minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tokoh

Tidak Lagi Menjabat, H. Asman Yahya Tetap Eksis Mengabdi Bagi Masyarakatnya

Sabtu, 16 Juli 2016 - 11:42:59 WIB - 614
Tidak Lagi Menjabat, H. Asman Yahya Tetap Eksis Mengabdi Bagi Masyarakatnya

PARIAMAN -- Meskipun tidak disibukkan lagi sebagai pejabat daerah namun sosok pria kalem ini masih menyempatkan diri beraktifitas di tengah-tengah masyarakat, Asman demikian panggilan akrab nya. Sosok pria kelahiran Marunggi 50 silam tersebut banyak di kenal oleh masyarakat, meskipun memiliki wajah yang garang namun sikapnya yang santun, ramah dan penyayang sehingga ia dikenal oleh banyak orang.


7 tahun sudah Asman tidak berkiprah lagi di panggung politik, namun baginya jabatan yang pernah ia emban sebagai Ketua DPRD Kota Pariaman 2004-2009 bukanlah sesuatu yang harus di agungkan dan di banggakan, yang membuat ia serasa minder dan malu untuk kembali ketengah-tengah masyarakat.
"Menjadi berguna bagi orang lain," demikianlah motto hidup yang selalu dia emban sampai sekarang sehingga ia masih merupakan sosok panutan, bersahaja dan penuh kesederhanaan.


"Jabatan itu adalah amanah dari Allah yang harus kita pertanggung jawabkan kelak di hadapan Nya di akherat, jadi tidak ada yang perlu di banggakan di atas dunia ini, karena semuanya juga akan mati, dan ketika dikubur tidak ada yang bisa dibawa kecuali amal dan ibadah kita," ucapnya ketika di temui di sela-sela aktifitasnya sebagai tukang bangunan.


H. Asman Yahya di lahirkan di Desa Marunggi, tepatnya 11 Januari 1966 menamatkan pendidikan di SMA N1 Pariaman th 1986, kemudian ia melanjutkan kesalah satu Perguruan Tinggi ternama di Kota Padang yang ketika itu masih bernama IKIP fakultas FPOK angkatan 1986.


Selesai menamatkan pendidikan pada jurusan ilmu keolahragaan, Asman merantau ke Jakarta dan mengajar di salah satu sekolah di sana sebagai guru olahraga dan berkeluarga. "Menikah tahun 1994 kemudian pada th 1995 saya mulai mengajar di SMP IT Iqro Jakarta menjadi guru olahraga hingga th 2002. Kemudian balik lagi ke kampung halaman, dan memulai karir politik di salah satu partai islam yang ketika itu masih bernama PK (Partai Keadilan)," terang alumni SMA N1 Pariaman tersebut.


Memulai karir politik sebagai anggota DPRD pada tahun 2002-2004, ia adalah satu-satunya anggota legislatif yang berasal dari PK, ketika Kota Pariaman masih berumur 2 tahun. Berkat ke piawaiannya di dunia politik di tahun 2004-2009 Asman berhasil memboyong 2 orang kader PKS lainnya sebagai wakil rakyat, sekaligus mengantarkannya menjadi Ketua DPRD Kota Pariaman.


Ini merupakan salah satu prestasi pollitik yang ia capai ketika itu, menambah jumlah kursi di DPRD yang awalnya 1 kursi, memjadi 3 kursi. di tahun 2008 Asman juga mengikuti Diklat Lemhanas Tarpimda (Penataran Pimpinan Daerah).


Meskipun telah menjabat sebagai Ketua DPRD tidak lantas membuatnya terlena, berlatar belakang dari dunia pendidikan, membuat ia terus bergerak melakukan perubahan untuk generasi penerus agama dan bangsa, maka Asman mendirikan sebuah yayasan wakaf yang bergerak di bidang Pendidikan dan Sosial dengan nama Amanah Umat, dan berkembang menjadi SDIT dan SMPIT hingga saat ini.


Lama tidak berkiprah di dunia politik bukan berarti ia tidak berbuat lagi pada masyarakat, kini Asman lebih banyak memberikan contoh kepada umat melalui ceramah2 yang ia sampaikan di mesjid/mushalla, khatib shalat Jumat ataupun wirid majelis taklim dan siraman rohani di malam bulan Ramadhan.


Pada Pilkada 2008 ia aktif langsung terjun ke lapangan bersama relawan lainnya dari PKS dalam pemenangan pasangan Cawako-Cawawako- Mukhlis Rahman dan Helmi Darlis (MUDA) dan berhasil mengusung pasangan ini menjadi Walikota-Wakil Walikota Pariaman periode 2008-2013.


Meskipun pada saat itu ia merupakan salah satu kandidat terkuat dari internal kader PKS Pariaman, namun Asman dengan lapang dada menerima keputusan dari tingkat DPW PKS Sumbar untk memenagkan pasangan MUDA ketika itu.


"Untuk saat ini hanya itu yang bisa kita lakukan mengajak berbuat amal makruf nahi mungkar, sedangkan di waktu senggang, di isi dengan kegiatan sebagai tukang bangunan untuk menafkahi 5 orang anak yang masih butuh biaya dan pendidikan," tutup mantan ketua DPRD itu. (Warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang-pariaman,sumatra-barat,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hujan Deras Ekstrim Landa Bukittinggi, Pohon Tumbang dan Longsor di Beberapa Titik

Hujan Deras Ekstrim Landa Bukittinggi, Pohon Tumbang dan Longsor di Beberapa Titik

BUKITTINGGI - Hujan yang mengguyur Kota Bukittinggi mulai dari pukul 14.00 hingga 19.00 dengan intensitas sedang dan...

Pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman Terus Dikebut

Pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman Terus Dikebut

PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukhni berharap pembangunan Mesjid Raya Padang Pariaman berjalan dengan lancar sesuai...

Pariaman Galakkan Program Konsumsi Pangan Non-Beras

Pariaman Galakkan Program Konsumsi Pangan Non-Beras

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman secara langsung membuka pelaksanaan lomba cipta menu Beragam, Bergizi...

Satu Lagi Jemaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Dunia

Satu Lagi Jemaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Dunia

PADANG - Pasca puncak haji, Jemaah haji asal embarkasi Padang bertambah satu orang yang meninggal dunia. Berdasarkan...

Satu Unit Kedai Dilalap Si Jago Merah di 50 Kota, Nenek 65 Tahun Tewas Terbakar

Satu Unit Kedai Dilalap Si Jago Merah di 50 Kota, Nenek 65 Tahun Tewas Terbakar

LIMA PULUH KOTA - Satu unit toko harian di Jorong Batu Tanyuah, Nagari Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu