22 Tahun Mengabdi, Baznas Kota Solok Salurkan 21,5 Milyar Zakat Muzakki

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – 22 tahun mengabdi, menyalurkan zakat pada Mustahik, membantu keluarga miskin, membantu biaya pendidikan anak Kota Solok agar bisa bersekolah hingga universitas dan pakai seragam baru, menafkahi lansia dan anak yatim, membekali pekerja nafkah dengan asuransi BPJS Ketenagakerjaan, pada Hari Lahir Baznas ke 22 ini, Baznas Kota Solok telah salurkan Zakat Muzakki sebanyak Rp. 21,5 Milyar lebih.

AKBP (Purn) M. Zaini, Ketua Baznas Kota Solok, didampingi Komisioner lainya, Selasa (17/1/2023), saat memperingati Hari Lahir Baznas ke 22 secara nasional, tanggal 17 Januari 2023 di Kantor Baznas Kota Solok, mengungkapkan dari tahun 2017 – 2022 telah menyalurkan zakat Muzakki sebanyak Rp. 21,5 Milyar lebih kepada 10.968 keluarga miskin, dengan transaksi 18.000 kali.

Sedangkan untuk operasional Baznas Kota Solok dibantu oleh Pemda Kota Solok dan diperkuat atau didukung oleh DPRD Kota Solok.

Selain itu, setiap bulanya, tanggal 10 awal bulan, kita mengantarkan zakat kepada 260 orang lansia. Para lansia ini pada umumnya tidak lagi sanggup bekerja mencari nafkah, hidup sendiri, ada lansia yang sakit dan memerlukan pengobatan.

“Hari ini, dalam Harlah Baznas ke 22 tahun, Baznas Kota Solok menyalurkan infaq kepada 100-an anak yatim. Anak yang tidak punya bapak dan hidup dibawah garis kemiskinan. Kebanyakan dari anak yatim ini orang tuanya kerja serabutan, tukang, Honor dan lainya” kata Zaini.

Kemudian, jelasnya, setiap bulan Baznas Kota Solok juga bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk asuransi imam dan Garin Masjid, tukang ojek, tukang kayu, termasuk yang punya profesi yang beresiko.

“Pernah ada kejadian, meninggal 2 bulan yang lalu, ikut BPJS Ketenagakerjaan dari Baznas Kota Solok, baru terima BPJS ketenagakerjaan, klaimnya atau santunanya tetap dibayarkan BPJS ketenagakerjaan” ungkap Zaini.

Begitu juga dibidang pendidikan, Baznas Kota Solok didukung Pemko Solok menyekolahkan anak kita hingga universitas. Jika ada warga kita sakit dan dia miskin, biaya pengobatannya dan biaya keluarganya selama menjaga pasien juga dibiayai Baznas Kota Solok bersama BPJS Ketenagakerjaan.

“Mudah-mudahan program Basnas Kota Solok, yaitu Solok Sejahtera, Solok Cerdas, Solok Sehat, Solok Peduli, dan Solok Taqwa, berguna bagi masyarakat di Kota Solok” tuturnya.

Di tempat sama, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra menyampaikan ucapan selamat Hari Lahir Baznas ke 22 tahun, untuk Kota Solok Harlah ke 6 tahun.

“Semoga Baznas Kota Solok terus memberi manfaat pada warga miskin Kota Solok. Dan semoga Muzakki tetap menyalurkan zakatnya pada Baznas Kota Solok. Terima kasih Baznas dan Muzakki” sampai Wawako.

Selama 6 tahun ini, Baznas membantu masyarakat kita dalam pengentasan kemiskinan dan warga yang kurang mampu dalam pendidikan, kesehatan, bencana, mengasuransikan bapak ibu yang bekerja dan beresiko, fisabilillah, pejuang rumah tangga, tukang ojek, imam dan Garin Masjid, kita asuransikan semuanya dan tidak boleh ada yang terlewatkan.

“Kita doakan Komisioner Baznas dan Sekretariat diberikan kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Diberikan kekuatan dalam pengabdian sehingga tetap bisa memberikan yang terbaik untuk warga Kota Solok” ajak Wawako.

Di tegaskan Wawako, di Kota Solok tidak boleh ada anak kita yang putus sekolah, baik karena tidak ada biaya maupun tidak ada seragam sekolah. Bahkan kami akan sekolahkan anak kita hingga universitas. Baznas bersama Pemko Solok juga menafkahi lansia, musafir, dan penunggu pasien.

“Tekad kami bersama Baznas Kota Solok, tidak boleh ada anak kita yang putus sekolah dengan alasan apapun. Kami akan sekolahkan hingga perguruan tinggi, kami asuransikan yang sakit dan bekerja, kami nafkahi lansia, kami biayai penunggu pasien dan berobat kemanapun, kami santuni anak yatim dan fakir miskin, kami bedah rumah KK Miskin, kami bantu korban kena musibah. Artinya, kunci kolaborasi Baznas dan Pemko Solok adalah pengentasan kemiskinan di Kota Solok.***


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts