekolah, yakni SMP 1 Padang dan SMP 25 Padang.


Pantauan MinangkabauNews terlihat para siswa yang mengikuti UN tampak serius mengisi lembar jawaban ujian, dalam ruangan UN tidak diperbolehkan masuk selain pengawas UN, serta suasana di lingkungan sekolah harus hening untuk menjaga kosentrasi siswa. Untuk UN tingkat SMP/MTS di Sumbar diikuti 67.957 siswa SMP di 764 sekolah, 26.124 orang siswa MTS di 394 sekolah, dan 3.094 orang peserta paket B di 92 PKBM yang ada di Sumbar.


UN digelar selama empat hari yang dimulai dari hari Senin hingga Kamis, adapun mata pelajaran yang akan diujikan terdiri dari Bahasa Indonesia. Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam sehari ujian hanya satu mata pelajaran dengan rentang waktu dari jam 07.30 sampai 09.30 WIB.


Untuk ujian hari pertama UN tingkat SMP/MTS dari beberapa sekolah yang kita kunjungi dan laporan dari beberapa daerah di Sumbar berjalan baik, belum ada laporan terkait permasalahan pelaksanaan, sedangkan untuk atribut ujian seperti soal dan lembar jawaban semua lengkap belum ada informasi kekurangan, setiap siswa harus memiliki integritas dan tanggung jawab moral serta pribadi dalam rangka meningkatkan kualitasnya kedepan, kata Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit saat melakukan peninjauan UN.


"Kepada siswa dihimbau jangan terganggu dengan isu adanya kunci jawaban yang diberikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan diharapkan siswa percaya dengan kemampuan sendiri, sehingga dapat berkosentrasi dalam menjawab soal ujian dan nanti mendapatkan nilai yang terbaik yang penuh integritas dan memiliki kualitas," ujarnya.


Selain itu, untuk UNBK sendiri akan kita lakukan secara bertahap di Sumbar, untuk tingkat SMP/MTS UN berbasis komputer, terjadi peningkatan sekolah yang melaksanakan UN berbasis komputer dibandingkan tahun lalu, jika sebelumnya hanya satu sekolah di Padangpanjang, tahun ini ada 6 sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut yakni di SMP 2 Padangpanjang, SMP 2 Sawahlunto, SMP 1 Payakumbuh, SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, SMP 2 Sungai Pua, Agam, dan SMP 1 Tanjung Raya, Agam, kita berharap tahun depan seluruh sekolah sudah bisa komputerisasi, sehingga diperlukan sarana dan prasana yang memadai serta dana yang cukup besar untuk memenuhi hal tersebut dan akan kita lakukan secara bertahap.


Sementara itu Kepala Sekolah SMP 1 Padang Drs. Hakim mengatakan, SMP 1 Padang untuk ujian nasional tahun ini diikuti sebanyak 244 peserta yang terdiri dari 13 ruangan ujian, untuk pelaksanaan UN hari pertama di SMP 1 Padang belum ditemui beberapa kendala dalam pelaksanaan baik itu kekurangan soal dan jawaban. Dalam pengawasan ujian kita melakukan keliling keseluruh ruangan untuk memastikan tidak ada orang yang masuk selain pengawas ujian dan juga melakukan pengecekan ke beberapa ruangan lain seperti WC dan ruang yang tidak dipakai untuk ujian dalam upaya menjaga integritas ujian.


"Kita menerapkan sistem pengawasan ujian dengan tidak memperbolehkan ruangan ujian dimasuki terlebih dahulu oleh para siswa, karena ruangan yang dipakai untuk ujian hanya diperbolehkan dibuka setelah pengawas datang dan pengawas yang membuka ruangan serta memegang kunci ruangan untuk meminalisir terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UN," ujarnya.


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk di Sumbar telah dilakukan pada 6 sekolah SMP Negeri, SMPN 2 Padang Panjang, SMPN 1 Sawahlunto, SMPN 1 Payakumbuh, SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, SMP N 2 Sungai Pua Agam, dan SMPN 1 Tanjung Raya Agam.


Peserta UN SLTP saat ini, 97.175 peserta, dengan perincian total SMP/MTsN berjumlah 94.081 orang ditambah dengan paket B /Wustha 3.094 orang.

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

 Hotel Minang Jaya Gelar Grand Opening

Hotel Minang Jaya Gelar Grand Opening

PADANG PARIAMAN - Hotel Minang Jaya Syariah menggelar grand opening di Sungai Abang Lubuk Alung, Kabupaten Padang...

Banjir di Jorong Batahan Pasaman Barat, Ini Kata Netizen kepada Bupati

Banjir di Jorong Batahan Pasaman Barat, Ini Kata Netizen kepada Bupati

PASAMAN BARAT - Banjir yang menerjang pemukiman di Jorong Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat,...

Kenapa Catalonia Ingin Merdeka dari Spanyol? Ini Alasannya

Kenapa Catalonia Ingin Merdeka dari Spanyol? Ini Alasannya

INTERNASIONAL - Catalonia dulunya adalah wilayah independen di Semenanjung Iberia, kawasan termasuk Spanyol dan...

TNI Buka Akses Jalan Ampangan-Sikabu Kabu sejauh 800 Km

TNI Buka Akses Jalan Ampangan-Sikabu Kabu sejauh 800 Km

PAYAKUMBUH - TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) yang merupakan wujud bhakti TNI dalam memperbaiki sarana dan...

Ali Mukhni Jadi Keynote Speaker Regional Investment Forum di Padang

Ali Mukhni Jadi Keynote Speaker Regional Investment Forum di Padang

PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menjadi keynote speaker dalam event Regional Investment Forum yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu