Ancaman Kemiskinan Makin Nyata, Wawako Solok Pimpinan Rakor Penanggulangan Kemiskinan

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini makin tidak menentu, ditambah kekawatiran terjadinya inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak, suplai dan demand yang tidak seimbang, lesunya pasar, serta pengaruh perang, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Senin (5/12/2022), pimpin rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan dengan OPD, Camat, dan lurah dalam wilayah Kota Solok.

Rapat yang digelar di ruangan Akmal Bappeda Kota Solok menekankan pada pembahasan penanggulangan kemiskinan di wilayah Kota Solok, sebagai akibat dampak lesunya perekonomian Indonesia.

Read More

Secara umum, definisi kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.Kebutuhan dasar tersebut yakni kebutuhan sandang, pangan dan papan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemiskinan, seperti pendidikan yang rendah, hal ini menyebabkan seseorang kesulitan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang tetap, sehingga meningkatkan angka pengangguran.

Faktor lain penyebab kemiskinan yaitu konflik atau perang di suatu wilayah, infrastruktur yang terbatas atau tidak merata yang menyebabkan sulitnya akses terhadap berbagai fasilitas.

Seperti fasilitas pendidikan, kesehatan dan pekerjaan. Selain itu faktor bencana alam dan laju pertambahan penduduk juga merupakan penyebab kemiskinan.

Dampak dari kemiskinan sangatlah luas, baik secara fisik maupun mental. Contoh dampak dari kemiskinan adalah meningkatnya angka kriminalitas, meningkatkan konflik dalam masyarakat, penyebaran penyakit dan angka kematian yang cukup tinggi. Untuk itu usaha-usaha pengentasan kemiskinan merupakan usaha yang harusnya terpadu antara pemerintah dan masyarakat.

Related posts