Akibat Hujan Lebat, Satu Jembatan Putus dan Akses Utama Amblas di Pagai Utara, Camat Minta Dinas Terkait Ambil Tindakan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Hujan mengguyur hebat yang terjadi beberapa wilayah khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Tepatnya di wilayah Kecamatan Pagai Utara Selatan, satu unit jembatan di Gereji Tirik Laggai Desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara jebol termasuk amblasnya jalan utama akses desa tersebut, pada Senin (25/07/2022).

Camat Pagai Utara Gabriel Sakeru menyebutkan, jembatan 14 meter yang terbuat dari kayu hanyut dan jembatan itu akses penting penghubung Desa Betumonga bawah dan Betumonga atas, Muntei Baru Baru Sabeu Gukgung dan Kecamatan Sikakap.

Read More

Terkait hal itu, kita sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Betumonga untuk tindakan penanganan, terang Camat, Selasa (26/07/2022).

“Untuk tindakan selanjutnya, besok bersama masyarakat akan goro bersama, sekaligus menggesek kayu untuk pembuatan jembatan darurat atau sementara”, ujar Camat.

Jembatan yang terbuat dari kayu hanyut terbawa arus banjir, Senin (25/07/2022)

Jembatan yang akan dibangun akan di alihkan kearah yang lebih datar dan jauh dari tebing, jelasnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Forkopimca dan besok langsung turun ke lokasi kejadian sekaligus menunggu rekasi cepat dari BPBD Mentawai.

Camat berharap, penanganan pembangunan jembatan seandainya diambil ahli oleh pihak PU untuk mengerjakan yang lebih paten, agar kontruksi jembatan tersebut lebih kuat dan bentangannya juga lebar.

“Kita berharap pihak PU dapat merencanakan pembangunan jembatan yang lebih kokoh, karena jembatan itu salah satu akses penting penghubung masyarakat hingga sampai ke pusat Kecamatan”, imbuh Gabriel yang pernah duduk di BPBD sebelum menjadi Camat itu. (Tirman)

Related posts