Aksi Peduli Pertamina-Pertashop Door To Door Antar Bantuan Gempa ke Pelosok 50 Kota

  • Whatsapp
Tim aksi peduli Pertamina-Pertashop antarkan bantuan bagi korban bencana gempa Pasaman di Kecamatan Gunuang Omeh, beberapa waktu lalu. (Foto: Muhammad Bayu Vesky for MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Gempa bumi bermagnitudo 6,2 skala richter (SR) yang melanda Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat serta sejumlah daerah di Sumatera Barat, pada Jumat (24/2) kemarin, menyulut kepedulian dan empati banyak orang.

Termasuk keluarga besar PT Pertamina – Pertashop di wilayah kerja Sumatera Barat. Sejak beberapa hari lalu, mengusung tagline Pertamina Peduli-Pertashop Berbagi, mitra perusahaan BUMN itu terjun langsung ke sejumlah pelosok Kabupaten Limapuluh Kota, mengantarkan bantuan bagi korban gempa.

Akibat gempa bumi yang berpusat di Pasaman beberapa waktu lalu, juga terdapat 3 Kecamatan di Limapuluh Kota masing-masing Gunuang Omeh, Suliki dan Bukit Barisan yang ikut terdampak. Kondisi terparah berada di Jorong Sungai Mangkirai, Nagari Pandamgadang dan Baruahgunuang.

Mengetahui kabar itu, Pertamina-Pertashop langsung mengumpulkan bantuan bagi para korban terdampak gempa. Warga terdampak gempa bumi Pasaman yang menerima bantuan berupa sembako, terpal hingga uang tunai dari Pertamina, menangis haru.

“Alun ado kami dapek bantuan apo-apolai. (Belum ada kami dapat bantuan apa-apa),” kata Najar (86), yang rumahnya hancur akibat diguncang gempa.

Separoh bangunan rumahnya berubah menjadi puing. Sisanya tak bisa ditempati. Najar, adalah petani peracit tembakau di Jorong Sungaimangkirai, Nagari Pandamgadang. Videonya minta bantuan, bahkan sempat viral beberapa hari lalu.

“Mewakili teman-teman Pertashop serta atas support SAM Pertamina Sumbar dan SBM Rayon IV, kami hari ini menyerahkan bantuan sembako hingga uang tunai,” kata Muhammad Bayu Vesky, salah satu mitra Pertamina yang hadir bersama rekan-rekannya.

Penyerahan bantuan Pertamina dan Pertashop dengan cara door to door ini, diterima langsung oleh warga dan didampingi pihak BPBD dan Kepolisian.

Medan yang ditempuh mitra Pertamina untuk sampai di rumah warga tergolong sulit. Tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, tim bahkan naik sepeda motor dan sebahagian jalan kaki.

Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Safarudin Dt Bandaro Rajo memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Menteri BUMN, Pertamina, Pertamina Patra Niaga dan mitra Pertashop di rayon IV Sumatera Barat.

Apresiasi disampaikan Safarudin, setelah beberapa hari lalu, Pertamina Sumatera Barat pimpinan SAM I Made Wira Pramarta dan SBM Azam Akbar Hawarey, bersama-sama mitra Pertashop, menyerahkan bantuan ke 3 Kecamatan di daerah tersebut.

“Kami atas nama Pemkab Limapuluh Kota, berterimakasih sebesar-besarnya kepada keluarga besar Pertamina dan Pertashop yang menjadi BUMN satu-satunya mengirim bantuan ke daerah kami,” kata Bupati Safarudin, via keterangan tertulisnya Selasa (01/3). (akg)

Related posts