Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Fakultas Pariwisata UMSB Sumbar Gelar Kajian dan Seminar Tingkatkan Dunia Pariwisata

Sabtu, 19 November 2016 - 14:27:19 WIB - 1421
Fakultas Pariwisata UMSB Sumbar Gelar Kajian dan Seminar Tingkatkan Dunia Pariwisata


BUKITTINGGI - Usia yang boleh dikatakan masih relatif muda, ibarat bayi yang saja lahir, Fakultas Parwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) hadir di kota Bukittinggi, terlahir 21 April 2010. Dari kehadirannya sejak tahun 2010 sampai 2016 telah banyak alumni dari berbagai lapisan, artinya tidak saja dari tamatan SLTA sederajat, tapi juga ada dari kalangan insan pelaku pariwisata seperti manager hotel dan travel yang ada di kota Bukittinggi, para alumni itu banyak juga yang mengabdi di kampus sebagai dosen. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Pariwisata UMSB, Mochammad Abdi, S.E, MM ketika dikonfirmasi di ruang administrasi kampus.

Selanjutnya dia yang telah mengecam pendidikan pariwisata di Yogyakarta, menjelaskan secara gamblang, fakultas pariwisata UMSB Bukittinggi dalam partisipasi pengembangan kepariwisataan di Bukittinggi dan juga di Sumatera Barat melalui partisipatif baik yang dilakukan fakultas pariwisata UMSB ataupun bekerjasama dengan pemerintah dan swasta, telah beberapa kali mengadakan kegiatan antara lain, seminar, pelatihan, pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat.

Salahsatunya yang sedang kita hadapi sekarang yaitu tentang kompetisi halal dunia yang dinamakan word halal tourism award (WHTA) tahun 2016, ditahun 2014 fakultas pariwisata UMSB telah mulai mengusung ide itu, waktu itu mengadakan seminar internasional dengan tema Sumatera Barat menuju pariwisata syariah, antara peluang dan tantangan dengan menghadirkan nara sumber Menteri Pelancongan Pembudayaan dan Urusan Negeri, Kelantan Malaysia, dan juga semacam MUI nya dari Kelantan, Asita Sumbar, Dinas Pariwisata Sumbar dan PHRI Sumbar.

Di tahun 2014 itu, baik materi perkuliahan ataupun pengabdian masyarakat, fakultas pariwisata selalu mengarah bagaiamana tentang wacana wisata syariah, waktu itu berbagai bahasa yang ada seperti, pariwisata syariah Islami, kini Kementrian Pariwisata RI sudah membuat momenklatur yang dapat menjadi bahasa bersama yaitu, pariwisata halal.

Di Pemerintahan sendiri, fakultas pariwisata UMSB sering melakukan diskusi-diskusi memberikan kajian-kajian dan masukan-masukan, salahsatu direferensi pemerintah untuk melakukan berbagai macam aktifitas, salahsatu sumbangsih pemikiran tentang pariwisata Bukittinggi kedepannya, dan itu berdampak sampai saat kini, dibalik daripada itu, pemerintah daerah sendiri memberikan dukungan kepada fakultas pariwisata UMSB Bukittinggi dalam melakukan beberapa kegiatan baik itu pelatihan maupun seminar.

Sedangkan dari sisi kegiatan aktifitas mahasiswa, secara ril melakukan kegiatan yang langsung menyentuh kepada masyarakat, beberapa waktu lalu, mahasiswa terlibat penuh allout untuk membentuk desa atau kampung wisata sanjai, dan itupun menjadi brand di kota Bukittinggi. Saat ini pemerintah daerah sedang menggalakkan akan membentuk dua kampung wisata lagi, yaitu di kayu kubu dan bukit apit puhun.

Menjelang pemenangan Sumatera Barat dan Indonesia pada ajang WHTA tahun 2016, fakultas pariwisata UMSB Bukittinggi terlibat langsung untuk memvote atau pengumpulan suara dengan membina generasi muda yang tergabung dalam wadah Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Bukittinggi.

Kampus Fakultas Pariwisata UMSB yang terletak di jalan Kejaksaan No 12 Belakang Balok Bukittinggi, mempunyai dua program studi, yaitu, Program Studi Perhotelan dan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Pariwisata ini memang patut dicermati, karena menargetkan melahirkan mahasiswa-mahasiswa hebat dalam dunia industri pariwisata yang semakin berkembang. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Apel Gabungan Pertama Pasca Lebaran, Wako Padang Panjang : ASN Tidak Hadir Diberi Sanksi

Apel Gabungan Pertama Pasca Lebaran, Wako Padang Panjang : ASN Tidak Hadir Diberi Sanksi

PADANG PANJANG -- Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano memberikan sanksi bagi ASN yang tidak...

Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47, Wali Kota Bukittinggi Tegaskan Hal Ini Pada SKPD

Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47, Wali Kota Bukittinggi Tegaskan Hal Ini Pada SKPD

BUKITTINGGI - Tiga hari perayaan yaitu peringatan Hari Kartini ke 140, Hari Ulang Tahun Dekranas ke 39 dan Hari...

Satu Unit Mini Bus Masuk Sungai di Jalan Lintas Padang-Painan, Sumbar

Satu Unit Mini Bus Masuk Sungai di Jalan Lintas Padang-Painan, Sumbar

PESISIR SELATAN - Sebuah mobil Toyota Rush berwarna putih tercebur di sungai berada tepat di jalan Nagari Siguntur Tuo,...

Shalat Ied di Pessel Akan Dipusatkan di Stadion H. Ilyas Yakoub Painan

Shalat Ied di Pessel Akan Dipusatkan di Stadion H. Ilyas Yakoub Painan

PESISIR SELATAN - Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 H bagi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan bakal dipusatkan...

Pasca Pemilu Tahun 2019, MB Dt. Basa Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Menolak Kerusuhan

Pasca Pemilu Tahun 2019, MB Dt. Basa Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Menolak Kerusuhan

SOLOK - Tokoh masyarakat Kota Solok Mirwan B Datuak Basa menyerukan agar masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media