50 Pendidik PAUD Ikuti Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Penjabat (Pj) Wali Kota, Sony Budaya Putra, A.P, M.Si buka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berjenjang Tingkat Lanjut untuk Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Padang Panjang, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kamis (16/11/2023).

Diikuti 50 pendidik PAUD, diklat ini merupakan kerja sama Disdikbud dengan Lembaga Penyelenggaraan Diklat (LPD) PAUD Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Merupakan kegiatan pokok pikiran (pokir) Anggota Komisi III DPRD, Dr. H. Novi Hendri, SE, MSi Datuak Bagindo Saidi melalui APBD Padang Panjang.

Sonny menyampaikan, diklat ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan mengakui keberadaan dari pendidik PAUD melalui sertifikat kompetensi yang diterima nantinya. Bekerja sama dengan UIN Mahmud Yunus, para guru mendapatkan ilmu layaknya seperti seorang sarjana dari dosen-dosen yang sudah menjadi guru besar.

“Semakin ke depan teknologi semakin maju, ini harus kita ikuti. Alhamdulillah dengan kapasitas kemampuan keuangan daerah, namun kita bersama DPRD masih menjadikan kegiatan ini menjadi prioritas kita. Pendidikan untuk PAUD ini sangat penting untuk melahirkan generasi emas. Sangat terasa bagi kami yang memiliki anak dengan orang tua sama-sama bekerja, pendidikan di PAUD ini sangat membantu tumbuh kembang anak-anak kita,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama enam hari ini, merupakan kegiatan lanjutan dari Diklat Tingkat Dasar yang dilaksanakan beberapa waku lalu. Usai melaksanakan Diklat Tingkat Lanjut ini akan dilanjutkan dengan Diklat Tingkat Mahir. Hasil dari tiga diklat ini, para guru akan mendapatkan sertifikat kompetensi pendidik PAUD.

Sementara itu Novi Hendri mengatakan, diklat ini menjadi fokus untuk anak-anak yang akan menjadi generasi emas. Pendidik PAUD patut diapresiasi dengan begitu perhatiannya kepada anak-anak di Padang Panjang dan sekitarnya.

“Insyaallah pada 2024 cukup banyak kegiatan yang sudah kita rencanakan untuk meningkatkan SDM pendidik untuk PAUD, SD dan SLTP. Dengan adanya diklat dasar dan dilanjutkan dengan tingkat lanjut, ibu-ibu semua bisa mendapatkan ilmu selayaknya seorang sarjana PAUD,” tuturnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus, Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang Panjang yang terus memprioritaskan peningkatan SDM para pendidik.

“Kita berharap ada kolaborasi antara yang dilatih dan melatih, sehingga apa yang menjadi target diklat ini bisa tercapai. Di pundak ibu-ibu semualah terletak semangat generasi di Padang Panjang. Seperti yang kita ketahui, anak-anak ini lebih percaya kepada guru daripada orang tuanya sendiri. Kita berharap ibu-ibu menjadi orang yang pantas untuk ditiru dengan ilmu yang luas dan akhlak yang baik,” ungkapnya.

Ikut hadir Kepala Disdikbud, Nasrul, SH, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan FTIK UIN Mahmud Yunus, Dr. Muhammad Yusuf Salam, M.Ag. (Edi Fatra/tia)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts