4 Tips Kosmetik Aman Dari Fando Mahasiswa Kedokteran Jambi Duta Kosmetik Aman BPOM di Jambi

  • Whatsapp

Jambi – Seiring perkembangan zaman, banyak ragam jenis obat-obatan yang menjadi konsumsi masyarakat. Tidak hanya, dalam tubuh, namun juga pemakaian untuk luar tubuh.

Untuk luar tubuh, biasa disebut Kosmetik. Apa kosmetik itu, begini penjelasan Fando mahasiswa kedokteran UNJA, Duta Kosmetik Aman BPOM di Jambi.

Fando menjelaskan, kosmetik adalah bahan atau sediaan yang digunakan di luar tubuh manusia seperti epidermis, mukosa mulut, kuku, dimana fungsinya untuk merawat melindungi dan bukan mengobati.

Selain itu, kosmetik bukan di identik dengan make-up saja, tetapi juga deodorant yang kita pakai juga termasuk kosmetik.

Menurutnya, komestik itu bersifat umum, tentunya bukan konsumsi cewek saja dong! Namun, juga bagi kaum adam untuk merawat dan melindungi.

“Semua kalangan bisa memakai kosmetik. Walaupun masih bayi kita tetap menggunakan kosmetik seperti sampo, sabun, dan parfum. Jadi disini kita perlu memahami,” ungkap Fando saat berbagi pengalaman dengan Minangkabaunews.

Nah, bagaimana cara memilih kosmetik yang aman menurut BPOM, begini tips Aman dari Fando:

1. Pengguna harus memastikan kemasannya tidak penyok, robek, pudar karena bisa memberikan efek negatif nantinya.

2. Label, pastikan produk yang dibeli mempunyai label, nama brandnya, isi, komposisi. Jangan sampai membeli produk yang tidak ada merek seperti beli kiloan yang dibungkus dengan plastik.

3. Izin edar, untuk dikemasan izin edar bisa kita liat dengan kode NA diikuti dengan sebelas angka dibelakangnya. (Ex : NA03458696439) dan juga bisa cek di aplikasi BPOM mobile, langsung scan Barcodenya, jika disaat scan barcode tidak terdapat data maka itu termasuk barang ilegal yang tidak terjamin oleh BPOM untuk kesehatan.

4. Kadaluarsa, jangan lupa cek setiap saat produk yang dipakai masa kadaluarsanya.

“Jika kalian tidak menghiraukan cek KLIK atau cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa akan berbahaya bagi kulit yang mana bisa membuat jerawat meradang, hiperpigmentasi, iritasi, bercak-bercak hitam, dan kemerahan,” terangnya.

Lanjutnya, disaat gempurnya produk brand kosmetik bermunculan kita harus telaten juga dalam memilih. Salah satu bahan seperti Merkuri yang merupakan hal yang sangat bahaya jika digunakan di tubuh.

Jadi, ingat jangan lupa cek KLIK sebelum beli Kosmetik!!

Related posts