Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Pemko Pariaman Launching Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GN-AKSA)

Jumat, 16 September 2016 - 16:55:11 WIB - 763
Pemko Pariaman Launching Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GN-AKSA)


PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman Genius Umar membuka acara Launching Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GN-AKSA) Dan Mou Kesepakatan Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan seluruh Kepala Sekolah (SD/SLTP/SMA/MA) Negeri maupun swasta se-Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Jumat (16/9/2016).

Lebih lanjut Genius Umar mengungkapkan visi kota Pariaman untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota tujuan wisata, karena itu saat ini Pemko Pariaman membuat sarana dan prasarana yang mendukung Kota Pariaman sebagai Kota Layak Anak, dan membuat lingkungan yang nyaman untuk anak, sehingga anak mendapatkan haknya untuk hak hidup, hak perlindungan, hak partisipasi, dan hak tumbuh kembang, ucapnya.

"Sekolah yang ada di Kota Pariaman baik Negeri maupun swasta, 100% akan mendukung dan merealisasikan program Sekolah Ramah Anak, karena kami sepakat, bahwa anak adalah pemimpin untuk masa yang akan datang," ujarnya

Oleh karena itu, menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus dan pewaris bangsa sama artinya dengan membangun dan menyejahterakan kehidupan anak sedini mungkin, dalam rangka menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas, cerdas dan berkarakter, tuturnya.

Dalam upaya melindungi anak dari kekerasan, program Sekolah Ramah Anak secara khusus berupaya mencegah kekerasan pada anak di sekolah. Menciptakan SRA, merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan sekolah mempunyai peran strategis dalam mencegah kekerasan terhadap anak, tutup Genius Umar.

Dalam sambutan Asisten Deputi bidang hak tumbuh kembang anak, kreatifitas dan budaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan KB RI Elvi Hendrani mengatakan, Kota Pariaman adalah Kota ke 2 di Indonesia setelah Brebes dalam rangka menandatangani kesepakatan lebih dari 100 Sekolah, untuk menjadi Sekolah Ramah Anak. Hal ini menunjukkan komitmen dari Kota Pariaman untuk mendukung Kota Layak Anak yang telah dicapai selama ini, tukasnya.

"Dengan adanya Sekolah Ramah Anak, akan membuat paradigma baru bagi anak untuk menyenangi proses belajar dan membaca, sehingga anak dapat mengikuti kegiatan selama di sekolah dengan senang tidak dalam tekanan dan hal yang menjenuhkan," terangnya

Sekolah ramah anak harus menjadi media pendidikan yang tepat, aman dan nyaman untuk membangun karakter generasi-generasi yang handal dan berakhlak mulia, tutupnya.

Pelatihan sekolah ramah anak berlangsung selama 2 hari Jumat dan Sabtu (16 s/d 17,09-2016) , Di dukung juga oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana RI sebagai pelatih untuk pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Pariaman, guna mendukung pelaksanaan Sekolah Ramah Anak secara serentak yang diluncurkan di Kota Pariaman.

Diteruskan dengan penandatanganan Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan seluruh Kepala Sekolah baik Negeri maupun swasta se-Kota Pariaman yang disaksikan oleh Wawako Genius Umar, Asdep Kemen PPr dan KB RI dan Forkopimda, serta dilanjutkan dengan memasang striker Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GN-AKSA) di mobil wakil walikota dan Forkopimda.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda, Kepala SKPD, Kepala Dinas BP2KB Kota Pariaman Definal, Ketua GOW Ny. Lucy Genius, Ketua DW, dan 117 Kepala Sekolah yang hadir untuk menandatangani kesepakatan, serta hadirin yang hadir. (rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kesehatan,pariaman,pendidikan,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Mengabdi Selama 26 Tahun, Edi Sukarni Kini Pensiun, Bupati Ucapkan Terimakasih

Mengabdi Selama 26 Tahun, Edi Sukarni Kini Pensiun, Bupati Ucapkan Terimakasih

MENTAWAI - Dari tahun 1994 bertugas di Mentawai Edi Sukarni SH mengawali karirnya berawal dari anggota Syabandar di...

Amerika Jengkel Gegara Turki Ingin Hagia Sophia Kembali jadi Masjid

Amerika Jengkel Gegara Turki Ingin Hagia Sophia Kembali jadi Masjid

INTERNASIONAL - Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Hami Aksoy tak ingin Pemerintah Amerika Serikat (AS) ikut campur...

Ketua DPRD Kabupaten Solok Ajak Perantau Majukan Ekonomi Kampung Halaman

Ketua DPRD Kabupaten Solok Ajak Perantau Majukan Ekonomi Kampung Halaman

KABUPATEN SOLOK -- Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, mengajak perantau menjadi warga Kabupaten Solok terbaik...

Gawat! China Pamer Rudal Pembunuh Kapal Induk di Natuna Utara, Amerika: Nyali Kami Tak Ciut

Gawat! China Pamer Rudal Pembunuh Kapal Induk di Natuna Utara, Amerika: Nyali Kami Tak Ciut

INTERNASIONAL - Situasi di Laut China Selatan dipastikan akan terus memanas. Kampanye militer Tentara Pembebasan Rakyat...

Hari Ini, Tak Ada Penambahan Kasus Positif Corona di Sumbar

Hari Ini, Tak Ada Penambahan Kasus Positif Corona di Sumbar

PADANG -- Kasus Positif Corona di Provinsi Sumbar, pada Rabu, (8/7/2020), nihil kasus positif Covid-19. Sedangkan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu