• Whatsapp

 

Padang Pariaman, Minangkabaunews.com– Pemilu Rabu 14 Februari 2024 lalu, sepertinya PAN juara di Padang Pariaman. Partai ini mampu bertahan dengan tujuh perolehan kursi di empat daerah pemilihan atau Dapil.

Dan PAN pula menjadi satu-satunya partai yang memperoleh kursi sebanyak itu. Berikut nama anggota dewan dari PAN periode 2024-2029.

Alam Syahri dan Hasanuddin (Dapil I), Topik Hidayat dan Ali Husein (Dapil II), Erman Malai dan Ali Budiman (Dapil III), dan Aprinaldi (Dapil IV).

Setelah PAN, ada tiga partai yang meraih masing-masingnya lima kursi, yakni PKB, Golkar dan Gerindra. Lima kursi PKB itu adalah milik Firman dan Syafrinaldi (Dapil I), Hasan Basri (Dapil II), Rudi Hartono (Dapil III), dan Tuanku Afredison (Dapil IV).

Lima kursi Golkar akan dipunyai oleh Rahmad Mahmudal (Dapil I), Syahrul Datuak Lung dan Dani Putra Malindo (Dapil II), Nazir Tanjung Datuak Jalelo (Dapil III) dan Agusriadi (Dapil IV).

Sedangkan lima kursi Gerindra adalah kepunyaan Edirizal (Dapil I), Wira Satria (Dapil II), Arwinsyah (Dapil III), H. Asmar Lambau dan Zulkifli K (Dapil IV).

Di bawah itu empat partai masing-masingnya dapat empat kursi, yakni NasDem, PKS, Demokrat dan PPP.

Empat kursi NasDem diduduki oleh Muthia Azis Datuak Nan Basa (Dapil I), Indra Jaya (Dapil II), Mayuni Datuak Kamulie (Dapil III), dan Joe Aplinanda (Dapil IV).

PKS dengan empat kursi akan diduduki oleh Yuliasman (Dapil I), Dedy Firmansyah (Dapil II), Ediwarman (Dapil III) dan Risdianto (Dapil IV).

Sedangkan empat kursi Demokrat akan diduduki Firman Arif (Dapil I), Syahrul Usman (Dapil II), Erman Sudin (Dapil III), dan Hengki Irawan (Dapil IV).

Sementara PPP dengan empat kursi pula akan diduduki oleh Zaldi (Dapil I), Siswanto (Dapil II), Dewiwarman (Dapil III), dan Jendri (Dapil IV)

Sementara, PDI Perjuangan dan Hanura masing-masingnya dapat satu kursi. PDI Perjuangan dapat di Dapil II, yakni Suka Damai Zebua, dan Hanura dapat di Dapil I dengan kembali berhasil Efendi mempertahankan kursinya.

Dengan demikian, DPRD Padang Pariaman periode 2024-2029 diisi oleh delapan fraksi oleh 40 anggota dewan. PDI Perjuangan dan Hanura harus gabung ke salah satu fraksi yang ada, atau menurut koalisi Pilpres, keduanya gabung dengan PPP.

Rekapitulasi suara di tingkat kecamatan sudah hampir selesai. Satu Pemilu ulang di Padang Pariaman, yakni TPS II Pauh Kambar, Kecamatan Nan Sabaris, sepertinya tidak akan merubah alokasi kursi yang sudah tercapai oleh masing-masing partai politik di daerah ini.

Yang sedang viral saat ini ada tiga pimpinan dewan. Untuk Ketua DPRD jelas diambil PAN, namun siapa yang akan diusulkan masih terendap di saku Ketua DPD PAN Padang Pariaman Suhatri Bur.

Topik Hidayat yang sempat digadang-gadang jadi Ketua DPRD, sepertinya sedang dikejar oleh Erman Malai dan Aprinaldi.

Sebab, Aprinaldi adalah Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman saat ini. Logika politik, sangat tidak mungkin turun jadi anggota, lantaran partai dia masih jadi pemenang pertama di daerah ini.

Tetapi, dalam politik tak ada yang tidak mungkin. Tujuh anggota dewan PAN, sepertinya punya peluang untuk jadi Ketua DPRD tersebut.

Sementara, melihat perolehan suara untuk dua Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman, sepertinya jatuh ke PKB dan Golkar. Nama Tuanku Afredison, Ketua DPC PKB pun sedang naik daun saat ini.

Lompatan suara PKB yang mencapai 9.000 lebih di Dapil I, membuat partai ini harus mengambil satu kursi pimpinan dewan.

Sama dengan Golkar yang mencapai 8.000 lebih di Dapil II, membuat Golkar menguning, dan sepertinya satu kursi pimpinan dewan adalah milik Partai Golkar.

Siapa yang akan jadi pimpinan dewan dari unsur Golkar. Tak ada pasti. Ketua DPD Partai Golkar Asmadi punya kewenangan di sini.

Dia memang tidak kebagian kursi, tetapi hak peto kursi pimpinan yang dicapai Golkar harus ada rekomendasi Ketua DPD Golkar Asmadi.Kampanye terakhir PAN di Manggopoh Palak Gadang Ulakan. (ist)

Nama Nazir Tanjung Datuak Jalelo, Wakil Ketua DPD Golkar Padang Pariaman, agaknya tokoh yang pantas dan patut diusulkan untuk pimpinan dewan.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts