minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Konferensi Koperasi Internasional di Padang Resmi Ditabuh

Selasa, 26 Juli 2016 - 00:53:29 WIB - 631
Konferensi Koperasi Internasional di Padang Resmi Ditabuh

PADANG -- Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang berkejasama dengan yayasan Proklamator Bung Hatta mengadakan Konferensi Koperasi Internasional


Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi UKM Choirul Djamhari membuka secara resmi di Hotel Grand Inna Muara Padang, Senin, (25/07/2016) lalu. Dengan tema "Co-operative Business: Mapping Prosperity in the Economic Challenge".


Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengucapkan selamat datang kepada seluruh undangan dan berpesan jangan lupa jalan-jalan mengunjungi wisata yang ada.


Dalam sambutan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan dalam peringatan hari koperasi nasional kemarin, ternyata saat ini koperasi belum menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri, tentu kedepan kita ingin menjadikan koperasi sebagai tuan rumah artinya bagaimana kita mengajak masyarakat yang selama ini memiliki pengetahuan yang berbeda-beda tentang koperasi, mari kita satukan pengetahuan itu.


"Sampai hari ini nagari di Sumatera Barat baru mau membuat BUMD, karna nagari saat ini memiliki anggaran tersendiri artinya ada peluang masuknya koperasi, bagaimana BUMD yang dibentuk nagari menjadi koperasi, sehingga koperasi menjadi tumbuh dari bawah/dari setiap nagari yang ada", ucap Nasrul Abit.


Nasrul Abit menambahkan, kita harus kompak untuk menjadikan BUMD di nagari-nagari menjadi koperasi. Harapannya adalah di setiap 860 nagari di Sumatera Barat dapat tumbuh koperasi. Sehingga nagari dapat berlomba-lomba dalam percepatan pertumbuhan, pembangunan, pelayanan, meningkatkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ucap Wakil Gubernur Sumatera Barat.


Kadis Koperasi dan UMKM Kota Padang Yunisman menyebut, tujuan digelarnya Konferensi Koperasi Internasional untuk membangkitkan kembali koperasi di Tanah Air. Termasuk menggelorakan kembali semangat koperasi yang diusung Bapak Koperasi, Bung Hatta. "Kita ingin semangat Bung Hatta kembali menggema dari Padang ini ke seluruh daerah lain," ucapnya.


Yunisman merinci, pada hari pertama kegiatan tersebut digelar Bazaar yang diikuti seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat. Bazaar ini dilaksanakan di Museum Adityawarman. "Bazaar akan dibuka Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno," terangnya.


Sedangkan untuk kegiatan seminar akan dipusatkan di Grand Inna Muara Hotel di jalan Gereja. Seminar mendatangkan narasumber dari San Fransisco, Malaysia, Arab Saudi dan Singapura. "Pada 26 Julil dilakukan anjangsana ke Bukittinggi dengan napak tilas ke Istana Bung Hatta," terangnya.


Kegiatan ini nantinya diikuti di antaranya oleh Dekopinda, Gerakan Koperasi Indonesia, dan lainnya. Konferensi digelar atas kerjasama antara Pemko Padang, Pemprov Sumbar dan Universitas Bung Hatta.


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman juga menerangkan, konferensi tersebut merupakan langkah awal bagi dunia koperasi di Indonesia untuk kembali menggeliat dan sebagai poros utama dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.


Menurutnya, penyelenggaraan konferensi ini penting sebagai bagian dari upaya mengembalikan kejayaan koperasi yang saat ini telah tergerus oleh bisnis ekonomi konvensional. Saat ini, masyarakat berbelanja ke mal, cafe, dan minimarket dari pada ke koperasi.


"Dengan adanya konferensi ini, kami akan meminta kepada perwakilan dari Dinas Koperasi se-kabupaten/kota di Indonesia ini untuk bersama-sama mengubah pola pikir masyarakat yang biasa berbelanja di supermarket dan mal, untuk diarahkan ke koperasi," tutur Yunisman.


Ia menyampaikan, banyak keuntungan yang didapat jika berbelanja di koperasi dibandingkan dengan berbelanja di mal dan supermarket. Dari segi harga jauh lebih murah dengan kualitas yang sama daripada di mal dan supermarket. Selain itu, keuntungan yang didapat koperasi juga digunakan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Berbeda dengan mal dan supermarket yang keuntungannya hanya memperkaya pengusaha secara individu.


"Jika mau bergerak bersama-sama, pasti koperasi bisa eksis lagi seperti yang dilakukan oleh Bung Hatta dulu. Jangan memperkaya pengusaha saja. Berbelanjalah di koperasi jika ingin memakmurkan negeri ini," ujarnya.


Turut hadir Prof. Sri Edi Swasono beserta istri Prof. Meutia Farida Hatta Swasono, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit beserta Istri, Forkopimda Sumatera Barat/Kota Padang, Ketua Yayasan Proklamator Bung Hatta dari Jakarta Fahri Ahmad, Rektor Universitas Bung Hatta Nicky Lutviarman, Walikota Padang Mahyeldi beserta isteri, Bupati/Walikota se Sumatera Barat, SKPD terkait dilingkungan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, dan Delegasi dari Negara peserta konferensi seperti Arab Saudi, Australia, Thailan, Malaysia, India, dan Palestina. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bisnis,ekonomi,indonesia,internasional,nasional,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dendam Terbalas, Timnas Indonesia U-19 Sikat Thailand Tiga Gol Tanpa Balas

Dendam Terbalas, Timnas Indonesia U-19 Sikat Thailand Tiga Gol Tanpa Balas

BOLA - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 berhasil membungkam Thailand U-19 dengan skor telak 3-0, pada laga uji coba...

Presiden RI Joko Widodo Kembali Akan Kunjungi Ranah Minang

Presiden RI Joko Widodo Kembali Akan Kunjungi Ranah Minang

PADANG - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat pada...

Kemkominfo Akan Blokir Nomor HP yang Tak Teregistrasi dengan NIK KTP?

Kemkominfo Akan Blokir Nomor HP yang Tak Teregistrasi dengan NIK KTP?

NASIONAL - Pemerintah melalui Kementerian Kominfo (Kemkominfo) akan mewajibkan pemilik nomor telepon genggam prabayar...

Tujuh Tambang Galian C di Lima Puluh Kota Ditutup Satpol PP

Tujuh Tambang Galian C di Lima Puluh Kota Ditutup Satpol PP

LIMA PULUH KOTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lima Puluh Kota beserta...

Baru Dilantik, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dipolisikan Terkait Ucapan Pribumi

Baru Dilantik, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dipolisikan Terkait Ucapan Pribumi

NASIONAL - Beberapa orang dari Banteng Muda Indonesia DKI Jakarta melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu