berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pasaman

Mahasiswa KKN Unand Laksanakan Penyuluhan Kesehatan di Nagari Talu

Minggu, 03 Juli 2016 - 14:58:49 WIB - 523
Mahasiswa KKN Unand Laksanakan Penyuluhan Kesehatan di Nagari Talu

PASAMAN - Mahasiswa KKN Universitas Andalas melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bertempat di gedung Aula Pertemuan Kantor Camat Talamau, Kamis (30/6).


MMD berupa presentasi dan diskusi hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya di lima jorong Nagari Talu yaitu jorong merdeka, patomuan, tabek sirah, sungai janiah, dan perhimpunan.

SMD dilakukan dengan sampel sebanyak 100 Kepala Keluarga dengan menggunakan kuesioner yang berisikan permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat. Hasil SMD menunjukkan bahwa sanitasi dasar masyarakat meliputi jamban sehat, pengolahan sampah dan limbah rumah tangga, sumber air bersih, pemeliharaan hewan ternak, dan kebiasaan cuci tangan masih perlu dibenahi. MMD ini diangkatkan oleh mahasiswa KKN-PPM Unand Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat dengan dukungan dan partisipasi penuh dari pemerintah mulai dari tingkat kecamatan, nagari, puskesmas, serta masyarakat nagari talu.


Bapak Nizwardi Azkha SKM, MPPM, M.Pd, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM Nagari Talu mengaku kegiatan ini merupakan bentuk nyata pengabdian mahasiswa dalam membantu peningkatan derajat kesehatan masyarakat Talu.


"Kegiatan ini dapat menjadi refleksi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan guna terhindarnya dari berbagai penyakit. Hasil MMD juga bisa digunakan pemerintah untuk membuat kebijakan yang bertujuan mencegah penyakit berbasis lingkungan," ujar Nizwardi.

Kepala Puskesmas Nagari Talu dan Pemerintahan Nagari Talu membeanarkan fakta di lapangan bahwa kondisi kesehatan khususnya PHBS di rumah tangga yang masih kurang. Hal ini dikira berhubungan juga dengan tingkat pendidikan masyarakat yang dari hasil survey didapatkan mayoritas berpendidikan tamat sekolah dasar. Selain itu pekerjaan masyarakat yang didominasi bekerja sebagai petani juga menjadi hambatan terkait penggadaan jamban yang masih belum memenui kriteria jamban sehat.


Antusias masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi. Dimana pada saat diskusi terdapat banyak tanggapan, saran dan komentar serta harapan masyarakat demi kemaujuan nagari talu kedepannnya.


Acara MMD ini dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan dengan dua tema yaitu "Deteksi Dini Kanker Payudara" dengan pembicara Ade Suzanna Eka Putri SKM, M. Commhealth Sc. dan Kesehatan Lingkungan dan Teknik Pembuatan Pupuk Kompos" oleh Nizwardi Azkha SKM, MPPM, M.Pd, M.Si yang dilaksanakan pada dua tempat yang terpisah.


Penyuluhan deteksi dini kanker payudara bertempat di aula pertemuan kantor camat talamau, dihadiri oleh kepala puskesmas, bidan jorong, dan kader kesehatan. Kesehatan lingkungan dan teknik pembuatan pupuk kompos dilaksanakan di aula pertemuan kantor wali nagari talu, dihadiri oleh bapak kesra nagari talu, kepala jorong nagari talu, serta perwakilan ibu PKK di Kenagarian Talu.


Penyuluhan ini ditujukan untuk peningkatan kesadaran masyarakat khususnya wanita akan pentingnya preventif dalam upaya pencegahan kanker serta dapat menjadi promotor kesehatan bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya. Penyuluhan kesling dan teknik pembuatan kompos terlaksana karena melihat sebagian besar masyarakat talu bermata pencaharian sebagai petani dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan jerami. Harapannya masyarakat mengetahui alternatif lain pemanfaatan jerami serta dapat menjadi peluang usaha dan pemasukan bagi masyarakat di Nagari talu. (doni)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kesehatan,pasaman,pasaman-barat,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Pohon Tumbang Ganggu Akses di Silaing Bawah Padang Panjang Kembali Pulih

Pohon Tumbang Ganggu Akses di Silaing Bawah Padang Panjang Kembali Pulih

PADANG PANJANG - Curah hujan tinggi disertai angin kencang melanda sebagian Sumbar termasuk Kota Padang Padang, Jumat,...

Inilah Pidato Milad 107H/104M Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim

Inilah Pidato Milad 107H/104M Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim

PADANG- Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim berharap lembaganya akan senantiasa membawa pencerahan...

LSI : 60 Persen Warga DKI Jakarta tak Rela Dipimpin Ahok

LSI : 60 Persen Warga DKI Jakarta tak Rela Dipimpin Ahok

NASIONAL - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei dari tanggal 5 hingga 11 Januari 2016, terhadap Pilkada...

Peras Pengusaha Asal Sumbar, 3 Pegawai Dinas Kehutanan Riau Ditangkap Tim Saber Pungli

Peras Pengusaha Asal Sumbar, 3 Pegawai Dinas Kehutanan Riau Ditangkap Tim Saber Pungli

RIAU - Tiga pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Dinas Kehutanan provinsi Riau ditangkap Satuan Tugas Sapu...

34 Ruas Jalan di Padang Pariaman yang Bersumber dari DAK Tuntas Akhir 2016

34 Ruas Jalan di Padang Pariaman yang Bersumber dari DAK Tuntas Akhir 2016

PARIAMAN - Sebanyak 34 ruas jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) khusus tambahan sebesar 46 Milyar yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu