Anggota DPRD Mentawai Suhendra Sababalat Minta Warga Manfaatkan Bantuan dari Pemerintah

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Sayang sekali. Kalau bantuan rumah dan mesin tempel dari Pemerintah tidak dimanfaatkan dengan baik oleh warga penerima bantuan. Salah satunya bantuan rumah 50 unit di tempat relokasi di Dusun Pukarayat yang dibangun tahun 2019 lalu. Termasuk bantuan mesin tempel.

Hal ini disayangkan oleh anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Suhendra Sababalat saat Reses II di dusun Pukarayat Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Selasa (28/06/2022) lalu.

Read More

Menurutnya bantuan rumah tersebut seharusnya harus dimanfaatkan dan dibersihkan. Termasuk bantuan mesin tempel dari pemerintah yang harus difungsikan sebagaimana mestinya sesuai peruntukannya.

“Kita berharap, bantuan mesin yang diberikan pemerintah, seharusnya bisa digunakan untuk melaut, sehingga dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat”, ujarnya.

Demikian juga bantuan rumah relokasi, harus difungsikan dan dibersihkan dan dijadikan sebagai tempat tinggal yang aman, sehingga bantuan yang diberikan tidak mubajir, ucapnya.

Dari pengakuan Kepala Dusun setempat, bahwa bantuan rumah tersebut memang belum maksimal dimanfaatkan dengan masih banyaknya kekurangan seperti fasilitas air bersih.

“Sebagian warga sudah menempati, namun terkendala dengan air bersih yang jauh dari lokasi dan MCK. Dan himbauan untuk membersihkan dan pemanfaatan bantuan rumah tersebut tetap kita upayakan”, ujar Kepala Dusun Pukarayat Derpian.

Dikatakannya, masyarakat dapat memanfaatkan bantuan rumah tersebut sebagai rumah kedua bagi mereka. Misalnya apabila terjadi bencana seperti gempa bumi dan tsunami. Ketika hal kemungkinan itu terjadi masyarakat pastinya akan beranjak ke atas dan menempati rumah.

Masyarakat merasa susah apabila bertahan ditempat relokasi yang jauh dari pantai, dikarenakan hampir sebagiam masyarakat masih bergantung pada mata pencarian sebagai nelayan, sebut Kepala Dusun. (Tirman)

Related posts