berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pesisir Selatan

Mantap, Masyarakat Miskin di Pessel Terima Bantuan PKH Tahap II dan Dapat Tausiah

Selasa, 02 Agustus 2016 - 17:36:11 WIB - 602
Mantap, Masyarakat Miskin di Pessel Terima Bantuan PKH Tahap II dan Dapat Tausiah

PESSEL -- Kementerian Sosial RI melalui Pemerintah Kabupaten Pessel, Sumatera Barat, menyalurkan dana Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II Tahun 2016. Pembayaran bantuan PKH ini berbeda dari sebelumnya, karena penerima bantuan juga diberikan tausiah Ustad kondang Muhammadiyah, Hendri Novigator.


Penyaluran dana tersebut dilakukan Pendamping PKH Pesisir Selatan Muhayatul, SE di Aula pertemuan kantor Camat Bayang Utara, Pesisir Selatan, Kamis (28/7) lalu.


Pantauan di Kantor Camat Bayang Utara, Kamis, tampak ratusan warga yang termasuk dalam kelompok rumah tangga sangat miskin (RTSM) antri mengambil dana bantuan.


Penerima dana bantuan PKH itu adalah masyarakat yang dinilai layak dan memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan Lima Komponen Tujuan MDGs.


Pendamping PKH Pessel, Muhayatul menjelaskan PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.


Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDGs yang akan terbantu oleh PKH yaitu Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu Melahirkan


Secara umum pelaksanaan penyaluran dana PKH tahap kedua itu berjalan dengan baik, hal-hal yang tidak dinginkan dalam proses penyaluran dana PKH bisa dicegah karena masyarakat yang melakukan pengambilan di kantor pos dapat mengikuti petunjuk petugas dan mengikuti antrean dengan tertib, katanya.


Sementara salah seorang penerima dana PKH Linda mengatakan, dana bantuan PKH tahap kedua (periode April-Juni) 2016 itu diterimanya sebesar Rp635.000 dan akan dimanfaatkan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan hidup sehari-hari.


"Besarnya dana bantuan yang diterima keluarganya itu sesuai dengan persyaratan RTSM penerima PKH yakni memiliki ibu yang sedang hamil, memiliki anak balita atau anak usia sekolah," ujar Pendamping PKH Pessel Muhayatul yang juga Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini.


Camat IV Nagari bayang Utara, Asril Pitir menyampaikan kepada warganya yang menerima bantuan PKH, agar mempergunakan dana bantuan tunai ini dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang ada, jangan salah dalam menggunakan dana bantuan ini. mohon perhatikan gizi anak dan pendidikannya. Dan mengharapkan kepada semua warga agar ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan pemerintah baik itu di tingkat nagari maupun tingkat kecamatan.


"Program Keluarga Harapan berdampak positif dalam mengurangi masalah sosial seperti kurang gizi yang biasa dialami ibu hamil dan anak balita, serta menekan angka putus sekolah anak dari keluarga miskin," ujar


Dalam ceramahnya ustadz Hendri Novigator menyamapaikan pentingnya bersyukur atas nikmat yang berikan Allah dan tanamkan dalam hati niat untuk berubah dan keluar dari garis kemiskinan, karena yang bisa merubah nasib seseorang itu hanyalah orang itu sendiri bukan orang lain. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor, Bupati 50 Kota Ucapkan Terimakasih

Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor, Bupati 50 Kota Ucapkan Terimakasih

ADVERTORIAL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA - Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak...

Ini yang Dilakukan Walikota Padang Ketika Kumpulkan ASN Pukul Setengah Empat Pagi

Ini yang Dilakukan Walikota Padang Ketika Kumpulkan ASN Pukul Setengah Empat Pagi

PADANG - Seluruh ASN (PNS) Pemko Padang diwajibkan mengikuti program gerakan subuh berjamaah di Masjid Nurul Iman....

Inovasi Layanan Publik, Payakumbuh Hadirkan Klinik Berhenti Merokok

Inovasi Layanan Publik, Payakumbuh Hadirkan Klinik Berhenti Merokok

PAYAKUMBUH - Kemajuan sebuah pemerintahan sebagai aparat layanan masyarakat, salah satunya dapat diukur dengan lahirnya...

Minim Pemahaman Resiko Bencana, BPBD 50 Kota Lakukan Kegitan HKBN

Minim Pemahaman Resiko Bencana, BPBD 50 Kota Lakukan Kegitan HKBN

LIMA PULUH KOTA - Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) akan diselenggarakan secara serentak seluruh...

Peringati HKBN,  LPB-MDMC Purbalingga Gelar Simulasi Penanganan Bencana Alam

Peringati HKBN, LPB-MDMC Purbalingga Gelar Simulasi Penanganan Bencana Alam

PURBALINGGA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purbalingga menggelar simulasi penanganan dampak bencana...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu