berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pesisir Selatan

Peduli Nelayan, Tim Reses JG Sapa dan Tampung Aspirasi Masyarakat di Tarusan

Sabtu, 06 Agustus 2016 - 13:29:48 WIB - 227
Peduli Nelayan, Tim Reses JG Sapa dan Tampung Aspirasi Masyarakat di Tarusan

PAINAN -- Tim reses Jeffrie geovanie kembali turun menyapa masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan tepatnya di kantor wali Ampang Pulai Kecamatan Tarusan, Jumat, (5/8/2016). Di daerah yang penduduknya mayoritas berprofesi sebagai nelayan kecil ini Tim reses mengadakan diskusi ringan dalam rangka menjemput aspirasi yang dihadiri oleh berbagai lapaisan masyarakat.


Tokoh masyarakat atau tetua kampong Sahur mengatakan kondisi kehidupan masyarakat kecil di Ampang Pulai boleh dikatakan memprihatinkan karena kondisi perekonomian dirasa memburuk. Rata-rata nelayan hanyalah nelayan kecil yang memaki perahu kecil dengan mesin kecil sehingga jarak menangkap ikan tidak bisa jauh ke tengah laut. Dengan kondisi ikan yang jauh berkurang maka keterbatasan daerah penangkapan ikan membuat nelayan kesulitan mendapatkan ikan.


"Kondisi seperti ini memprihatinkan dan kami berharap ada uluran tangan pemerintah untuk memperbaiki kualitas hidup nelayan antara lain dengan membantu memperbaiki teknologi kepala yang kami miliki dengan memberikan banguan kapal dan mesin yang lebih besar," kata Sahur.


Di Ampang Pulai juga ada orang kaya yang memiliki kapal besar dan memiliki ABK dari pemuda sekitar. Namun meski dengan kapal besar yang bisa melaut ke lepas pantai namun juga terdapat kesulitan yakni belum mendapatkan izin penangkapan ikan dari pemerintah. "Izin ini sudah lama diurus namun menurut Pemda Pessel izin belum turun dari pusat," Dolli Putra pemuda setempat menjelaskan.


Sementara itu, kepala kampung Zulkifli menyampaikan masukan mengenai distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang saat ini masih belum merata dan belum tepat sasaran. "Masih banyak warga yang perlu mendapatkan KIS karena kondisi ekonomi merka yang tidak mampu. Sementara itu banyak juga warga yang lebih mampu masih menerima KIS, sebagai kepala kampong saya sudah menyampaikan hal ini ke tingkat lebih tinggi namun belum ada perbaikan," kata Zulkifli.


Masyarakat Ampang Pulai mengharapkan ada perbaikan perekonomian di kampong mereka. Aspirasi yang mereka sampaikan kepada Tim Jeffrie Geovani diharapkan dapat memperoleh hasil terutama mengenai aspirasi mendapatkan bantuan peningkatan kualitas dan teknologi penangkapan ikan. Tentu saja aspirasi masyarakat ini menjadi masukan berharga bagi JG untuk dapat diperjuangkan di Senayan nantinya.


Benni Innayatullah staf ahli Jeffrie Geovanie mengatakan seluruh masukan dan keluhan bapak, ibu dan saudara kita tampung dan akan disampaikan kepada JG untuk diindaklanjuti dalam kepasitas belaiu sesuai tupoksi JG selaku anggoat DPD RI Dapil Sumbar. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Penemuan Mayat Wanita Tanpa Identitas Dengan Bekas Tusukan Gegerkan Masyarakat Tanah Datar

Penemuan Mayat Wanita Tanpa Identitas Dengan Bekas Tusukan Gegerkan Masyarakat Tanah Datar

TANAH DATAR - Pada Kamis (05/01/2017) masyarakat di gegerkan dengan penemuan mayat seorang wanita tanpa idenitas di...

Lima Pemakai Narkoba Tanah Datar Digelandang ke Kandang Situmbin

Lima Pemakai Narkoba Tanah Datar Digelandang ke Kandang Situmbin

TANAH DATAR - Lima pemakai narkotika jenis sabu berhasil diamankan oleh jajaran satuan Unit anti narkotika Polres Tanah...

Inilah Agenda Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas di Sumbar

Inilah Agenda Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas di Sumbar

LIMAPULUH KOTA - Ketua PP Muhammadiyah Buya Yunahar lyas melakukan Lawatan ke ranah Minang selama lima hari...

Video Pria Cepak Teriak BEBASKAN AHOK!! Dikeroyok Massa GNPF MUI

Video Pria Cepak Teriak BEBASKAN AHOK!! Dikeroyok Massa GNPF MUI

VIDEO – Seorang pria berambut cepat tiba-tiba menjadi pusat perhatian. Dengan lantang dia teriak "BEBASKAN...

MDTA Darul Ulum Bukittinggi Siap Cetak Hafidz Quran

MDTA Darul Ulum Bukittinggi Siap Cetak Hafidz Quran

BUKITTINGGI - MDTA Darul Ulum Masjid Al-Falah Tembok, Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin, Koto Selayan,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu