berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pesisir Selatan

Jeffrie Geovanie Kembali Turun ke Daerah dan Dengarkan Keluhan Warga di Bayang Pessel

Kamis, 04 Agustus 2016 - 11:04:36 WIB - 369
Jeffrie Geovanie Kembali Turun ke Daerah dan Dengarkan Keluhan Warga di Bayang Pessel

PAINAN -- Jeffrie Geovanie kembali melakukan kunjungan kerja dan bersilaturahim bersama tokoh masyarakat, pemuda, dan petani di Kenagarian Kapeh Panji, Bayang, Pesisir Selatan, Rabu, (3/8/2016). Dalam kunjungan menjemput aspirasi tersebut masyarakat menyampaikan berbagai keluhan dan masukan dari masyarakat.


Dalam reses kali ini Jeffrie Geovanie yang di dampingi oleh Staf ahli JG, Benni Inayatullah, sengaja menjaring aspirasi masyarakat dengan turun langsung ke masyarakat agar bisa mendengar apa yang menjadi keluhan dan tanggapan warga tentang kebijakan serta pelayanan publik oleh pemerintah.


Jeffrie Geovanie berkunjung ke Kenagarian Kapeh Panji, Bayang, Pesisir Selatan. Dalam silaturahmi sekaligus menyampaikan aspirasi kepada anggota DPD RI tersebut Wali Nagari Kapeh Panji, Iswandi menyampaikan bahwa hal yang sangat mendesak dilakukan pemerintah adalah memperbarui data kependudukan untuk bantuan-bantuan sosial.


"Data kependudukan yang ada saat ini tidak dapat memenuhi raasa keadilan dimana banyak warga yang tidak mendapatkan bantuan social berupa KIS dan KIP padahal mereka dalam kondisi yang sangat membutuhkan," kata Iswandi.


"Sebaliknya ada juga warga yang berekonomi mampu namun masih mendapatkan bantuan sosial tersebut," lanjutnya.


Iswandi juga menyampaikan aspirasi agar pemerintah dapat membantu normalisasi sungai Batang Bayang yang saaat ini aliran sungainya mengancam pemukiman warga. "Jika terus meluap maka bisa mengancam perumahan di satu kampong sehingga kami mohon perhatian pemerintah dalam hal ini," kata Iswandi.


Menurut dia, dana desa sudah diterima tahun ini sebanyak 612 juta namun dana itu tidak bisa dipakai untuk normalisasi sungai karena masih digunakan bagi keperluan pemberdayaan masyarakaty desa lainnya.


Sementara itu tokoh pemuda, Kasman menyampaikan aspirasi mengenai perlunya bantuan kegiatan bagi pemuda yang masih menganggur. "Saat ini banyak pemuda tidak memiliki pekerjaan dan bisa dimanfaatkan dengan kegiatan yang menghasilkan seperti membuat lokasi ikan larangan di 3 sungai yang ada di Bayang sehingga dapat membantu perekonomian juga," kata Kasman.


"Namun kami kesulitan dalam mendapatkan bibit ikan unggul, mudah2mudahan DPD RI dan pemerintah mau membantu kami," lanjut Kasman.


Hal penting lain yang disampaikan warga adalah mengenai perlunya politisi memiliki aturan untuk dapat memenuhi janji-janji politik yang mereka disampaikan pada saat kampanye. Rata-rata semua janji politik tidak dipenuhi oleh anggota legislative maupun pejabat negara, karena itu perlu rasanya mekanisme penagihan janji politik ini baik dengan kontrak politik yang mengikat atau bisa juga dengan memberikan penghargaan ataupun sanksi bagi politisi yang abai akan janjinya," kata Retno pemuda Bayang.


Terkait Persoalan bantuan yang tidak tepat sasaran ini, Kata Jefrie Geovanie, bantuan tidak tepat sasaran bukan hanya terjadi di Bayang saja melainkan terjadi diseluruh Indonesia. Hal ini karena data kependudukan yang dipakai masih data sensus tahun 2010 sehingga kemungkinan terjadi perubahan status ekonomi sangat besar. "Hal ini menjadi masukan penting bagi pemerintah supaya data kependudukan terkait dengan bantuan sosial ini segera diperbarui dan dapat mencarikan cara supaya perbaruan data ini bisa dilakukan dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama seperti sekarang.


persoalan kedua, nrormalisasi batang bayang, Lanjut JG, normalisasi Batang Bayang adalah sebuah keniscayaan karena jika tidka dinormalisasi abjir akan terus terjadi, saya mendorong pemda segera mengajukan anggran normalisasi ke pmerintah pusat. "pemkab pessel diminta segra ajukan dana normalisasi, insyaallah akan kita dorong bersama-sama," katanya.


JG juga menambahkan "Sya tidak pandai berjanji, saya akan erus berbuat demi masyarakat, saya akan terus menjawab keluhan masyarakat dan menyelsaikan segala persolan yang dialami masyarakat," ujarnya.


Tambhanya, seluruh Masukan dan aspirasi dari warga Bayang ini menjadi catatan penting bagi saya dan akan disampaikan pada sidang di DPD supaya dapat diperjuangkan selaku senator dari Sumbar. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Penemuan Mayat Wanita Tanpa Identitas Dengan Bekas Tusukan Gegerkan Masyarakat Tanah Datar

Penemuan Mayat Wanita Tanpa Identitas Dengan Bekas Tusukan Gegerkan Masyarakat Tanah Datar

TANAH DATAR - Pada Kamis (05/01/2017) masyarakat di gegerkan dengan penemuan mayat seorang wanita tanpa idenitas di...

Bupati Padang Pariaman Lantik 30 Pejabat Eselon II.B

Bupati Padang Pariaman Lantik 30 Pejabat Eselon II.B

PADANG PARIAMAN - Setelah sempat dipertanyakan banyak kalangan, Bupati Ali Mukhni akhirnya mengambil sumpah jabatan dan...

Undangan Natal Bahasa Minang & Pakai Rumah Gadang Bikin Heboh, Netizen Ranah Minang Geram

Undangan Natal Bahasa Minang & Pakai Rumah Gadang Bikin Heboh, Netizen Ranah Minang Geram

PADANG - Adat Basandi Syarak Syarak Bersandi Kitabullah ternodai dengan undangan perayaan Natal dari GPDi Batam yang...

Jurnalis Asing Ini Sindir Panglima TNI dengan Sebutan Jenderal Paranoid

Jurnalis Asing Ini Sindir Panglima TNI dengan Sebutan Jenderal Paranoid

NASIONAL - Jurnalis dan penulis asal Selandia Baru John McBeth menyindir Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dengan...

Satpol PP Padang Sisir Jalan dari Lapai Hingga Plaza Andalas, Puluhan PKL Bandel Ditertibkan

Satpol PP Padang Sisir Jalan dari Lapai Hingga Plaza Andalas, Puluhan PKL Bandel Ditertibkan

PADANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang seakan tidak pernah bosan menegakkan Perda seperti...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu