minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Makan

Benarkah Tidak Ada Rumah Makan Padang di Sumbar? Ini Jawabannya

Jumat, 29 Juli 2016 - 06:37:04 WIB - 1654
Benarkah Tidak Ada Rumah Makan Padang di Sumbar? Ini Jawabannya

PADANG - Siapa yang tidak kenal dengan rumah makan padang? Rumah makan yang terkenal dengan gerai kacanya, berikut dengan piring yang bertumbuk-tumpuk tersusun rapi dan kemampuan pegawainya membawa 6 piring sekaligus dalam satu tangan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan rumah makan padang yang ada di daerah sekitar Anda.

Rumah makan khas Sumatera Barat mungkin bisa kita lewati di setiap jalanan di Jakarta. Dari mulai yang bentuknya sederhana sampai rumah makan padang yang mewah sekali. Namun apakah Anda bisa bayangkan, di Jakarta saja rumah makan padang menjamur, bagaimana di Padangnya sendiri?

"Karena kalau di luar daerah, mereka perlu penamaan, mereka itu makanan Padang. Tapi kalau yang sudah di dalam Sumatera Baratnya, mereka udah gak perlu penamaan, cukup merk saja," ujar Reno Andam Suri, penulis buku "Rendang Traveler" belum lama ini.

Di Sumatera Barat sendiri, Anda tidak akan menemukan rumah makan yang seperti ada di sini yang menyajikan berbagai macam masakan padang.

Reno menjelaskan, di daerah Sumatera Barat mereka menjual yang spesifik dari masakan padang yang ada di Jakarta. Rumah makan yang di Jakarta dan daerah-daerah selain Sumatera Barat hanya menyajikan makanan standard masakan Padang.

Seperti contohnya beberapa rumah makan di Sumatera Barat yang memiliki spesifikasi berikut ini: Mencari spesialis gulai, Anda bisa menuju ke daerah Bungus. Namun apabila tidak sempat ke daerah sana, Anda bisa mencoba restoran Lamun Ombak yang menjual spesialis gulai.

Mau mencoba ayam goreng? Anda bisa pergi ke restoran Pagi-Sore yang ada di daerah Pecinan. Lain lagi apabila mau mencoba Dendeng Baracik, Anda bisa ke daerah Solok.

"Karena daerah yang ada di Sumatera Barat jauh-jauh ya, jadi mereka punya macam spesifik dan gaya masing-masing," tutur Reno.

Untuk menunya sendiri, tidak terlalu banyak perbedaan yang bisa kita jumpai. Seperti gulai nangka yang biasanya di Jawa digunakan sebagai sayuran pelengkap, di Sumatera Barat bisa dijadikan lauk. Gulai Cubadak atau yang sering kita sebut gulai nangka memiliki beragam potongan dari mulai besar sampai kecil yang beragam fungsinya juga.

"Kalau di Sumatera Barat biasanya gulai ikan menggunakan ikan gambolo," ujar Nusyirwan, Antropolog dari Universitas Andalas.

Ikan gambolo merupakan ikan khas dari Sumatera Barat. Menurut Nusyirwan, memang jarang sekali rumah makan Padang di daerah Jakarta dan Jawa yang menjual ikan tersebut. Ikan yang sepanjang jari telunjuk itu memang cukup sulit ditemukan di daerah lain selain di daerah Sumatera Barat dan sekitarnya.

Apabila di daerah selain Sumatera Barat menggunakan ikan gurame atau kakap merah sebagai gulai ikan, Reno menyebutkan itu adalah keragaman. Keragaman masakan padang terbentuk dari kemampuan dari setiap daerah yang berbeda-beda. Akhirnya masakan padang diperkaya oleh daerah-daerah lain. (kp)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi/kompastravel
Tag: indonesia,makan,nasional,pariwisata,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Rancak Bana, Bule Norwegia Audun Kvitland Bikin Lagu Baru Tentang Minangkabau

Rancak Bana, Bule Norwegia Audun Kvitland Bikin Lagu Baru Tentang Minangkabau

VIDEO - Pesona Minangkabau mulai dari keindahan alamnya dan kulinernya menarik hati, Itulah yang mempesona bule...

Banjir Terjang Pasaman Barat, 17 Rumah Rusak, 1 Hanyut dan 160 KK Mengungsi

Banjir Terjang Pasaman Barat, 17 Rumah Rusak, 1 Hanyut dan 160 KK Mengungsi

PASAMAN BARAT - Banjir yang menerjang pemukiman di Jorong Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat,...

Gempa Darat 4,1 SR Goyang Agam Sumbar

Gempa Darat 4,1 SR Goyang Agam Sumbar

AGAM -- Gempa darat berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),...

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

PADANG - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hermina Padang di kawasan...

Inilah Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda

Inilah Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda

TEKNOLOGI - Di era kini, hampir semua orang membutuhkan internet. Untuk sebagian orang, internet dapat dikategorikan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu