Aksi Pengumpulan Telor Disambut Antusias Murid SDN 07 Batang Anai

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG PARIAMAN –Sebuah kegiatan perdana yang dilakukan oleh siswa jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, yang jatuh pada Senin (17/6/2024) dilakukan oleh siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Batang Anai, Padang Pariaman.

Siswa SD yang berjumlah 76 orang (Muslim) itu melakukan aksi pengumpulan telur untuk dibagikan kepada siswa tidak mampu di sekolah itu.

Aksi itu disambut antusias oleh siswa dan orangtua. Semula guru agama Islam hanya menargetkan 1 butir telur bagi siswa yang menyumbang. Namun, karena antusias siswa malahan ada yang memberikan 2-3 butir telur dengan motivasi wali kelas muslim dan non muslim.

“Sesuai ajakan Mendikbudristek Nadiem Makarim siswa harus ada aksi nyata, aksi ini kita beri nama kurban telur bagi siswa. Kalau kurban sebenarnya hewan tertentu yang disedekahkan, namun untuk melatih jiwa sosial serta memupuk rasa keinginan mereka berkurban, maka siswa kita dorong bersedekah telur ayam,” kata Guru PAI di sekolah itu, Syifa Ulha Aldira.

Usai terkumpul, telur itu langsung pada saat selesai gotong royong sekolah hari Sabtu, 15 Juni 2024 dibagikan terutama kepada siswa tidak mampu. saat membagikan siswa non muslim di SD itu juga mendapatkan manfaat dari aksi ini.

Salah seorang siswa kelas III SD yang terletak di Tanjung Basung II, Nagari Sungai Buluah Barat ini, Fadhli mengatakan, dirinya sangat senang bisa menyumbang 3 telur ke sekolah untuk dibagikan ke teman-temannya baik muslim maupun non muslim.

“Dari uang jajan yang dikumpulkan. Tidak apa uang jajannya dibelikan telur untuk disumbang, karena saya senang,” ucapnya.

Menurut Syifa Ulha Aldira, yang akrab disapa Syifa merupakan guru agama Islam di SD itu, aksi tersebut memang murni untuk menumbuhkan rasa sosial dan juga memupuk rasa ingin berkurban bagi siswa. Harapannya, jika sudah dewasa dan mampu, siswa itu bisa berkurban yang menurut syariat agama Islam.

Dalam aksi ini, tampak juga partisipasi guru kelas, masyarakat terutama orangtua siswa dan di dukung oleh Kepala Sekolah SDN 07 Batang Anai, Mislizawati. (bima/ad)

Related posts