Aksi Nyata Mahasiswa KKN Unand Bersama Satpol PP Kota Bukittinggi

kkn unand
Mahasiswa KKN Unand bersama Satpol PP Bukittinggi.

Oleh: Ananda Lailatul Rahmi

Hubungan mahasiswa dengan Satpol PP kerap identik dengan penertiban unjuk rasa dan polemik yang boleh dikatakan bersitegang dan tak jarang memanas. Namun pada Kamis lalu Mahasiswa KKN UNAND tepatnya yang berlokasi di Kelurahan Koto Selayan berhasil membuktikan bahwa stigma tersebut dapat dipatahkan dengan satu tujuan yang sama yakni mengabdi kepada masyarakat.

Read More

Pagi itu, Kamis (5/8/2021), mahasiswa KKN turun ke kawasan pusat kota Bukittinggi yaitu Jam Gadang, Pasar Atas dan sekitarnya untuk membagikan masker, hand sanitizer dan sosialisasi Protokol Kesehatan selama PPKM Mikro sebagai penekanan laju penyebaran virus covid-19 yang hingga kini masih melanda negeri kita. Sejumlah enam kotak masker medis dibagikan kepada masyarakat yang umumnya pedagang kios-kios serta pengunjung kawasan wisata Jam Gadang dan sekitarnya. Sebanyak 15 Mahasiswa UNAND, menyebar menjadi beberapa kelompok menyusuri jalan pendakian Kampung Cina kemudian kawasan pusat Jam Gadang dan Pasar Atas hingga Taman Bung Hatta. Kegiatan ini juga berdasarkan saran dari pihak kecamatan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengenai penerapan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi.

Kondisi masyarakat pada umumnya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak dan mencuci tangan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat masih tidak menyadari seberapa pentingnya menggunakan masker dengan tepat. Hal ini tampak ketika masker yang digunakan masih belum memenuhi standar dan digunakan tidak sesuai protokol seperti menggunakan masker di dagu bahkan disimpan di saku celana yang belum terjamin kebersihannya. Dampak dari pandemi ini setelah hampir dua tahun melanda sangat besar terhadap segala bidang seperti ekonomi, pendidikan dan lainnya. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan perspektif baru bagi masyarakat setempat dan ikut serta berperan membantu program pemerintah agar pandemi ini segera pulih dan kita dapat melakukan kegiatan seperti sedia kala.

Memberikan kontribusi nyata merupakan visi utama dari program Kuliah Kerja Nyata sebagai tri dharma perguruan tinggi dengan implementasi berbagai bidang ilmu kepada negeri ini. Selama 40 hari sejak tanggal 12 Juli hingga 22 Agustus 2021, program ini didedikasikan untuk memberikan dampak berupa kreasi dan inovasi untuk membangun negeri. Walaupun kegiatan KKN kali ini berbeda dengan KKN semestinya dikarenakan pandemi tetapi tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk melakukan kegiatan ini. Adapun kegiatan lainnya yang telah berhasil dilaksanakan mulai dari penertiban protokol kesehatan pada Hari Raya Idul Adha, Didikan Subuh MDA kemudian pengajaran siswa-siswa SD dan Madrasah hingga pembagian bantuan sosial dan bibit tanaman buah kepada warga setempat serta kegiatan lainnya. Beberapa cerita mengabdi KKN Koto Selayan lainnya dapat diakses melalui laman Instagram @kkn_kotoselayan2021. (*)

/* Penulis adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas.

Related posts