minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Teknologi

Hari Ini Asep Sunandar Hiasi Google Doodle, Siapakah Dia Sebenarnya?

Sabtu, 03 September 2016 - 08:48:07 WIB - 617
Hari Ini Asep Sunandar Hiasi Google Doodle, Siapakah Dia Sebenarnya?

TEKONOLOGI -- Ki Asep Sunandar Sunarya hari ini, Sabtu(3/9/2016) menghiasi halaman utama mesin pencari Google. Google Doodle selalu memperingati hari lahir orang-orang penting yang melegenda dalam dunia. Lalu siapakah sosok Karl Landsteiner yang diperingati hari lahirnya oleh Google hari ini, simak selengkapnya ulasan berikut.


Sementara itu pada pencarian google nampak di atas panggung pewayangan dua tokoh Wayang Golek yaitu, Semar Badranaya dan Cepot dengan khas warna merah dan sarung menyelempang di bahunya. Kedua tokoh pewayangan ini nampak sedang berbincang satu sama lain.


Dalang Asep Sunandar Sunarya sendiri seniman Wayang Golek Jawa Barat kelahiran 3 September 1955. Semasa hidupnya almarhum telah banyak member sumbangsih seni budaya kepada sebagian besar masyarakat Jawa Barat. Almarhum wafat di Bandung, Jawa Barat pada 31 Maret 2014 di usianya yang ke-58 tahun.


Berkat kreatifitasnya kesenian Wayang Golek terlestarikan bahkan kesenian ini tidak disebut kampungan karena banyak digandrungi anak muda. Berkatnya juga tokoh Cepot menjadi sangat famous (terkenal) bagi masyarakat Jawa Barat.


Hari ini di laman Google Indonesia muncul wayang bernama Cepot dan juga Semar. Google Doodle tersebut menunjukan bahwa hari ini merupakan ulang tahun dari Asep Sunandar yang ke 61.


Asep Sunandar merupakan maestro wayang golek di Indonesia. Ia lahir di Bandung 3 September 1955 dan meninggal di usia yang ke 58 tahun tepatnya pada tanggal 31 Maret 2014.


Berkat kreativitas dan inovasinya, Cepot sangat terkenal hingga sekarang. Karakter Cepot merupakan karakter wayang yang sangat "bodor" dan jenaka. Salah satu ciri khas kulitnya bewarna merah dengan gigi terlihat keluar.


Atas karyanya Asep Sunandar mendapatkan banyak perghargaan. Salah satunya tahun 1978 ia berhasil menjadi juara Dalang Pinilih I tingkat Jawa Barat pada Binojakrama padalangan di Bandung.


Sejak 1982-1985, Asep Sunandar Sunarya rekaman kaset oleh SP Record, dan Wisnu Record. Lalu di tahun 1985 ia menjadi Juara Umum tingkat Jawa Barat pada Binojakrama Padalangan di Kabupaten Subang.


Pada 1986, Asep Sunandar mendapat mandat dari pemerintah sebagai duta kesenian untuk ke Amerika Serikat.


Selanjutnya di tahun 1993, Asep Sunandar Sunarya diminta oleh Institut International De La Marionnette di Charleville, Perancis, sebagai dosen luar biasa selama dua bulan, dan diberi gelar profesor oleh masyarakat akademis Prancis. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tebing Longsor Hantam Dua Bangunan di Bukittingi

Tebing Longsor Hantam Dua Bangunan di Bukittingi

BUKITTINGGI - Tebing dengan ketinggian sekitar lima meter longsor di dekat Simpang Garegeh, Bukittinggi, Sabtu...

Terkait Pil PCC yang Menelan Korban, Kapolres dan Kadisdik Tanah Datar Lakukan Quick Respon

Terkait Pil PCC yang Menelan Korban, Kapolres dan Kadisdik Tanah Datar Lakukan Quick Respon

TANAH DATAR - Marak pemberitaan di beberapa media Nasional, Ibukota dan media sosial tentang telah adanya korban jiwa...

Gerbong Kereta Api di Stasiun Padang Panjang Terbakar

Gerbong Kereta Api di Stasiun Padang Panjang Terbakar

PADANG PANJANG - Satu unit gerbong kereta api milik PT KAI Padang Panjang yang berada di Depo Stasiun Kereta Api Kota...

Banjir Bandang Terjang Solsel Sumbar, Ratusan Rumah Bergelimang Lumpur

Banjir Bandang Terjang Solsel Sumbar, Ratusan Rumah Bergelimang Lumpur

SOLSEL - Banjir bandang melanda Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan,...

Inilah Hasil Suara Sementara Pilwana Tanah Datar 2017

Inilah Hasil Suara Sementara Pilwana Tanah Datar 2017

TANAH DATAR - Perhelatan Pemilihan Walinagari (Pilwana) di Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) berjalan aman dan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu