Apresiasi Musik Melayu, Mahasiswa Prodi Karawitan ISI Padang Panjang Lakukan Lawatan ke Siak Riau

MINANGKABAUNEWS.COM, SIAK RIAU — Dalam rangka kegiatan apresiasi musik Melayu Riau, Sebanyak 28 mahasiswa Prodi Karawitan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang semester VI Angkatan 2019 berangkat ke Siak, Riau, Sabtu, (28/5)2022).

Rombongan mahasiswa didampingi tiga orang dosen pembimbing, yaitu Yunaidi, S.Sn., M.Sn. (Koordinator), Darmansyah, S.Sen., M.Sen. M. Zulfahmi. S. Sen. MA.

Mereka dilepas Ketua Prodi Karawitan ISI Padang Panjang diwakili Sekretaris M. Zulfahmi, S.Sen. MA.

Dalam pelepasan, M. Zulfahmi. S. Sen. MA.berpesan agar rombongan dapat menjaga nama baik lembaga ISI umumnya, khusus nama baik Prodi Karawitan.

Selian diikuti 28 mahasiswa BP 2019, bergabung dua mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir sebagai pemandu. Muslim Khairi dan Al Muta’ ali Ramadhan, masing-masing semester akhir.

Provinsi Riau merupakan daerah yang banyak menyimpan berbagai bentuk Seni Budaya Melayu, baik berupa seni tari, musik ,teater, sastra, kerajinan, dan lainnya. Banyak lagi berbagai macam kesenian di Kabupaten Siak.

Untuk mata kuliah ini kami sudah melaksanakan delapan kali pertemuan tatap muka. Untuk memantapkan mata kuliah, maka seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut wajib mengikuti penampilan grup sanggar Balairung Sri Indrapura,” ujar M. Zulfahmi yang juga Dosen Musik Melayu.

Adapun tujuan kegiatan itu adalah untuk memberikan ruang, ilmu pengetahuan, dan skill bagi para mahasiswa. Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi Prodi Karawitan yang unggul dan terdepan.

“Sekaligus bagian dari tujuan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang. Bentuk konkrit dari kegiatan ini para mahasiswa menyaksikan pertunjukan musik Zapin group Balairung Sri Indrapura Kabupaten Siak, yang menyanyikan beberapa repertuar lagu Zapin Melayu Siak,” ujarnya.

Sementara Ketua HMJ Prodi Karawitan ISI Padang Panjang, M. Gifar, mengatakan, kunjungan ke Siak itu sebagai ruang apresiasi bagi mahasiswa untuk melihat langsung kesenian Zapin yang ada di Kabupaten Siak dan menambah pengalaman bermusik. “Kami akan memungut banyak ilmu dan pengalaman di sana,” tambahnya.

Mahasiswa yang ikut antaralain Violin sagita, Hedrianto, Anggi fernando, Fitri ramadani, M ayyub, Riski Febrian, Yudhi pratama, Yudha mulia, M. Gifar,Zeki fernando,Arizal mubarak, M. Widodo, Sri aprilia, Sinta ovela, Sherly Junika, Sabri darmawan, Dwi Syahputra, Abdul Rokan, Rofi Rahmatullah, Panji indra, Qori hidayah, Ridho Zani, Ilham aziz ,Gea lesmana, dan Wahyu Dia Utama. (Edi Fatra).

Related posts