15 Kades di Kota Pariaman ikuti Bimtek di Wisma Tenang Kemendagri

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,BOGOR — Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Bimbingan Teknis (Bimtek) kan, 15 Kepala Desa Terpilih Kota Pariaman di Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), tepatnya di Wisma Tenang Kemendagri, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jum’at (10/6).

 

Kota Pariaman baru-baru ini menggelar Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak di 18 Desa yang ada di Kota Pariaman pada 12 Februari 2022 yang lalu, dengan begitu, saat ini ada Kepala Desa yang baru dilantik dan mempunyai latar belakang pendidikan dan sosial yang berbeda.

 

“Bimtek ini sangat penting bagi Kepala Desa yang baru, karena di Bimtek ini, para Kepala Desa ini jadi tahu hal-hal yang penting dalam pembuatan kebijakan dan program yang akan dibuat di desa, serta memahami tentang pengelolaan keuangan desa dengan benar,” ujarnya.

 

Genius mengatakan, untuk membangun desa perlu adanya sinergitas baik dengan lembaga yang ada di desa, maupun dengan pemerintah Kota Pariaman, dan dalam pembuatan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Desa, diharapkan mengacu kepada RPJMD Kota Pariaman, sehingga arah pembangun yang kita lakukan, bisa inline atau sejalan, ucapnya.

 

“Sebagai Kepala Desa yang merupakan pejabat publik yang diberi amanat oleh rakyat, mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelanan dan peningkatan kesejahteraan rakyat, layaknya juga seorang kepala daerah,” tukasnya.

 

Lebih lanjut Genius mengatakan kalau untuk kepentingan rakyat, kita wajib memperjuangkanya, karena itu merupakan bentuk tanggung jawab dan aspirasi masyarakat, dan dengan mengurus warga desa kita, maka marwah kita juga akan terangkat, ulasnya.

 

“Kepala Desa juga harus memperluas ruang aspirasi masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan, karena itu saya mengajak agar kita selalu bersama-sama untuk majukan desa, dan selalu mendukung kebijakan yang ada di daerah, untuk kemajuan Kota Pariaman yang kita cintai bersama,” ungkapnya.

 

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga menyampaikan visi misi Pemko Pariaman dan 19 program unggulan yang telah dicetuskan, dan terakhir, Walikota Pariaman ini mengajak segenap Kepala Desa yang baru, untuk sama-sama membangun desa dan Kota Pariaman, kearah yang  lebih baik lagi, katanya mengakhiri.

 

Sementara itu Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa), Hendri mengatakan, kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalan Negeri, dan digelar selama 4 hari, dari tanggal 9 sampai 12 Juni 2022, di Wisma Tenang Kemendagri, Bogor ini.

 

“Peserta Bimtek sebanyak  15 orang, yang merupakan para Kepala Desa yang baru Kota Pariaman, dimana pada bimtek ini, juga sekaligus pelatihan dalam penyusunan RPJMDes, dan Tema untuk Bimtek kali ini ‘Tata kelola pemerintah desa yang aspiratif, transparan dan akuntabel’, sehingga Kepala Desa yang baru ini memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” tutupnya. (rel).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts