Thursday, 09 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Tokoh

Eks Bek Timnas Indonesia Yeyen Tumena Bicara Kiprah Orang Minang di Sepak Bola Nasional

Kamis, 27 Oktober 2016 - 21:27:49 WIB - 3635
Eks Bek Timnas Indonesia Yeyen Tumena Bicara Kiprah Orang Minang di Sepak Bola Nasional


PADANG - Mantan bek tim nasional (timnas) Indonesia, Yeyen Tumena Chaniago (40), membeberkan mengapa sepak bola di Indonesia tidak pernah sepi dari para pelakunya yang merupakan keturunan Minang.

Hal itu dipaparkan Yeyen Tumena saat dihadirkan ke kantor redaksi BOLA, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (20/10/2016) dikutip dari kompas.com.

Sebagai putra asli Minang, Yeyen Tumena cukup antusias saat ditanya menyoal rekam jejak para keturunan Minang di dunia si kulit bulat Tanah Air.

Menurut pria kelahiran Padang, Sumatera Barat tersebut, hadirnya pemain, pelatih, hingga tokoh sepak bola asal Minang tidak lepas dari karakter perantau yang melekat.

"Hadirnya banyak pelaku sepak bola dari tanah Minang sebetulnya tidak diperkirakan. Pada zaman dulu, sepak bola di Sumatera Barat saja tidak terlalu baik jika dibandingkan dengan Sumatera Utara (Sumut) misalnya," ucap Yeyen.

"Ini juga tidak lepas dari peningkatan kualitas per individu. Pasalnya, banyak dari mereka yang lahir di Minang tetapi besar di daerah lain," katanya.

Masih menurut Yeyen, mendapat pelatihan di luar Minang, membuat para pemain lebih dituntut dan semakin terpacu untuk tidak gampang menyerah.

Sedikitnya, tiga pelatih keturunan Minang dipercaya menukangi tim pada Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016. Mereka adalah Nilmaizar (Semen Padang), Jafri Sastra (Mitra Kukar), dan Indra Sjafri (Bali United).

Belum lagi nama-nama pemain potensial macam Irsyad Maulana (Semen Padang), Novri Setiawan (Persija Jakarta), hingga Teja Paku Alam (Sriwijaya FC).

Lebih senior lagi, ada nama mantan pemain Persija, Oyong Liza, pelatih berpengalaman Suhatman Imam, dan instruktur pelatih berkelas AFC, Emral Abus, yang semakin menegaskan dominasi urang awak di persepakbolaan Indonesia.

"Mereka bisa mendapat pengalaman sepak bola di luar Minang. Karakter orang Minang yang ulet di mana pun berada mungkin bisa menjadi catatan mereka bisa tampil seperti sekarang," tutur Yeyen.

Menariknya, sepanjang karier persepakbolaan Yeyen dari 1995-2007, tidak satu pun klub asal Sumatera Barat yang pernah dia bela.

Faktanya, Yeyen justru lebih memilih membela klub yang berbasis di Medan, Sumut, yakni PSMS Medan pada 2005. (kp)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional,padang,sport,sumatra-barat,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Presiden Jokowi: Lockdown Itu Apa Sih?

Presiden Jokowi: Lockdown Itu Apa Sih?

NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa hingga saat ini semua kepala daerah dalam satu arah yang sama...

Perantau Pulang ke Padang Panjang Wajib Dikarantina

Perantau Pulang ke Padang Panjang Wajib Dikarantina

PADANG PANJANG -- Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko menegaskan Perantau yang pulang kampung dari...

Kabar Baik untuk Ojol, Begini Cara Bisa Dapat BLT Rp100 Ribu Per Hari di Masa PSBB

Kabar Baik untuk Ojol, Begini Cara Bisa Dapat BLT Rp100 Ribu Per Hari di Masa PSBB

JAKARTA - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan resmi diberlakukan di Jakarta pada Jumat mendatang. Artinya,...

Didukung TNI/Polri, Pemko Solok Batasi Jam Malam

Didukung TNI/Polri, Pemko Solok Batasi Jam Malam

KOTA SOLOK -- Tingginya ancaman mewabahnya penyebaran covid-19 di Kota Solok, terhitung, Jumat (3/4), Pemerintah Kota...

Mau Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon Tagihan PLN? Begini Caranya

Mau Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon Tagihan PLN? Begini Caranya

NASIONAL - Presiden Joko Widodo membebaskan tagiahan listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan diskon...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu