10 Cara Pencegahan CoV19 di Kelurahan Bukik Canggang Kayu Ramang, Kota Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Setiap orang mesti memperketat protokol kesehatan agar tidak terinfeksi virus corona yang semakin mudah menular. hal ini disampaikan Kasi Agsosbud Kel. Bukik Cangang Kayu Ramang Kota Bukittinggi, Rudi Syarif Putra, S.IP, M.H kepada Minangkabaunewscom melalui pesan WhatsApp, Rabu (3/11/2021).

Menurutnya, lakukan cara pencegahan Covid-19 berikut ini agar terhindar dari virus corona. Sejumlah studi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 terus bermutasi. Hasil mutasi ini menyebabkan virus semakin mudah menular dan menginfeksi tubuh dengan gejala yang parah.

Read More

“Beberapa varian baru hasil mutasi virus corona diantaranya varian Delta, varian Alpha, varian Gamma, dan varian Lambda. Oleh karena itu, pencegahan Covid-19 penting agar tak terpapar virus,” terang nya.

Berikut 10 inovasi cara pencegahan Covid-19 di Kelurahan Bukik Canggang Kayu Ramang, Kota Bukittinggi

1. Vaksin Covid-19
Salah satu cara mencegah Covid-19 yang efektif adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksin Covid-19 terbukti dapat mengurangi risiko terinfeksi virus.

Studi menunjukkan orang yang sudah divaksin lebih kecil kemungkinan terinfeksi dibandingkan orang yang belum vaksin. Jika terinfeksi, orang yang sudah vaksin cenderung mengalami gejala yang ringan ketimbang orang yang tidak vaksin.

2. Memakai masker
Cara pencegahan Covid-19 yang efektif dan mudah dilakukan adalah dengan selalu memakai masker.

Virus corona menular dari droplet yang terhirup atau masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut. Oleh karena itu, memakai masker merupakan cara yang efektif untuk mencegah Covid-19.
Anda bisa menggunakan maser medis yang dilapis dengan masker kain atau masker N95.

3. Mencuci tangan
Virus corona juga dapat hinggap di tangan. Oleh karena pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk membunuh virus. Studi menunjukkan virus dapat mati saat melakukan gerakan cuci tangan dan juga dengan sabun.

4. Menggunakan hand sanitizer
Jika tak bisa mencuci tangan, selalu sedia handsanitizer. Kandungan dalam handsanitizer terbukti ampuh membunuh virus.

5. Jangan menyentuh bagian wajah
Hindari untuk menyentuh bagian wajah dengan tangan. Menyentuh wajah dengan tangan meningkatkan risiko terkena virus corona.

Salah satu cara pencegahan Covid-19 yang efektif adalah dengan beraktivitas dari rumah termasuk bekerja.

6. Beraktivitas di rumah
Beraktivitas di rumah seperti bekerja dari rumah atau work from home, belajar dari rumah, olahraga dari rumah terbukti, termasuk makan dari rumah dapat mencegah penularan Covid-19.

7. Hindari kerumunan
Jika tak bisa beraktivitas dari rumah, hindari berada di kerumunanan. Saat berada di keramaian, artinya Anda berinteraksi dengan banyak orang sehingga meningkatkan peluang terinfeksi virus corona.

8. Hindari berada di ruang tertutup
Sejumlah studi menunjukkan ruang tertutup dengan sirkulasi yang buruk mempercepat penularan virus corona. Oleh karena itu, sebaiknya pilih aktivitas di luar ruangan atau pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik.

9. Jaga jarak
Saat berinteraksi dengan orang lain, pastikan untuk selalu menjaga jarak. Terapkan jarak minimal dengan orang lain 1,5-2 meter. Studi membuktikan jaga jarak ampuh mencegah penularan Covid-19.

10. Gunakan disinfektan
Untuk membunuh virus pada benda mati, Anda dapat menggunakan disinfektan. Semprotkan desinfektan secukupnya pada permukaan benda.

Itulah cara pencegahan Covid-19 yang efektif dan dapat dilakukan dengan mudah. Jaga juga imunitas tubuh.

“Jika Anda mengalami gejala Covid-19 segera lakukan pemeriksaan di layanan kesehatan terdekat, konsultasi dengan dokter dan isolasi mandiri,” tutup Kasi Agsosbud Kel. Bukik Cangang Kayu Ramang, Kota Bukittinggi ini mengakhiri.

Related posts