Antisipasi Longsor Saat Libur Lebaran, BPBD Solok Selatan Siagakan Alat Berat

Kalaksa BPBD Solok Selatan, Novi Hendrix
Kalaksa BPBD Solok Selatan, Novi Hendrix

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Antisipasi kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor saat libur lebaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan menyiagkan alat berat di jalur mudik lebaran seiring dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Berdasarkan prediksi dari BMKG, intensitas hujan akan berlangsung hingga awal bulan Mei mendatang. Sehingga berpotensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor,” kata Kalaksa BPBD Solok Selatan, Novi Hendrix, Kamis (28/4/2022).

Read More

Menurutnya, saat ini terdapat tiga hingga lima titik lokasi yang memiliki potensi tanah longsor di jalur mudik di Solok Selatan. Namun, tidak tertutup kemungkinan akan muncul di lokasi yang tidak di prediksi sebelumnya.

“Untuk saat ini BPBD Solok Selatan menyiagakan satu unit alat berat jenis loder. Namun, jika dibutuhkan penambahan alat berat BPBD juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait,” katanya.

Selain alat berat lanjut Novi, untuk tindakan evakuasi sejumlah personel juga turut disiagakan. Baik pada pos pengamanan lebaran, maupun ditempatkan pada kantor BPBD Solok Selatan.

Tidak hanya bencana tanah longsor, Solok Selatan juga berpotensi terjadinya bencana banjir, banjir bandang, tanah bergerak yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Diharapkan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan mudik serta pengguna jalan raya lainnya. Agar senantiasa memperhatikan keselamatan dan berhati-hati dalam berkendara terutama saat hujan,” tandasnya (dky)

Related posts