Ajak Perangi Covid-19, Wabup Agam : Ninik Mamak Jangan Termakan Isu Hoax

  • Whatsapp

Agam, MinangkabauNews-Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah mengimbau ninik mamak di daerah itu, agar bersama-sama berjuang mengatasi pandemi Covid-19 yang kini penyebarannya semakin mengkhawatirkan.

“Ninik mamak jangan sampai termakan isu hoax yang mengatakan Covid-19 itu tidak ada,” ujar Irwan Fikri saat gelar pertemuan dengan ninik mamak, di Balairung Adat Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (11/7).

Ia mengatakan, Covid-19 ini nyata adanya, karena buktinya sudah ada dan banyak memakan korban jiwa. Sehingga dimintanya ninik mamak menyuarakan ini di tengah masyarakat, agar disiplin protokol kesehatan untuk mengatasi penularan virus itu.

“Kita juga minta kepada pengurus pasar untuk mewajibkan pengunjung pasar memakai masker, karena kita lihat hanya 1 atau 2 persen yang mengenakan masker,” sebutnya.

Begitu juga di masjid, dimintanya masyarakat untuk membawa sejadah dari rumah ketika melaksanakan ibadah di masjid, serta mentaati protokol kesehatan.

Masker ini, menurutnya salah satu alat untuk melindungi diri dari penularan Covid-19. Apalagi kini ada varian baru yaitu Delta yang lebih berbahaya dibanding sebelumnya.

“Tidak ada yang menjamin kalau kita negatif, bisa saja karena imun tubuh kita kuat sehingga tidak menimbulkan gejala, tapi bisa menularkan dan akan berdampak buruk pada orang yang imunnya lemah,” terangnya.

Bahkan kini, katanya, yang terpapar ada sekitar ratusan orang tengah jalani isolasi mandiri, akibat tidak tertampung lagi di ruangan karantina yang ditetapkan pemerintah.

Dengan begitu, ia mengimbau ninik mamak dan seluruh elemen masyarakat mengingatkan anak kemenakan untuk mematuhi protokol kesehatan, agar dapat terhindar dari penularan Covid-19 ini.

“Jika wabah ini tidak terkontrol, maka perekonomian akan hancur, beribadah susah dan anak tidak dapat sekolah. Untuk itu, mari kita bersama-sama berjuang memerangi pandemi ini,” ajaknya.

Related posts