Sunday, 15 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

SMA Negeri 2 Bukittinggi Gelar Kweekschool Expo 2016

Minggu, 27 November 2016 - 21:11:42 WIB - 966
SMA Negeri 2 Bukittinggi Gelar Kweekschool Expo 2016


BUKITTINGGI - Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Bukittinggi berlokasi di jantung kota tampil beda dari sekolah lain, karena mempunyai suatu nilai lebih sebagai Sekolah Berbasis Kewirausahaan, menggelar pameran kreativitas dan produktivitas siswa siswi kelas X, XI dan XII, dikemas dalam "Kweekschool Expo" tahun 2016 bertempat di halaman sekolah, Sabtu (26/11) yang dibuka Walikota Bukittinggi, H.M.Ramlan Nurmatias, S.H.

Pada kesempatan itu juga dihadiri kepala dinas pendidikan kebudayaan provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman Bur, MM, kepala dinas pendidikan kebudayaan Bukittinggi, Dra.Hj.Ellia Makmur, M.M, kepala sekolah SMA Negeri 2 Bukittinggi, Ermizar, S.Pd, Msi, Forkominda, kepala komite, dan orangtua murid.

Ramlan Nurmatias saat dikonfirmasi mengatakan bahwa bagaimana anak-anak kita ini untuk secara berpikir wirausaha menjadikan seorang enterpreuner handal, ini sesuai dengan visi misi. Anak-anak sekolah juga harus bisa berwirausaha, dari sejak dini di usia SMP dan SMA sederajat, anak-anak harus berpikir untuk berwirausaha. Contoh dari implementasi cara berpikir yang kita lihat sekarang ini, anak-anak itu sangat luar biasa, Ramlan Nurmatias pun memberikan apresiasi terhadap kreativitas-kreativitas siswa siswi SMA Negeri 2 kota Bukitinggi yang sangat produktivitas menunjang untuk wirausaha, seperti ada kerajinan, masakan dan lainnya.

Walikota berpesan kepada kepala dinas pendidikan kebudayaan kota Bukittinggi untuk menyelenggarakan yang lebih besar lagi dengan mengundang semua sekolah yang ada mulai tingkat SLTP sampai SLTA untuk menampilkan hasil kreativitas anak-anak yang bisa dilihat masyarakat, pameran yang kini tidak kalah dengan pameran-pameran lainnya, jadi untuk pameran yang lebih besar nantinya, perlu pembinaan lagi untuk lebih baik lagi.

Selama ini kita kurang promosi, lanjut Ramlan, hebat kita itu hanya di dalam lingkungan saja, masyarakat tidak mengetahui kehebatan anak-anak itu, pameran kreativitas anak-anak yang diadakan siswa siswi SMA Negeri 2 kota Bukittinggi akan kita flowup nantinya. Hasil kreativitas anak-anak itu adalah juga sebagai promosi pariwisata kota Bukittinggi.

Semua sekolah harus ada kafe atau tempat makan minum anak-anak, yang mana kafe itu dikelola anak-anak untuk menjual makanan minuman yang dibuat anak-anak, artinya lingkarannya anak-anak di sekolah itu, pungkas Ramlan Nurmatas.

Pameran kreativitas dan produktivitas siswa siswi SMA Negeri 2 Bukittinggi, mendapat apresiasi dari kepala dinas pendidikan kebudayaan provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman Bur, MM, dan juga kepala dinas pendidikan kebudayaan Bukittinggi, Dra.Hj.Ellia Makmur, M.M.

Sementara itu kepala sekolah SMA Negeri 2 Bukittinggi, Ermizar, S.Pd, Msi. menjelaskan bahwa Kweekschool Expo ini adalah bagian dari kreativitas siswa siswi, sehingga terbentuk pemikiran secara akedemik dan non akademik. Kemudian daripada itu konsep ini nantinya mencari peluang, karena peluang kedepannya semakin susah, maka anak-anak dari kini sudah kami bekali dengan ketrampilan-ketrampilan yang namanya wirausaha atau enterpreuner.

Kegiatan perdana pameran ini, yang diikuti sebanyak 50 gerai, lanjut Ermizar, nantinya akan diadakan per 6 bulan, artinya setiap semester akan kita adakan, kita sudah mendapat peluang dari walikota untuk membuka gerai (kedai tempat menjual barang-barang) di tempat-tempat objek wisata, seperti di pedestrian Jam Gadang, Benteng, dan lainnya, ucap Ermizar. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ketua Fraksi PAN Kabupaten Pasaman, Yulisman Targetkan Pembahasan Tatib Satu Minggu Selesai

Ketua Fraksi PAN Kabupaten Pasaman, Yulisman Targetkan Pembahasan Tatib Satu Minggu Selesai

PASAMAN - Pembahasan Tata Tertib (Tatib) DPRD Pasaman yang dilakukan Panitia Khusus (Pansus) berlangsung alot dan...

Dua Pelajar yang Dilaporkan Tenggelam di Muara Bingung Pasaman Barat Ditemukan Tak Bernyawa

Dua Pelajar yang Dilaporkan Tenggelam di Muara Bingung Pasaman Barat Ditemukan Tak Bernyawa

PASAMAN BARAT -- Dilaporkan hilang di Objek Wisata Muara Bingung, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis...

Inilah 9 Formatur Terpilih PW IPM Sumbar 2018-2020

Inilah 9 Formatur Terpilih PW IPM Sumbar 2018-2020

SOLOK -- Setelah melewati pemilihan secara formatur, Sebanyak 169 peserta Muswil IPM Sumbar XXI memberikan hak...

BPKAD: APBD Padang 2020 Wajib Mengacu Pada Permendagri

BPKAD: APBD Padang 2020 Wajib Mengacu Pada Permendagri

PADANG -- Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang mensosialisasikan tentang Rancangan Peraturan...

Muswil IPM Sumbar XXI Resmi Dibuka di Solok, Ini Pesan Mendikbud Muhadjir Effendy

Muswil IPM Sumbar XXI Resmi Dibuka di Solok, Ini Pesan Mendikbud Muhadjir Effendy

SOLOK -- Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sumbar menggelar Musyawarah Wilayah IPM ke-XXI di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media